Mencari Pahala Ketika Hujan Turun

7 November 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Belakangan ini hujan makin sering mengguyur beberapa wilayah di Indonesia. Dalam islam, hujan yang turun ke bumi adalah rahmat. Ini tertulis dalam surat Asy-syura ayat 28 yang memiliki arti:

Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji.

Nah, tahukah kamu kalau kamu bisa mencari pahala ketika hujan turun?

Caranya adalah dengan melakukan berbagai amalan yang juga dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Amalan-amalan ini sunah dan dapat dilakikan sebagai tanda peneladanan sikap Rasulullah. Nah apa saja sih cara mencari pahala ketika hujan turun? Simak selengkapnya berikut ini.

Membiarkan Anggota Tubuh Terguyur Hujan

Dalam sebuah hadits, Anas bin Malik ra berkata bahwa ia dan Rasulullah suatu ketika pernah kehujanan. Bukan berteduh, Rasulullah justru menyingkap bajunya hingga anggota tubuhnya terguyur hujan. Kemudian para sahabat pun bertanya mengapa Rasulullah melakukan hal tersebut. Beliau menjawab:

Karena hujan ini baru saja Allah ciptakan.

Al-Allamah Abdul Aziz bin Baz ra kemudian menambahkan atas hadits tersebut maka sunnah untuk menyingkap tubuh saat hujan. Dijelaskan juga bahwa yang disyariatkan adalah membuka kopiah atau ujung selendang dari pundah atau lengan tangannya. Atau anggota badan lain yang boleh terbuka di hadapan orang lain seperti telapak kaki, betis, kepala, tangan.

Memperbanyak Doa

Sudah menjadi sunah bahwa ketika hujan sedang turun maka ada doa yang bisa dibaca. Doa tersebut adalah permohonan agar diberikan banyak kebaikan. Adapun doa yang dapat dibaca yaitu :

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَا فِعًا

Allahumma shoyyiban nafi’an

Arti:

Ya Allah turunkanlah hujan yang bermanfaat.

Berwudhu dengan Air Hujan

Tahukah kamu kalau air hujan termasuk air yang suci? Dengan begitu, kamu dapat menggunakan air hujan untuk berwudhu atau membersihkan najis. Hal ini seperti yang tercantum dalam hadits, Rasulullah berkata:

Keluarlah kalian (para sahabat) bersama kami menuju air ini (air hujan) yang telah dijadikan oleh Allah sebagai alat untuk bersuci. Kemudian kami bersuci dengan air ini dan memuji Allah atas nikmat yang diberi.

Nah lebih lanjut ulama kemudian menyebutkan jika ingin berwudhu dengan menggunakan air hujan maka dari air yang langsung jatuh dari langit bukan yang tertampung di atap. Sebab bisa jadi ada kotoran atau najis pada atap yang membuat air hujan menjadi tidak suci lagi.

Tidak Mencela Hujan

Ada tipe orang yang tidak senang dengan hujan karena menjadi kendala dalam beraktivitas atau hal lainnya. Padahal mencela hujan itu dilarang loh. Sebagaimana dalam Al-quran surat Qaaf ayat 18 disebutkan:

Tidak suatu ucapan pun yang diucapkan melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.

Pada sebuah hadits Rasulullah juga berkata:

Janganlah kamu mencacimaki angin.

Yang dimaksudkan adalah larangan untuk mencela makhluk yang tidak bisa berbuat apa-apa seperti angin atau hujan.

Bersyukur Saat Hujan Telah Reda

Tak hanya mesti bersyukur ketika hujan datang, seorang muslim juga harus bersyukur ketika hujan sudah reda. Dengan senantiasa bersyukur atas apapun yang diberikan Allah, kamu dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan padaNya. Rasulullah pun berkata:

Pada pagi hari, di antara hambaKu ada yang beriman kepadaKu, dan ada yang kafir. Siapa yang mengatakan ‘Muthirna bi fadhilahi wa rohmatih’ (kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah), maka dialah yang beriman kepadaku dan kufur terhadap bintang-bintang.

Saat hujan datang ternyata ada banyak sekali amalan dengan berlimpah pahala yang dapat kamu lakukan. Jadi, daripada menggerutu dan galau saat hujan turun lebih baik kamu melakukan amalan-amalan ini ya!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021