Manfaat Zakat Profesi, Bersihkan Harta Hingga Hilangkan Kesenjangan Sosial

11 August 2021

Dalam rukun Islam, zakat merupakan satu hal yang tak boleh dilupakan. Zakat adalah sejumlah harta yang dikeluarkan ketika sudah mencapai syarat yang telah diatur dalam agama. Pada ajaran Islam, zakat yang paling sering ditemui adalah zakat fitrah dan maal. Padahal ada juga zakat profesi yang tak kalah penting untuk ditunaikan. Apa definisi serta manfaat zakat profesi?

Definisi Zakat Profesi

Zakat profesi dikenal juga sebagai zakat penghasilan. Dikutip dari Baznas, zakat ini didefinisikan sebagai bagian dari zakat maal yang hukumnya wajib dikeluarkan atas harta yang asalnya dari penghasilan seseorang.

Manfaat Zakat Profesi Dalam Kehidupan

Setiap yang diperintahkan oleh Allah tentu mengandung hikmah dan manfaat, begitu juga dengan zakat. Seperti zakat profesi, misalnya, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan. Apa sajakah itu?

  • Harta dan hati menjadi bersih

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka dan berdoalah untuk mereka, …” (Surat At-Taubah ayat 103)

Dari ayat alquran di atas, sudah dituliskan secara jelas bahwa zakat memiliki manfaat untuk membersihkan dan mensucikan. Dalam hal zakat profesi, tentu ini bisa dimaknai sebagai pembersihan harta. Selain itu, perlu diketahui bahwa dalam harta yang kita miliki terdapat hak orang lain terutama mereka yang membutuhkan. Maksudnya, zakat yang kita berikan akan membantu kehidupan orang lain. Tidakkah hati menjadi tenang dan lega karena bisa membantu sesama?

  • Sebagai alat untuk mengendalikan diri

Tidak dipungkiri bahwa kadang kala kita tidak bisa mengendalikan hawa nafsu saat mendapatkan rezeki. Alhasil, kita menjadi boros atau menggunakan rezeki dengan tidak bijak. Padahal ada zakat yang mesti dibayarkan. Menyadari bahwa seorang muslim sangat dianjurkan untukmembayar zakat, dalam hal ini zakat profesi bagi yang penghasilannya telah memenuhi nisab, tentu diharapkan bisa jadi sabuk. Maksudnya, zakat akan terus mengikat kita agar tidak menghamburkan rezeki dan memberikan sebagian di antaranya untuk mereka yang membutuhkan.

  • Membuat uang jadi terkelola dengan baik

Ketika kita memiliki kesadaran untuk membayar zakat profesi setiap bulan atau tahun, maka mau tidak mau kita harus mencantumkannya pada pengelolaan keuangan yang dimiliki. Kita yang sadar pentingnya zakat akan membuat pos pengeluaran wajib untuk amalan yang satu ini. Dengan terbiasa melakukan ini, nantinya kita akan bisa melakukan pengelolaan uang dengan lebih baik.

  • Mendapatkan pengurangan Pajak Penghasilan (PPh)

Kamu pasti tidak menyangka bahwa ternyata membayar zakat penghasilan atau profesi berdampak juga dengan pajak, terutama pajak penghasilan. Ini telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Disebutkan bahwa untuk zakat yang dibayarkan maka akan ada pengurangan pembayaran pajak pendapatan atau PKP. Hal ini dimaksudkan agar pembayar pajak tidak terkena beban ganda. Untuk mengetahui lebih lanjut, kamu bisa mengajukan laporan ke Badan Amil Zakat Nasional.

  • Menghilangkan kesenjangan sosial

Ternyata tak hanya bermanfaat untuk membantu mereka yang membutuhkan, zakat punya fungsi lebih dari itu. Ketika seseorang membayar zakar maka mereka yang mampu memberi pada yang tidak mampu. Ini akan memperkecil gap atau kesenjangan antara si kaya dan si miskin. Dalam perihal zakat profesi, ini juga berarti kamu telah berkontribusi untuk mengurangi angka kemiskinan.

Bayar zakat dengan aplikasi Maqmur. Download di Play Store, klik di sini!

Zakat profesi, seperti namanya, dilakukan bagi mereka yang memiliki penghasilan karena pekerjaan. Mereka yang harus menunaikan zakat ini mesti memiliki harta yang telah mencapai nisab. Zakat ini bisa dibayarkan setiap bulan atau tahunan, keduanya sama-sama bermanfaat.

BACA JUGA : Strategi Mengatur Keuangan Selama Pandemi COVID-19

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Lewat Depan Orang Shalat, Apa Hukumnya? 24 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Mengapa Harus Hafal Asmaul Husna? 22 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Tahan Emosi Saat Internet Lemot, Ini Balasan Bagi Orang Sabar 21 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Shalat Sunnah Ba’diyah, Ini Keutamaannya 18 September 2021