Mengapa Harus Hafal Asmaul Husna?

22 September 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Sebagai umat Islam kamu pasti tahu bahwa Allah memiliki 99 nama indah yang mengandung sifat-sifatNya. Nama tersebut dikenal juga dengan sebutan Asmaul Husna. Biasanya kamu dapat menemukan Asmaul Husna di sampul bagian dalam al-quran. Ini menjadi salah satu bukti bahwa nama-nama tersebut begitu istimewa dan sebaiknya sering diamalkan.

Asmaul Husna hanya dimiliki Allah dan sangat untuk digemakan. Sebab tak hanya menjadi wujud dari ketaatan akan Allah namun juga ada balasan bagi mereka yang menunaikannya. Sebagaimana dalam surat Al-A’raf ayat 180 disebutkan:

Wa lillaahil asmaa’ul husnaa fad’uuhu bihaa wa dzarulladziina yul hiduuna fii asmaa ih, sayujzauna maa kaanuu ya’maluun

Artinya:

Hanya milik Allah asmaulhusna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaulhusna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.

Lantas apakah Asmaul Husna harus dihafalkan? Beberapa keutamaan berikut mungkin bisa menjadi jawabannya:

Merupakan Anjuran Rasulullah

Seorang sahabat bertanya,

Wahai Rasulullah, apakah kami boleh mempelajarinya?

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda,

Benar, dianjurkan bagi setiap orang yang mendengarnya (asmaul husna) mempelajarinya.

HR. Ahmad

Dari hadits ini dapat kita simpulkan bahwa Asmaul Husna dianjurkan oleh Rasulullah. Nah, bukankah sebagai umat Islam yang selalu menjunjung tinggi Rasulullah patut menunaikan apa yang beliau anjurkan?

Dijanjikan Masuk Surga

Rasulullah bersabda,

Sesungguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu. Siapa yang menghafalnya ia akan masuk surga.

HR. Bukhari dan Muslim

Ada begitu banyak amalan yang bisa dilakukan oleh umat Islam demi menggapai surgaNya. Salah satu yang paling disukai Allah adalah dengan menggemakan nama-nama indahnya. Dengan begitu, Allah janjikan akan dimasukkan ke dalam surga bagi mereka yang melaksanakannya.

Menjadi Rendah Hati

Jumlah 99 nama indah Allah tentu belum mencakup semua sifat yang dimiliki olehNya. Jumlah ini menjadi penanda bahaw manusia memiliki batas di hadapan Allah SWT. Namun dengan mengamalkannya berarti kita mengakui bahwa itulah sifat-sifat besar Allah. Yang artinya pula, sebagai manusia kita akan makin rendah diri dan rendah hati di hadapanNya.

Mendapatkan Manfaat Dari Sifat-sifatNya

Dengan mengakui nama-nama indah Allah, semoga kamu juga bisa mendapatkan manfaat dari sifat-sifatnya tersebut. MIsalnya, dalam Asmaul Husna terdapat Al-Mughni, Al-Ghaniyyu yang berkaitan dengan sifat pemberi rezeki. Dengan membaca dan menghafalnya, niscaya akan dibukakan pintu rezekimu sebab Allah Maha Pemberi Rezeki. Itu baru satu sifat, masih ada 98 sifat dengan beragam manfaat di dalamnya.

Temukan fitur islami mulai dari pengingat waktu shalat hingga al-quran digital di aplikasi MAQMUR! 

Lalu, apakah Asmaul Husna harus dihafalkan? Mengingat begitu banyak keutamaan dan manfaat yang bisa diperoleh, tentu akan rugi jika kita tidak membaca dan menghafalkannya bukan? Oleh karena itu, yuk mulai rutinkan untuk membaca asmaul husna. Semoga dengan begitu, akan diberikan beragam manfaat serta bukti kebesaran Allah SWT.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Selain Samawa, Ucapkan Ini Doa Untuk Pengantin Baru 22 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Marak Kabar Perceraian, Ini Doa Rumah Tangga Langgeng 21 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Rasulullah Sunnahkan 7 Hal Ini Saat Bangun Tidur 20 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Bulan Baik Untuk Menikah, Salah Satunya Bulan Ini 19 October 2021