Manfaat Daun Bidara, Pohon Penghuni Surga Tertulis Dalam Alquran

5 August 2021

Manfaat daun bidara tertulis dengan jelas dalam al-quran surat Al-Waqiah 56 ayat 27-32. Dalam ayat tersebut berbunyi, “Dan golongan kanan, siapakah golongan kanan itu. (Mereka) berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas, dan air yang mengalir terus-menerus. Dan buah-buahan yang banyak…”

Dari ayat tersebut ditafsirkan bahwa pohon bidara ini akan ada di surga dan berfungsi sebagai tempat untuk berteduh. Namun ada perbedaan antara bidara yang ada di surga dan bumi. Di surga, bidara akan tumbuh tanpa duri dan memiliki banyak buah. Sedang yang ada di bumi yang tumbuh adalah yang sebaliknya. Meski begitu bukan berarti bidara tak memiliki kegunaan. Berikut ini adalah manfaat daun bidara yang telah berhasil dirangkum.

  • Dapat digunakan untuk mengontrol gula darah

Untuk bisa mendapatkan manfaat ini, kamu cukup meresbut beberapa daun bidara dengan air. Air rebusan tersebut kemudian bisa kamu konsumsi secara rutin. Ini dipercaya bisa membantu menurunkan bahkan menstabilkan kadar gula darah. Tak heran kalau penderita diabetes biasanya disarankan untuk mengonsumsi air bidaran ini.

  • Diyakini dapat menyembuhkan wasir

Wasir tidak termasuk dalam penyakit yang mematikan tapi bagi siapa saja yang mengidapnya ini sangatlah mengganggu aktivitas. Nah ternyata kamu bisa menggunakan air rebusan daun bidara dan daun bidara untuk menyembuhkannya lho. Minum air rebusan secara teratur dan oleskan daun ke bagian yang bengkak. Cara ini diyakini bisa bantu sembuhkan wasir.

  • Membuat jadwal menstruasi menjadi lancar

Bagi wanita, terutama yang sedang mengusahakan kehamilan, memiliki jadwal menstruasi yang teratur adalah salah satu hal yang harus dijaga. Selain harus menjaga pola hidup yang sehat, minum air rebusan daun bidara juga bisa dijadikan salah satu ikhtiar. Sebab daun ini konon juga bermanfaat sebagai antiseptik dan memiliki manfaat mirip dengan daun sirih.

Temukan beragam fitur islami untuk sempurnakan ibadah. Download Maqmur di ponselmu, sekarang juga!

  • Jantung jadi lebih sehat

Tahu tidak apa lagi manfaat air rebusan daun bidara? Ya, bisa untuk membuat jantung jadi lebih sehat. Kok bisa? Ternyata kandungan dalam air rebusan daun bidara ini bisa mengikat lemak jahat dalam darah atau LDL lalu membuangnya lewat fesse. Dengan begitu, kadar lemak jadi seimbang sehingga jantung pun jadi bisa lebih optimal kesehatannya.

  • Membuat tidur jadi lebih berkualitas

Memiliki tidur yang berkualitas adalah impian setiap orang. Sebab dengan tidur yang nyenyak dan nyaman, aktivitas jadi bisa berjalan dengan lancar. Pun badan juga jadi terjaga kesehatannya. Jika kamu memiliki masalah dengan jadwal tidur atau tidur sering tidak nyenyak, kamu bisa minum air rebusan daun bidara sebelum tidur. Kandungan flavonoid dan saponin bisa memberi efek tenang sehingga masalah tidur bisa teratasi.

  • Bermanfaat untuk kesehatan lambung dan pencernaan

Jika sebelumnya kita banyak membicarakan tentang air rebusan daun bidara, kali ini buah hingga teh yang dibuat dari tanaman ini juga punya manfaat lho. Adalah jika kamu memiliki masalah pada lambung seperti kembung, sembelit kronis hingga gastrointestinal, bisa diringankan dengan bidara. Hal ini karena bidara memiliki kandungan antioksidan yang bisa mengeluarkan racun dalam sistem pencernaan sehingga bisa mencegah terjadinya infeksi.

  • Memberantas jerawat membandel

Bagi wanita atau pria, jerawat adalah masalah yang menjengkelkan. Meski kini sebenarnya sudah banyak produk kecantikan dengan bahan kimia yang mengklaim ampuh dalam memberantas jerawat, kamu juga bisa pakai cara yang alami. Caranya adalah dengan menumbuk 5 daun bidara dengan sedikit air lalu pakai sebagai masker. Aplikasikan ke seluruh wajah atau bagian yang berjerawat. Tunggu kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan bersih. Lakukan secara rutin niscaya jerawat tak akan datang.

Selain manfaat-manfaat di atas, daun bidara juga bisa dipakai untuk memandikan jenazah, ruqyah hingga mengusir jin. Hal ini seperti yang tercantum dalam hadits Nabi, An Qais bin Ashim qala ataitu An-Nabi SAW uridu al-Islama fa-amarani an aghtasila bimaa-in wasidrin,”. Yang artinya: “Dari Qais bin Ashim yang berkisah: Aku pernah mendatangi Nabi untuk masuk Islam. Kemudian Nabi menyuruhku untuk mandi dengan air dan daun bidara,”.

BACA JUGA : Hukum Memakai Kutek Yang Perlu Diketahui

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021