Marak Kabar Perceraian, Ini Doa Rumah Tangga Langgeng

21 October 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Rasanya setiap pasangan pasti ingin memiliki rumah tangga yang harmonis, bahagia dan berumur panjang. Padahal dalam perjalanannya, pasti ada saja masalah dan juga ujian yang menghadang. Oleh karena itu, pasangan butuh kerjasama yang baik agar tujuan tersebut bisa tercapai. Selain usaha, pasangan juga bisa memanjatkan doa rumah tangga langgeng loh.

Doa ini bisa dianggap sebagai salah satu upaya agar rumah tangga makin harmonis dari hari ke hari. Seperti apa doa yang bisa diamalkan? Berikut daftar lengkapnya.

Agar Bahagia Dunia Akhirat

Ternyata surat Al-Kahfi juga bisa dibaca untuk mendoakan rumah tangga yang bahadia dunia dan akhirat loh. Terutama pada ayat 10 pada surat ini yang berbunyi:

Robbanaa aatinaa milladunka rohmatan wahayyi’ lanaa min ‘amrinaa rosyada

Arti:
Wahai Tuhan kami, karuniakan lah kami rahmat dari sisi-Mu, dan beri lah kemudahan-kemudahan serta pimpinan kepada kami untuk keselamatan agama kami.

Agar Selalu Diberkahi Dan Diberikan Rezeki

Ternyata hal seperti rezeki bisa menjadi sumber perdebatan dalam rumah tangga. Oleh karena itu, kamu bisa membaca doa agar rumah tangga selalu diberkahi dan diberikan rezeki yang lancar. Bacalah doa ini:

Allahumma robbanaa anzil alaina maaidatamminassamaaa’i takuunu lana iidalli’aqolina wa’akhirina wa’ayatamminka wa’urzukna wa’anta khoirurroziqin.

Arti:
Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Paling Utama.

BACA JUGA: Bulan Baik Untuk Menikah, Salah Satunya Bulan Ini

Agar Dilembutkan Hatinya Sehingga Tidak Rentan Masalah

Masalah kerap jadi panjang karena hati pasangan yang keras. Untuk meluluhkannya ternyata bisa dengan doa. Kamu dapat membaca ini setelah selesai shalat.

Maa anzalnaa alaikal qur’aana litastqoo. Illa nadzkiratalliman yakhsyaa. Tanziilammimman kholakol ‘ardho wassamaawaatil ‘uula. Arrohmaanu ‘alaa ul ‘arsyi ‘ustawaa,

Arti:
Tiada Kami (Allah) turunkan kepadamu Al-Qur’an ini supaya engkau celaka (menyusahkan engkau)! Melainkan untuk menjadi peringatan bagi orang yang takut. (Al-Qur’an) yang diturunkan daripada Tuhan, yang menciptakan bumi dan beberapa langit yang tinggi. Tuhan yang pengasih, di atas singgasana Dia bersemaya (berkuasa). Dia mempunyai apa yang ada di langit, dan di bumi, serta di antara keduanya dan apa yang ada di bawah tanah.

Agar Bebas Dari Godaan Luar

Selain dari pasangan itu sendiri, masalah kadang bisa muncul juga dari luar. Oleh karenanya kamu bisa membangun benteng dengan doa ini:

Man’jaa’a bil hasanati falahuu khoirumminha wa man’jaa’a bissay’aatii fala yuj’zaallaziina ‘amilussayi’aati illa maa kaanu ya’malun,

Arti:
Sesiapa yang datang membawa amal baik (pada hari akhirat) maka baginya balasan yang lebih baik dari padanya; dan sesiapa yang datang membawa amal jahat, maka mereka yang melakukan kejahatan tidak dibalas melainkan dengan apa yang mereka kerjakan.

BACA JUGA: Mendapatkan Jodoh Sesuai Syariat, Memang Bisa?

Agar Makin Menyayangi Satu Sama Lain

Kasih sayang dan cinta merupakan salah satu bekal yang mesti dimiliki oleh pasangan yang ingin rumah tangganya awet dan harmonis. Salah satu usaha untuk mewujudkannya adalah dengan membaca doa ini:

Wa’alqaitu alaika mahabbatamminnii walitushna’a alaa ainii,

Arti:
Dan Aku telah tanamkan dari kemurahan-Ku perasaan kasih sayang orang terhadapmu, dan supaya engkau dibela dan dipelihara dengan pengawasan-Ku.

Agar Selalu Dimudahkan Dalam Urusan Hidup

Rumah tangga tak selalu mudah, tapi hal ini tak boleh membuat kamu dan pasangan menyerah. Lebih baik perkuat ikatan rumah tangga dengan doa berikut ini:

Robbanna hab lanaa min azwaajinaa wadzurriyyaatinaa qurrota a’yun, waajalnaa lilmuttaqiina imaama,

Arti:
Ya Tuhan kami, anugerahkan lah kepada kami, istri-istri kami, dan keturunan kami sebagai kebahagiaan hati (kami) dan jadikan lah kami imam bagi orang-orang (anggota keluarga) yang bertaqwa.

Selain itu, lakukan amalan-amalan baik bersama pasangan agar senantiasa mendekatkan dan membuat ikatan makin mesra. Seperti membaca al-quran bersama, shalat berjamaah dan lainnya.

Kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut di aplikasi Maqmur loh. Ada alquran digital yang senantiasa dapat digunakan kapan saja serta adzan sebagai pengingat shalat bersama pasangan.

Download sekarang juga ya!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021