Mengenal Rabiul Awal, Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW

7 October 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Bulan Safar sudah di penghujung, artinya Rabiul Awal akan segera datang. Ini merupakan salah satu bulan yang istimewa untuk umat islam. Sebab di bulan inilah lahir Nabi Muhammad SAW. Selain itu, banyak juga keutamaan dari bulan ini. Tak heran kalau ada begitu banyak pula amalan yang dianjurkan untuk diperbanyak.

Tapi apakah kamu sebagai umat islam benar-benar sudah tahu tentang rabiul awal? Jika belum maka kamu sudah berada di tempat yang benar. Kali ini kita akan mengupas lebih dalam tentang bulan rabiul awal.

Bulan Kelahiran Nabi

Kamu pasti sudah tahu bahwa pada bulan Rabiul Awal tepatnya di tanggal 12, Nabi Muhammad SAW dilahirkan. Pada tanggal ini juga ada peristiwa hijrah nabi ke Madinah. Karena momen inilah di bulan Rabiul Awal, banyak umat islam yang membacakan doa-doa atau melakukan tradisi doa bersama.

Pengorbanan Ali ra untuk Nabi

Tahukah kamu bahwa Nabi pernah dicari dan diincar untuk dibunuh oleh orang-orang kafir? Kala itu, orang-orang kafir memiliki rencana untuk melakukan serangan pada Nabi di tempat tidurnya secara keroyokan. Namun dengan berani, Ali ra mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Nabi. Untuk menghargai keberanian dan pengorbanan Ali ra, ulama menyarankan agar muslim untuk berpuasa.

Hari Wafatnya Rasulullah

Ternyata bulan ini tak hanya diperingati dengan hari lahirnya Rasulullah tetapi juga hari wafatnya. Rasulullah disebut wafat di usia 63 tahun setelah melakukan haji wada atau haji perpisahan. Mengenai hari atau tanggal wafatnya Rasulullah, hingga kini masih terjadi banyak perbedaan pendapat. Namun dipastikan bahwa hari itu terjadi di bulan Rabiul Awal.

BACA JUGA: Isi Khutbah Rasulullah Saat Shalat Jumat Pertama Kali

Setelah mengetahui sejarah yang terjadi di bulan penting ini, apa yang mesti dilakukan oleh umat islam? Ada beberapa amalan yang disebut sangat dianjurkan untuk dilakukan yaitu:

Memperbanyak Bacaan shalawat

Sebagai hadiah yang dapat umat islam berikan pada Rasulullah, shalawat adalah yang terbaik. Perbanyak bacaan shalawat dengan niat dalam hati bahwa di bulan ini bacaan tersebut akan selalu mengiringi dan mengisi hari-hari.

Sedekah

Salah satu bentuk kegembiraan karena momen kelahiran Nabi dan penghormatan padanya, kita bisa memperbanyak sedekah. Namun tetap harus diingat bahwa sedekah tidak selalu tentang jumlah yang diberikan. Meski sedikit tapi ikhlas, maka itu sudah merupakan sedekah yang baik.

Membaca Al-Quran

Menghiasi bulan kelahiran Nabi dengan membaca alquran adalah sebaik-baiknya hadiah yang bisa diberikan. Apalagi kita tahu bahwa alquran adalah kitab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad. Nah, untuk membaca alquran dimana saja kamu bisa menggunakan fitur alquran digital yang ada di aplikasi MAQMUR.

Berpuasa Sunnah

Berpuasa sunnah terutama di hari Senin sangat dianjurkan karena itu adalah ahari kelahiran Nabi SAW. Terlebih Nabi juga bersabda tentang puasa hari senin, beliau berkata “Itu hari kelahiranku dan diturunkannya wahyu.” (HR Muslim dan Ahmad).

Ibadah makin lancar dan sempurna dengan fitur pengingat shalat serta alquran digital di aplikasi MAQMUR. Download sekarang juga!

Selain itu, sebaiknya juga tetap tidak melupakan ibadah wajib di bulan ini. Konsisten dan tidak meninggalkan ibadah wajib di bulan kelahiran Nabi adalah cara terbaik untuk merayakan Rabiul Awal.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Selain Samawa, Ucapkan Ini Doa Untuk Pengantin Baru 22 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Marak Kabar Perceraian, Ini Doa Rumah Tangga Langgeng 21 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Rasulullah Sunnahkan 7 Hal Ini Saat Bangun Tidur 20 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Bulan Baik Untuk Menikah, Salah Satunya Bulan Ini 19 October 2021