Mendapatkan Jodoh Sesuai Syariat, Memang Bisa?

4 October 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Katanya, setiap orang sudah ditakdirkan memiliki jodohnya masing-masing. Tugas mereka kemudian adalah mencari dan mendapatkannya. Dalam Islam, idealnya seorang Muslim mendapatkan jodoh sesuai syariat. Oleh karena itulah ada yang namanya tuntunan agama dalam persoalan jodoh ini.

Nah tahukah kamu ada empat tips agar bisa mendapatkan jodoh sesuai syariat? Tips ini diberikan oleh Pembina Pesantren At-Tahiriyah, Ustazah Qotrunnada dalam kajian bersama Republika. Apa saja ya tips tersebut? Simak penjelasan di bawah ini:

Introspeksi Diri Terlebih Dahulu

Sebelum mencari orang terbaik yang akan mendampingimu seumur hidup, ada baiknya kamu mempersiapkan dirimu menjadi yang terbaik juga. Salah satu langkah awalnya adalah dengan bermuhasabah atau introspeksi diri. Kamu perlu menengok ke dalam diri sendiri terlebih dahulu apa kekurangan yang dimiliki. Misalnya sifat sombong, iri dan lain-lain. Setelah menyadari bahwa dirimu memiliki kekurangan, kamu bisa mulai memperbaiki diri.

Hasibu anfusakum qabla an tuhasabu.

Artinya: Hisablah diri kalian sebelum Allah menghisabmu.

Mulai Memperbaiki Diri

Setelah melakukan introspeksi diri, kamu tidak dianjurkan untuk larut dan meratapi segala kekurangan yang kamu miliki. Justru ini adalah titik dimana kamu perlu memperbaiki diri dan bangkit menjadi pribadi yang lebih baik. Dalam memperbaiki diri pun sebaiknya dilakukan sesuai dengan syariat. Salah satu contoh yang utama adalah mengutamakan shalat. Ustazah Qotrunnada menjelaskan bahwa amalan ini adalah yang pertama akan dihisab di akhirat. Jika sudah rapi, Allh akan mudahkan urusan di dunia termasuk untuk perkara jodoh.

BACA JUGA: Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu

Memilih Pergaulan Yang Baik

Kamu tentu sering dengar bahwa jika kamu bergaul dengan orang-orang yang baik maka kebaikan juga akan datang padamu. Pun sebaliknya. Oleh karena itu, untuk mendapatkan jodoh sesuai syariat, kamu bisa memulainya dengan memilih pergaulan yang baik. Harapannya dengan begitu kamu bisa dipertemukan dengan jodoh yang baik pula. Seperti apa contoh pergaulan yang baik? Misalnya, mereka yang baik akan menunjukkan kebaikan seperti mengajak atau mengingatkan shalat ketika adzan berkumandang.

Senantiasa Berdoa Dan Memohon Petunjuk Pada Allah

Setelah berusaha dengan hal-hal di atas, tentu tak lengkap jika belum diiringi dengan doa kepada Allah SWT. Mohon petunjuk agar diberikan jodoh yang baik dan sesuai dengan dirimu. Pun kamu juga bisa memohon agar segera didekatkan dengan jodohmu. Salah satu doa yang bisa kamu panjatkan adalah penggalan surat Al-Furqan ayat 74 yang berbunyi,

Rabbana hablana min azwajina wa dzurriyatina qurrata a’yun waj’alna lil-muttaqina imama.

Artinya: Ya Allah ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (penyejuk mata), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa

Temukan fitur pengingat shalat dan alquran digital di aplikasi MAQMUR. Download sekarang juga!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Selain Samawa, Ucapkan Ini Doa Untuk Pengantin Baru 22 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Marak Kabar Perceraian, Ini Doa Rumah Tangga Langgeng 21 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Rasulullah Sunnahkan 7 Hal Ini Saat Bangun Tidur 20 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Bulan Baik Untuk Menikah, Salah Satunya Bulan Ini 19 October 2021