Memakai Hand Sanitizer Sebelum Sholat, Sah Tidak Ya?

14 June 2021

Era pandemi COVID-19 membuat kita harus terbiasa dan beradaptasi dengan berbagai kebiasaan baru. Seperti memakai masker ketika harus keluar rumah, selalu sedia hand sanitizer, rajin mencuci tangan hingga menjaga jarak dan tidak berada atau menyebabkan kerumunan. Semua kebiasaan ini memang terlihat repot tapi mesti dilakukan demi menekan angka penularan virus.

Kebiasaan tersebut juga wajib diaplikasikan ketika kamu sedang bepergian dan harus beribadah di masjid atau mushola umum yang menerapkan protokol kesehatan. Tapi mungkin sebagian dari kamu jadi memiliki pertanyaan, memakai hand sanitizer sebelum sholat bagaimana hukumnya ya? Kira-kira sah tidak ya sholat yang dilakukan? Agar tak bingung lagi, berikut sedikit penjelasan untuk menjawabnya.

Fatwa MUI tentang menggunakan hand sanitizer

Tentang hukum menggunakan alkohol, MUI pada fatwanya nomor 11 tahun 2009 menyebutkan :

  1. Penggunaan alkohol atau etanol hasil industri khamr untuk sebuah produk makanan, minuman, kosmetik dan obat-obatan, maka hukumnya adalah haram.
  2. Penggunaan alkohol atau etanol hasil industri non khamr (baik merupakan sintesis kimiawi ataupun hasil industri fermentasi non khamr) untuk proses produksi produk makanan, minuman, kosmetika dan obat-obatan hukumnya adalah mubah, apabila secara medis tidak membahayakan.
  3. Penggunaan alkohol atau etanol hasil industri non khamr (baik merupakan hasil dari sintesis kimiawi ataupun hasil dari industri fermentasi non khamr) untuk produksi makanan, minuman, kosmetika, dan obat-obatan, hukumnya adalah haram, apabila secara medis dapat membahayakannya.

Maka dapat disimpulkan, bahwa secara umum memakai hand sanitizer yang merupakan hasil produksi non khamr hukumnya adalah mubah. Sebab secara medis, hand sanitizer tidaklah berbahaya.

Unduh Aplikasi MAQMUR Di Ponselmu

Hukum memakai hand sanitizer saat sholat

Ketika melakukan sholat di tempat ibadah umum, sudah sewajarnya jika kamu melakukan perlindungan atau perilaku kebersihan yang ekstra. Pada tempat ibadah di era pandemi seperti sekarang ini biasanya sudah lengkap dengan sarana protokol kesehatan seperti bilik semprotan disinfektan, hand sanitizer dan tempat untuk mencuci tangan. Kamu bisa menggunakannya guna menjaga diri dari virus.

Setelah berwudhu, kamu mungkin juga memakai hand sanitizer spray atau gel untuk mencegah kemungkinan lantai, karpet atau sajadahmu bisa jadi tempat virus berada. Namun, bisa saja timbul keraguan tentang sahnya sholat yang kamu dirikan. Mengingat, hand sanitizer memiliki kandungan alkohol yang mungkin bisa berpengaruh pada sahnya sholat. Bagaimana pendapat ulama mengenai hal ini?

Sebelumnya, pada fatwa MUI tentang hukum alkohol disebutkan jenis alkohol seperti apa yang bersifat haram dan tidak. Hand sanitizer termasuk dalam produk hasil industri non khamr. Disebutkan dalam fatwa tersebut, untuk penggunaannya berhukum mubah terlebih jika secara medis tidak berbahaya. Maka sebagian ulama pun berpendapat bahwa alkohol yang ada dalam hand sanitizer bukanlah najis.

Pendapat ulama lainnya menyebutkan kandungan alkohol adalah najis meski berada di parfum atau obat-obatan. Namun tetap diperbolehkan untuk menggunakannya. Hal ini seperti yang tertulis di kitab Al Fiqhu ala Madzahibil Arab’ah, Abdul Rahman Al Jaziri menyebutkan, “Salah satu (yang dimaafkan) adalah cairan-cairan najis yang dicampurkan pada obat dan aroma harum parfum untuk memberi efek maslahat padanya. Hal ini terbilang dimaaf sebatas minimal memberi efek maslahat, berdasarkan qiyas atas aroma yang memberi efek maslahat pada keju.”

Berdasarkan pendapat ulama di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa memakai hand sanitizer sebelum sholat tanpa mencuci tangan tidak akan membuat sholat menjadi tidak sah. Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi jika ingin memakai hand sanitizer sebelum sholat, terlebih ketika berada di tempat ibadah umum.

Terlebih, sesuai dengan ajaran Rasulullah, kebersihan merupakan sebagian dari iman. Maka sudah sepatutnya, jika bertujuan untuk menjaga kebersihan, tak apa hukumnya melakukan prosedur kesehatan seperti mencuci tangan atau memakai hand sanitizer.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Selain Samawa, Ucapkan Ini Doa Untuk Pengantin Baru 22 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Marak Kabar Perceraian, Ini Doa Rumah Tangga Langgeng 21 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Rasulullah Sunnahkan 7 Hal Ini Saat Bangun Tidur 20 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Bulan Baik Untuk Menikah, Salah Satunya Bulan Ini 19 October 2021