Mengenal Sifat Ikhlas Dan Cara Mengamalkannya

1 September 2021

Assalamualaikum Brother and Sister Maqmur,

Di masa sulit atau ketika tengah mengalami kehilangan, kita sering kali mendengar kata ini: “Ikhlas ya.” Kata yang mudah diucapkan, namun sangat sulit untuk dipraktekkan. Setuju ya?

Dalam ajaran Islam, sifat ikhlas ternyata merupakan salah satu yang paling disukai oleh Allah. Sifat ini dimaknai sebagai keadaan dimana seseorang menerima apapun yang telah Allah berikan untuknya. Mereka tidak mengeluh atas nikmat maupun kesulitan yang ia dapatkan.

Tahukah kamu bahwa sifat ini tertulis dalam banyak ayat al-quran? Berikut ini beberapa ayat al-quran yang menyatakan tentang sifat ikhlas.

Ikhlas Dalam Ayat Al-quran

  • Surat Al-An’am ayat 162-163 tentang segalanya hanya untuk Allah

قُلْ إِنَّ صَلَاتِى وَنُسُكِى وَمَحْيَاىَ وَمَمَاتِى لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَلَا شَرِيكَ لَهُ ۖ وَبِذَٰلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ

Artinya: “Katakanlah, ‘Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam, tiada sekutu bagi-Nya dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)”

  • Surat An-Nisa ayat 125 tentang keutamaan sifat ikhlas

وَمَنْ أَحْسَنُ دِينًا مِمَّنْ أَسْلَمَ وَجْهَهُ لِلَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ وَاتَّبَعَ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا ۗ وَاتَّخَذَ اللَّهُ إِبْرَاهِيمَ خَلِيلًا

Artinya: “Dan siapakah yang lebih baik agamanya daripada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia pun mengerjakan kebaikan dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayangan-Nya.”

  • Surat Al-A’Raf ayat 29 tentang perintah ikhlas

قُلْ أَمَرَ رَبِّي بِالْقِسْطِ وَأَقِيمُوا وُجُوهَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَادْعُوهُ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ كَمَا بَدَأَكُمْ تَعُودُونَ

Artinya: “Katakanlah, “Tuhanku menyuruhku untuk berlaku adil. Dan hadapkanlah wajahmu (kepada Allah) pada setiap shalat, dan sembahlah Dia dengan mengikhlaskan ibadah semata-mata hanya kepada-Nya. Kamu akan dikembalikan kepada-Nya sebagaimana kamu diciptakan semula.”

BACA JUGA: Keutamaan Senyum Menurut Islam, Lengkap Dengan Hadits

Cara Membuat Hati Menjadi Ikhlas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ikhlas adalah perkara yang slit. Namun bukan berarti tidak ada cara untuk bisa mengamalkannya. Sebagai seorang muslim, kamu bisa meniru apa yang dilakukan Rasulullah dalam bersikap ikhlas. Yakni dengan membaca doa berikut ini:

اَللّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أُشْرِكَ بِكَ وَأَنَا أَعْلَمُ وَأَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لاَ أَعْلَمُ

Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu dari perbuatan menyekutukan-Mu sementara aku mengetahuinya, dan aku pun memohon ampun terhadap perbuatan syirik yang tidak aku ketahui.

HR.Ahmad

Doa ini dibaca oleh Rasulullah agar jauh dari kesyirikan sehingga apapun yang dilakukan atau dirasakan akan selalu ikhlas. Selain itu, ada juga kisah sahabat Nabi, Umar bin Khattab ra yang erat dengan sifat ini. Ia juga sering berdoa agar apapun perbuatannya hanya akan dilakukan untuk Allah semata. Umar sering berdoa agar Allah menjaga niat yang ia ucapkan saat berbuat baik.

Adapun doa yang dipanjatkan berbunyi:

Ya Allah, jadikanlah seluruh amalanku amal yang saleh, jadikanlah seluruh amalanku hanya karena ikhlas mengharap wajahmu, dan jangan jadikan sedikitpun dari amalanku tersebut karena orang lain.

Menyempurnakan ibadah dengan fitur islami di aplikasi MAQMUR. Download sekarang juga!

Meski mudah diucapkan, ikhlas adalah perkara yang sulit dilakukan oleh sebagian. Namun dengan mengetahui begitu banyak keutamaan yang bisa didapatkan, semoga kita segera bisa mengamalkan.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021