Manfaat Berdzikir Setelah Sholat, Ayo Rutin Lakukan

7 August 2021

Apa yang biasa kamu lakukan setelah sholat? Apakah kamu langsung beranjak dan melanjutkan aktivitas? Jika iya, sebaiknya kamu baca artikel ini. Sebab, ada sebuah hal yang dianjurkan dilakukan setelah sholat. Hal tersebut adalah berdzikir. Ada banyak manfaat berdzikir setelah sholat yang mesti kamu ketahui.

Dzikir pada dasarnya berasal dari dzakara, yadzkuru, dzukr atau dzikr. Ini memiliki arti perbuatan dengan lisan seperti menyebut, mengatakan atau menuturkan dan dengan hati seperti mengingat. Secara istilah, dzikir dimaknai sebagai pembersihan. Dalam islam, dzikir juga diartikan sebagai cara untuk mengingat Allah di hati dan menyebut dengan lidah.

Manfaat berdzikir setelah sholat

Dzikir sangat dianjurkan untuk dilakukan setelah selesai sholat terutama yang sifatnya wajib. Mengapa? Karena adanya manfaat-manfaat berikut ini:

  • Demi dapatkan perlindungan dari Allah SWT

Pada sebuah hadits disebutkan bahwa mereka yang mengucapkan dzikir di sore hari sebanyak 3 kali, maka mereka tidak akan mendapatkan bahaya di malam harinya. Ini dimaknai bahwa dengan berdzikir, seseorang bisa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Karena itu, manfaat dzikir setelah sholat yang pertama adalah mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat.

  • Sebagai upaya mendekatkan diri pada Allah SWT

“Maukah kamu aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, paling suci di sisi Raja-mu (Allah), dan paling mengangkat derajatmu; lebih baik bagimu dari infak emas atau perak, Para Sahabat yang hadir berkata: “Mau (wahai Rasulullah)!” Beliau bersabda: “Dzikir kepada Allah Yang Mahatinggi.”  (HR. At-Tirmidzi no. 3377)

Melalui hadits ini kita dapat mengetahui bahwa berdzikir adalah amalan yang disukai oleh Allah. Dengan melakukannya, seorang muslim bisa makin mendekatkan diri pada-Nya.

  • Dijanjikan surga oleh Allah SWT

Setiap muslim rasanya ingin mendapatkan surga Allah. Karenanya sebanyak dan sebisa mungkin ketika hidup melakukan amalan yang paling disukai Allah. Sebab salah satunya adalah berdzikir, maka seorang tersebut akan dijanjikan surga oleh Allah. Sebagaimana dalam hadits disebutkan, “Barangsiapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum shubuh, maka ia termasuk penghuni surga.” (HR. Bukhari (7/150, no. 6306).

Ibadah makin sempurna dengan fitur islami di aplikasi Maqmur. Download sekarang juga!

  • Dapat membersihkan hati

Seringkali sulit sekali mendapatkan hati yang bersih mengingat hidup memang selalu penuh dengan masalah dan juga cobaan. Berdzikir bisa menjadi salah satu obatnya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, berdzikir merupakan upaya untuk mendekatkan diri pada-Nya. Dengan begitu, akan dijauhkan pula dirinya dari penyakit hati.

  • Menghapus dosa yang telah dilakukan

Manusia memang tak bisa lepas dari dosa dan juga khilaf. Namun tak berarti tiada upaya untuk membersihkannya. Selain melakukan amalan baik, berdzikir juga bisa dijadikan alat untuk menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan. Caranya adalah selalu rutin membaca dzikir dan doa setelah sholat.

BACA JUGA : Ayat Tentang Bersyukur, Ketahui Dan Amalkan

Manfaat berdzikir untuk kesehatan

Ternyata selain hal-hal bermanfaat di atas, berdzikir juga punya pengaruh terhadap kesehatan. Di antaranya adalah:

  • Membuat otak jadi lebih sehat

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa aktivitas berdzikir dipercaya dapat mengaktifkan saraf-saraf otak. Dengan begitu, otak jadi lebih sehat.

  • Memberi ketenangan jiwa

Selain berefek pada kesehatan fisik, berdzikir juga diyakini baik untuk keseehatan mental. Aktivitas ini bisa memberi efek tenang pada siapa yang melakukannya. Hal ini pun seperti yang tertulis dalam firman Allah, “…Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenang.” (QS. Ar-Ra’d: 28).

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Lewat Depan Orang Shalat, Apa Hukumnya? 24 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Mengapa Harus Hafal Asmaul Husna? 22 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Tahan Emosi Saat Internet Lemot, Ini Balasan Bagi Orang Sabar 21 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Shalat Sunnah Ba’diyah, Ini Keutamaannya 18 September 2021