Memaknai 5 Rukun Islam, Pilar Penting Seorang Muslim

21 April 2021

Sebagai umat Islam, tentu wajib mengetahui serta mengamalkan 5 rukun Islam. Rukun Islam adalah pondasi wajib bagi umat Islam yang beriman. Dengan menjaga rukun Islam, seorang muslim bisa mendapatkan pahala dan juga terselamatkan di dunia maupun akhirat. Karena itu, sangat penting bagi muslim untuk tahu lebih dalam mengenai rukun Islam. 

Rasulullah SAW bersabda khusus mengenai 5 rukun Islam ini, beliau mengatakan : 

“Islam dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, pergi haji, dan puasa di bulan Ramadhan'”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Penting sekali bukan rukun Islam bagi seorang muslim? Agar kamu makin meyakininya, mari kita bahas satu per satu mengenai 5 rukun Islam ini. 

Rukun Islam Pertama : Syahadat

Sumber gambar : Faseeh Fawaz/Unsplash

Mengucapkan dua kalimat syahadat hukumnya adalah wajib bagi seseorang yang ingin menjadi muslim. Syahadat diartikan sebagai pengakuan adanya Allah sebagai satu-satunya Tuhan dan Nabi Muhammad SAW sebagai rasul Allah. Dalam bahasa Arab, begini bunyi syahadat : 

Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah”

Rukun Islam Kedua : Sholat

Dalam buku Rukun Islam yang dikutip dari Kumparan, sholat merupakan doa atau aktivitas ibadah yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Sholat sendiri ada yang bersifat wajib yaitu sholat Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib dan Isya’. Setiap umat Islam yang beriman wajib melaksanakan sholat tersebut demi mendapatkan ganjaran pahala. Selain itu, bisa juga melaksanakan sholat sunnah seperti sholat Dhuha, Tarawih dan lainnya. Sholat sendiri juga difirmankan oleh Allah melalui ayat-ayat Al-quran, salah satu di antaranya adalah pada surat Al-Baqarah ayat 43 : 

Wa aqiimus-salaata wa aatuz-zakaata warka’u ma’ar-raaki’iin

Artinya : Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk

Rukun Islam Ketiga : Zakat

Sumber gambar : Jess Bailey Designs/Pexels

Zakat berasal dari bahasa Arab yaitu zakkaa – yuzakkii – tazkiyatan – zakaatan. Ini diartikan sebagai mensucikan, tumbuh berkembang atau amal soleh. Secara singkat, zakat juga bisa diartikan sebagai sebagian dari harta yang telah mencapai nishab dan diwajibkan oleh Allah SWT untuk diberikan kepada yang tidak mampu atau membutuhkan. Allah berfirman melalui Al-Baqarah ayat 43 tentang zakat : 

Wa aqiimus-salaata wa aatuz-zakaata warka’u ma’ar-raaki’iin

Artinya : Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk

Rukun Islam Keempat : Puasa

Sumber gambar : RODNAE Productions/Pexels

Puasa adalah sebuah ibadah yang cara melakukannya adalah dengan menahan lapar, haus serta hawa nafsu mulai dari terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari. Puasa sendiri ada yang bersifat wajib seperti puasa Ramadhan, ada juga yang bersifat sunnah seperti puasa puasa Syawal, puasa Daud, puasa Senin Kamis dan lainnya. Puasa termasuk rukun Islam yang punya tujuan mendorong umat Islam menjadi pribadi dengan perilaku menaati aturanNya dan menjauhi laranganNya. Adapun perintah tentang puasa tercantum pada kitab suci Allah yaitu pada surat Al-Baqarah ayat 183 : 

Yā ayyuhallażīna āmanụ kutiba ‘alaikumuṣ-ṣiyāmu kamā kutiba ‘alallażīna ming qablikum la’allakum tattaqụn

Artinya :  Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

Rukun Islam Kelima : Haji bila mampu

Sumber gambar : Haydan As-soendawy/Pexels

Secara istilah, haji bisa diartikan sebagai mengunjungi atau menuju Baitullah atau rumah Allah dengan tujuan melaksanakan ibadah. Dalam hal ini, rumah Allah yang dimaksudkan adalah Ka’bah, Mas’a, Mina, Muzdalifah dan Mina. Ada waktu-waktu untuk mengunjungi rumah Allah, sering disebut dengan bulan haji. Meski termasuk rukun Islam, ibadah Haji bisa dilakukan hanya jika seorang muslim memiliki kemampuan baik secara jiwa, raga maupun ekonomi. Seperti yang difirmankan pada surat alquran Ali Imran ayat 97 : 

Fiihi aayaatun bai-yinaatun maqaamu ibraahiima waman dakhalahu kaana aaminan walillahi ‘alannaasi hijjul baiti maniistathaa’a ilaihi sabiilaa waman kafara fa-innallaha ghanii-yun ‘anil ‘aalamiin

Artinya: Di sana terdapat tanda-tanda yang jelas, (di antaranya) maqam Ibrahim. Barang siapa memasukinya (Baitullah) amanlah dia. Dan (di antara) kewajipan manusia terhadap Allah adalah melaksana kan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barang siapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahui lah bahwa Allah Maha kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam. 

Itu dia rukun Islam dan penjelasannya yang perlu kamu ketahui. Sebagai umat Islam sudah seharusnya kamu mengimani dan melaksanakan rukun-rukun tersebut agar tercapai ridha dan berkah dari Allah.

Aplikasi MAQMUR hadir menemani hari-hari kita di bulan Ramadhan dengan fitur Islami berupa pengingat shalat, al quran digital, alat qiblat, dan jurnal ibadah. Selain itu, aplikasi MAQMUR juga mengatur transaksi keuangan sesuai prinsip syariah untuk membayar zakat dan bersedekah. Jangan lupa install aplikasi MAQMUR dan menjadi bagian dari kami untuk Hijrah bersama Aplikasi Muslim MAQMUR.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Lewat Depan Orang Shalat, Apa Hukumnya? 24 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Mengapa Harus Hafal Asmaul Husna? 22 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Tahan Emosi Saat Internet Lemot, Ini Balasan Bagi Orang Sabar 21 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Shalat Sunnah Ba’diyah, Ini Keutamaannya 18 September 2021