Menangis Saat Shalat, Benarkah Tanda Sedang Khusyu?

13 November 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Pernahkah kamu menangis saat shalat? Biasanya ini terjadi karena kamu teringat akan dosa-dosa atau hal buruk yang sudah kamu lakukan. Atau terkadang bisa juga terjadi karena kamu sudah khusyu melaksanakan shalat. Namun benarkah hal itu? Bukankah menangis saat shalat justru membuat shalat menjadi batal dan tidak sah? Jika itu pertanyaan yang ada di pikiranmu, maka sebaiknya kamu membaca tulisan ini terlebih dahulu.

Menangis Tidak Membatalkan Shalat

Setelah dicari tahu ternyata menangis dalam shalat itu boleh. Dan selama tidak melanggar syarat sah dan rukun shalat, maka menangis tidak membuat shalatmu menjadi batal. Beberapa fakta yang menjadi pendukung akan dijelaskan berikut ini:

Rasulullah Juga Pernah Menangis Dalam Shalat

Abdullah bin Syikhir ra mengatakan “Aku menyaksikan Rasulullah SAW mengerjakan salat sambil menangis terisak-isak. (Sedemikian kuat isak tangisnya) seolah-olah pada dadanya terdapat bunyi air mendidih di dalam ceret.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, dan Nasa’i)

Menangis Bukan Termasuk Perkataan Yang Dapat Membatalkan Shalat

Sesungguhnya Shalat ini sama sekali tidak patut ketika didalamnya terdapat perkataan manusia.

HR. Muslim

Dalam hadits tersebut dijelaskan bahwa perkataan yang keluar ketika shalat akan membuatnya batal. Nah menangis menurut beberapa pendapat tidak termasuk di antaranya. Sehingga seperti apapun bentuk tangisannya tidak akan membuat shalat menjadi batal. Dalam kitab Hasyiyata al-Qulyubi wa Umairah dilansir dari NU Online diterangkan:

Menurut qaul ashah (pendapat yang paling benar) bahwa berdehem, tertawa, menangis, merintih, dan meniup, ketika tampak dari perbuatan tersebut dua huruf, maka dapat membatalkan shalat; jika tidak tampak, maka shalat tetap sah (tidak batal). Pendapat kedua berpandangan bahwa hal-hal tersebut tidak membatalkan shalat secara mutlak, sebab bukan merupakan bagian dari jenis perkataan”

Syihabuddin al-Qulyubi dan Ahmad al-Barlasi ‘Umairah, Hasyiyata al-Qulyubi wa ‘Umairah, juz 2, hal. 499

Menangis Dalam Shalat Adalah Tanda Khusyu Jika…

Banyak yang menyebutkan bahwa menangis dalam shalat adalah salah satu cara untuk mendapatkan kekhusyuan. Meski begitu, ada sejumlah syarat yang mesti dipenuhi agar tangisan tak membatalkan shalat. Di antaranya adalah:

Tangisan Karena Takut Kepada Allah Dan Tidak Bersuara

Dalam alquran surat Al Isra ayat 109 disebutkan bahwa

Wa yakhirruna lil-adzqaani yabkuuna wa yaziduhum khusyu’an.

Artinya:

Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyuk.

Maksudnya, tangisan yang terjadi saat shalat ini merupakan ciri dari mereka yang bersifat rendah hati dan bertakwa. Sehingga bahkan dalam shalat pun mereka merasa takut dan kecil di hadapan Allah.

Para Sahabat Nabi Yang Kerap Menangis

Disebutkan bahwa Umar bin Khattab dan Abu Bakar kerap menangis saat shalat. Bahkan ini juga dilakukan oleh Abu Bakar ketika Rasulullah sakit dan menjelang ajal. Kala itu, Abu Bakar memerintahkan umat Islamuntuk shalat dan berdoa. Kemudian Aisyah berkata dalam riwayat bahwa :

Bahwa saat itulah Sayyidina Abu Bakar terlihat tampak begitu sedih. Kesedihan tersebut memancarkan makna bahwa beliau merupakan orang yang lembut hatinya.

Dilakukan Tanpa Berbicara

Selain dilakukan karena takut kepada Allah, menangis juga dapat dilakukan asal tidak berbicara dalam doanya. Tangisan semacam ini hukumnya mustahab dan ciri orang saleh.

Kadang menangis dalam salat adalah bentuk ungkapan rasa penyesalan atas dosa-dosa yang telah kita lakukan. Atau saat ada masalah yang begitu berat, menangis menjadi cara untuk meringankan perasaaan. Karena pada dasarnya, hanya kepada Allah SWT kita mengadu, serta kepada-Nya kita mengungkapkan isi hati dengan sejujurnya.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021