Home » Blog » Meminta Petunjuk Dari Allah SWT Melalui Sholat Istikharah

Meminta Petunjuk Dari Allah SWT Melalui Sholat Istikharah

Dalam hidup seringkali kita dihadapkan dengan berbagai macam pilihan, yang kadang kala harus segera ditentukan. Tapi tak jarang pilihan yang dihadapkan pada kita begitu sulit hingga kita tak memiliki cara lain untuk menemukan jawabannya selain bertanya kepada Allah SWT. Melalui sholat istikharah, seorang muslim bisa meminta petunjuk dan jawaban atas pertanyaan atau keraguan yang dimiliki.

Apakah kamu sedang dihadapkan dengan dua pilihan sulit? Atau kamu belum menemukan jawaban yang kamu cari? Kerjakan sholat istikharah dengan sempurna berbekal penjelasan berikut ini.

Niat Sholat Istikharah

“Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa”.

Artinya: “Aku berniat melaksanakan sholat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Dalam mengerjakan sholat istikharah tidak jauh berbeda dengan sholat sunnah lainnya yaitu dua rakaat dengan satu salam. Pada rakaat pertama, surat alquran yang dibaca adalah surat Al-Kafirun. Sedang pada rakaat kedua adalah surat Al-Ikhlas.

BACA JUGA : Dapatkan Banyak Manfaat Dari Membaca Alquran Digital Disini

Waktu Yang Dianjurkan Untuk Melaksanakan Sholat Istikharah

Sebenarnya, tidak ada waktu khusus untuk pelaksanaan sholat istikharah. Kamu bisa mengerjakannya di siang ataupun malam hari. Meski begitu, perlu diingat bahwa dalam mengerjakan sholat sunnah sebaiknya tidak di waktu-waktu yang dilarang. Kapan sajakah itu? Dari sebuah hadits shahih Abu Said Al Khudri ra diriwayatkan bahwa beliau mendengar Rasulullah bersabda,” Tidak ada sholat sesudah sholat subuh sampai matahari meninggi dan tidak ada sholat sesudah sholat ashar sampai matahari tenggelam.”

Akan tetapi, ada juga waktu terbaik untuk melakukan sholat istikharah yaitu pada malam hari setelah sholat isya. Ini seperti yang diriwayatkan dalam hadits Imam Bukhari dan Muslim dimana Rasulullah bersabda, “Di setiap malam Allah turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam terakhir. Dan Allah SWT berkata, ‘Adakah hambaku yang meminta sehingga pasti akan Aku berkan apa yang ia pinta. Adakah hambaku yang berdoa hingga pasti Aku akan kabulkan doanya. Adakah hambaku yang memohon ampunan sehingga Aku akan ampuni dosanya.”

Doa Setelah Sholat Istikharah

Allaahumma innii astakhiiru bi’ilmika wa astaqdiru bi qudratika as’aluka min fadhlikal a’zham fainnaka aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘allaamul ghuyuubu. Allaahumma in kunta ta’lamu anna hadzal amra khairunlii fi diini wa ma’aasyi wa aaqibati amri faqdirhuli wa yassirhu lii tsumma baariklii fiihi wa in kunta ta’lamu anna hadzlamra syarrunlii fii diini wa ma’aasyi wa aaqibati amri fashrifhu ‘anni fashrifni ‘anhu waqdirliyal khaira haautsu kaana tsumma ardhini bihi innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir.

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepadaMu dengan ilmu pengetahuanMu dan aku mohon kekuasaanMu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaanMu. Aku mohon kepadaMu sesuatu dari anugerahMu Yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Mahakuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib. Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (orang yang mempunyai hajat hendaknya menyebut persoalannya) lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terhadap diriku sukseskanlah untuk ku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah. Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkan persoalan tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untuk ku di mana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaanMu kepadaku.”

Pertanda Sholat Istikharahmu Terjawab

Kamu melakukan sholat istikharah karena ingin mendapatkan petunjuk dan jawaban dari Allah SWT. Lantas bagaimana caranya kamu tahu bahwa sholat istikharahmu telah terjawab? Biasanya, akan ada isyarat atau tanda-tanda tertentu yang tidak biasa dan berkaitan dengan pertanyaan yang kamu panjatkan kepada Allah. Ini bisa jadi adalah jawaban yang kamu tunggu.

Namun jika kamu masih memiliki keraguan, kamu bisa mengulang dan melakukan lagi sholat istikharah sebanyak dua atau tiga kali. Dengan begitu, kamu akan mencapai ketenangan sehingga bisa mengambil keyakinan untuk mengambil keputusan atau memilih sebuah jawaban yang paling pantas di hati. Mengenai tanda-tanda sholat istikharahmu telah terjawab juga ada di hadits yang dijelaskan oleh Imam An-Nawawi ra yaitu :

“Setelah istikharah, seseorang harus mengerjakan apa yang dirasa baik untuknya. Di samping itu, hendaknya ia benar-benar bebas dari kehendak pribadi. Jadi jangan sampai ada perasaan ini pilihan terbaik, sebelum mengerjakan sholat istikharah. Karena jika demikian, sama halnya tidak istikharah atau kurang tawakkal pada pengetahuan dan kekuasaan Allah.”

BACA JUGA : Sempurnakan Sholatmu Dengan Temukan Arah Kiblat Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *