Membaca Alquran Digital, Pernah Dilakukan Najwa Shihab Ketika Sakit

2 June 2021

Di zaman yang serba dimudahkan dengan teknologi, membaca alquran digital sudah bukan menjadi hal yang asing. Apalagi ponsel sekarang bagai sebuah kebutuhan yang tak mungkin ditinggalkan di rumah dan selalu ada di tas. Aktivitas membaca alquran jadi bisa dilakukan dimana saja. Dengan begitu, tak ada lagi alasan untuk meninggalkan amalan yang penuh dengan keutamaan ini. Perilaku ini juga dilakukan Najwa Shibab ketika beberapa waktu lalu ia harus dirawat di rumah sakit. Dalam mengisi waktu kosongnya, membaca alquran digital berada di salah satu kegiatannya. 

Benar, membaca alquran, meski itu berupa alquran digital, memiliki banyak sekali keutamaan. Di antaranya akan dibahas berikut ini : 

  • Ibarat pedagang yang tak pernah merugi 

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Alquran) dan melaksanakan sholat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan pahalanya kepada mereka dan menambah karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha pengampun, Maha pensyukur.”

Jika kamu pernah bertanya, seberapa besar sih pahala dari membaca alquran? Maka jawabannya ada pada surat Fathir ayat 29-30 di atas ini. 

  • Mendapat syafaat di hari kiamat

“Bacalah Alquran, sesungguhnya ia pada hari Kiamat akan datang memberi syafaat kepada pembacanya.” 

Pada Hadits Riwayat Muslim ini disebutkan bahwa mereka yang membaca alquran akan mendapatkan syafaat di hari kiamat. Apakah itu? Syafaat adalah pertolongan dari Nabi Muhammad SAW agar mendapatkan keringanan atau kebebasan hukuman dari Allah SWT.

  • Dicintai oleh Allah jika bisa mengkhatamkan Alquran

Dari Ibnu Abbas ra, beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah saw., “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Al-hal wal murtahal.” Orang ini bertanya lagi, “Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.”

Bagi yang mampu membacanya saja sudah diberi ganjaran pahala berlimpah oleh Allah. Jika bisa mengkhatamkannya, maka kamu akan mendapatkan cinta Allah yang bertubi-tubi. Sebab perkara itu adalah amalan yang paling dicintai oleh Allah. 

Kalau sudah tahu begitu nikmatnya keutamaan yang diberi oleh Allah untuk kamu yang senang membaca alquran, jadi tak perlu ragu lagi kan meski harus membaca alquran digital? Nah, karenanya kamu juga perlu tahu bagaimana adab dalam membaca alquran, baik mushaf atau alquran digital. Ada beberapa adab yang harus kamu ketahui, yaitu : 

  1. Wajib membacanya dengan tajwid. Ini adalah adab yang wajib dilakukan oleh seseorang ketika membaca alquran. Meski lewat alquran digital, kamu tetap harus membacanya dengan tajwid agar terhindari dari fasik. 
  2. Disunnahkan untuk membaca dalam keadaan berwudhu. Memang betul, kemudahan alquran digital membuat kamu bisa membaca kitab suci dimana saja. Namun, tetap disunnahkan untuk membaca dalam keadaan berwudhu, menghadap kiblat dan sebisa mungkin menundukkan kepala sebagai tanda tidak takabur. 
  3. Tetap rendah diri serta dengan suara lembut. Setiap muslim tentu memiliki wawasan dan pengetahuan yang berbeda tentang membaca alquran. Meski membaca alquran digital, ada baiknya jika tetap menjaga perilaku dengan rendah diri dan tidak merasa lebih tinggi dari muslim lainnya. 
  4. Wajib mengamalkan amalan yang ada di dalam bacaan alquran. Contohnya adalah amalan sholat, puasa, zakat, sedekah dan lain-lainnya. Selain itu, dianjurkan juga untuk menaati larangan yang ada di kitabNya. 
  5. Membaca dengan ikhlas. Hati yang ikhlas tentu akan membawa ketenangan. Ketika membaca alquran digital, bacalah dengan hati yang ikhlas. 
  6. Disunnahkan untuk menggunakan langgam. Dengan tujuan membaguskan suara ketika membaca alquran, kamu boleh menggunakan langgam namun sebaiknya hindari lagu atau langgam jawa. Sunnah juga hukumnya untuk membaca alquran secara perlahan dan tidak buru-buru. 
  7. Sunnah hukumnya untuk membaca takbir di tiap akhir surah mulai dari surat Ad-dhuha hingga khatam. 

Banyak pendapat tentang hukum membaca alquran digital ini. Namun rasanya jika diniati dengan baik, maka tak akan menjadi masalah. Sebab bermodalkan niat baik saja kita sudah diberi pahala. Namun, diharapkan dengan memasang aplikasi alquran digital seperti Maqmur, kamu jadi terhindar dari aplikasi atau perangkat lain yang kurang pantas berada di gawai yang sama dengan aplikasi alquran digitalmu. 

Unduh MAQMUR Di Ponselmu, Nikmati Fitur Islami Hingga Hijrah Finansial

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021