Mengapa Saat Lebaran Selalu Ada Tradisi Bagi-Bagi THR?

16 May 2021

Idul fitri merupakan momen yang dinantikan bagi seluruh umat Islam, baik yang dewasa maupun anak-anak. Di momen ini umumnya sesama umat Islam akan saling meminta maaf. Untuk anak-anak, idul fitri sering dimaknai secara sederhana yaitu berkunjung ke rumah nenek, bermain dengan saudara sepupu dan mendapatkan salam tempel atau THR.

Salam tempel atau bagi-bagi uang THR di hari raya adalah momen lucu dan dirindukan bagi anak-anak. Wajah senang dan tawa puas biasanya akan muncul seketika setelah menerima amplop yang berisi sejumlah uang. Anak-anak sih tahunya ini adalah hadiah bagi mereka yang telah melakukan ibadah puasa. Tapi pernah penasaran tidak bagaimana tradisi ini bermula?

Ada kemiripan dengan budaya China

Dilansir dari Detik, Kepala Program Studi Indonesia, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, Sunu Wasono mengatakan bahwa tradisi salam tempel atau bagi-bagi uang THR ini sudah berlangsung lama. Tak ada waktu pasti kapan bermulanya, namun ada kemungkinan bahwa tradisi ini ada sedikit pengaruh dari budaya China.

Di Budaya China, membagikan uang sering dilakukan di hari-hari besar sudah menjadi hal yang lazim. Mengambil nilai yang sama, membagikan uang di hari lebaran juga jadi praktik tradisi yang paling sering ditemui saat lebaran. Banyak yang menyebutkan, uang yang diberikan pada anak-anak ini adalah tanda apresiasi karena telah melakukan ibadah di bulan Ramadhan. Harapannya, dengan adanya salam tempel atau bagi uang ini anak jadi termotivasi untuk lebih semangat dalam menjalankan ibadah di tahun berikutnya.

Salam tempel sebagai buah dari adanya THR

Bagi orang dewasa yang sudah bekerja, biasanya akan ada THR atau Tunjangan Hari Raya yang diberikan menjelang hari raya keagamaan seperti lebaran atau natal. THR ini kemudian dimaknai sebagai rejeki lebih yang kemudian dibagikan kepada orang-orang terdekat. Tidak ada nominal khusus, semuanya diserahkan pada keputusan si pemberi.

Dalam ajaran agama Islam sendiri sebenarnya hal seperti ini bukan sesuatu yang wajib dilakukan. Meski begitu, dalam Islam terdapat ajaran untuk saling memuliakan satu sama lain serta berbagi kepada sesama. Memberi salam tempel atau bagi uang saat lebaran bisa jadi salah satu cara untuk melakukan ajaran tersebut.

Nikmati Berbagai Fitur Islami Di Aplikasi MAQMUR, Download Sekarang Juga

Tradisi serupa ada juga di negara Islam lain

Tradisi bagi-bagi uang atau salam tempel ini ternyata juga dapat ditemukan di negara-negara islam lainnya. Seperti di Uni Emirat Arab, ada tradisi bernama Eidiyah yang mirip dengan salam tempel. Eidiyah adalah tradisi memberikan uang tunai di hari-hari besar seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Tradisi ini sudah ada sejak awal abad pertengahan saat Khalifah Fatimiyah melakukan tindakan serupa. Ia membagikan uang,makanan dan pakaian untuk lansia dan anak-anak ketika lebaran tiba.

Pada akhir jaman Ottoman, Eidiyah masih dilakukan namun diberupakan uang dalam pecahan kecil. Uang tersebut diberikan oleh mereka yang telah berpenghasilan atau berusia lebih tua kepada orang tua dan juga anak-anak. Hingga kini tradisi ini masih ada namun tidak dilakukan oleh seluruh masyarakat Uni Emirat Arab karena tidak termasuk tradisi universal. Bagi mereka yang melakukan Eidiyah, hadiah yang diberikan tak hanya uang saja tapi ada juga yang menggantinya dengan ponsel atau games kesukaan anak.

Lebaran saat pandemi, apakah salam tempel masih ada?

Dua tahun sudah kita melalui hari raya idul fitri di tengah pandemi. Jangankan untuk membagikan amplop berisi uang, bertemu dan berkumpul dengan keluarga saja mungkin tak bisa dilakukan. Ya, pandemi memang memaksa kita untuk terbiasa dengan kebiasaan baru yakni tidak membuat kerumunan dan saling menjaga jarak.

Walau terpisahkan jarak, salam tempel masih tetap bisa dilakukan namun dengan mengadaptasi kebiasaan new normal. Dengan bantuan teknologi, kamu tetap bisa memberikan salam tempel pada saudara-saudara yang lebih muda. Ada dompet elektronik yang mempermudah transaksimu dalam mempertahankan tradisi salam tempel. Kamu kini bisa membagikan uang dengan cara transfer perbankan. Tak perlu tatap muka, mengurangi resiko penularan virus COVID-19, salam tempel tetap bisa dilakukan.

BACA JUGA : Alquran Digital, Hukum Hingga Manfaatnya

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Lewat Depan Orang Shalat, Apa Hukumnya? 24 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Mengapa Harus Hafal Asmaul Husna? 22 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Tahan Emosi Saat Internet Lemot, Ini Balasan Bagi Orang Sabar 21 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Shalat Sunnah Ba’diyah, Ini Keutamaannya 18 September 2021