Lupa Jumlah Rakaat Saat Sholat, Harus Bagaimana?

20 June 2021

Lupa dan ragu adalah sifat manusia yang wajar dialami dan terjadi. Sifat ini bisa muncul pada kejadian atau aktivitas apa saja termasuk dalam beribadah. Pernahkah kamu mengalami lupa jumlah rakaat ketika sholat? Biasanya ini terjadi karena kita melakukan ibadah dalam keadaan kurang khusyu’.

Mengenai ini, Rasulullah SAW pernah bersabda, “Tidak ada orang yang dapat sempurna dan khusyu sepenuhnya dalam mengerjakan sholat dari awal hingga akhir.” Meski begitu bukan berarti sifat ini harus selalu diwajarkan atau dibiarkan begitu saja. Ada cara agar kamu tidak sering mengalami lupa jumlah rakaat ketika sholat.

Ketika Nabi Muhammad SAW lupa jumlah rakaat dalam sholat

Ada sebuah kisah dimana diceritakan Nabi Muhammad SAW lupa jumlah rakaat dalam sholat. Saat itu, selesai melakukan sholat para sahabat bertanya padanya, “Apakah ada perubahan dalam jumlah rakaat?” Nabi yang menyadari bahwa dirinya mungkin lupa menjawab, “Saya hanyalah manusia biasa. Saya bisa lupa sebagaimana kalian lupa. Jika saya lupa, ingatkanlah aku. Jika kalian ragu tentang jumlah rakaat shalat kalian, pilih yang paling meyakinkan, dan selesaikan shalatnya. Kemudian lakukan sujud sahwi.” (HR. Bukhari & Muslim).

Apa itu sujud Sahwi?

Sahwi seindiri memiliki arti lupa sehingga sujud sahwi dimaknai sebagai sujud yang dilakukan dalam sholat ketika seseorang lupa terhadap jumlah rakaat yang dilakukan. Dalam melakukan sujud ini, ada beberapa kondisi yang disyariatkan. Di antaranya :

  • Ketika dilakukan untuk menutup rakaat yang kurang dan sholat telah usai, maka dianjurkan untuk langsung menambah rakaat sesuai jumlah yang kurang. Kemudian lakukan sujud sahwi dan salam.
  • Jika dilakukan ketika jumlah rakaat kelebihan, maka dianjurkan untuk langsung melakukan sujud sahwi setelah salam.
  • Jika dilakukan karena lupa tasyahud awal, ada dua cara yang harus ditempuh. Pertama, jika baru ingat setelah berdiri sempurna di rakaat berikutnya maka tidak perlu turun namun lanjutkanlah sholat hingga selesai. Kemudian sebelum salam, lakukan sujud sahwi. Kedua, jika baru ingat sebelum bangun ke rakaat selanjutnya, maka sebaiknya langsung duduk tasyahud dan lanjutkan sholat hingga selesai.
  • Jika dilakukan saat ragu atas jumlah rakaat, maka ada dua kondisi yang perlu diketahui. Pertama, saat dihadapkan dengan beberapa keraguan maka pilihlah yang paling meyakinkan. Lalu setelah salam, lakukan sujud sahwi. Kedua, jika tidak tahu harus pilih opsi yang meyakinkan mana, maka pilih yang lebih sedikit rakaatnya dan lakukan sujud sahwi sebelum salam.

Unduh Aplikasi MAQMUR Untuk Dapatkan Beragam Fitur Islami

Bagaimana cara melakukan sujud sahwi?

Adapun tata cara sujud sahwi yang dijelaskan dalam buku Sujud Sahwi milik Maharati Marfuah :

  1. Dilakukan seperti sujud pada sholat umumnya
  2. Dilakukan dua kali, dipisah dengan duduk sejenak seperti duduk di antara dua sujud
  3. Setiap turun dan bangkir dari sujud, disyariatkan untuk membaca takbir
  4. Dapat dilakukan sebelum atau setelah salam namun ditentukan berdasarkan kasus lupanya

Apa yang harus dibaca ketika sujud sahwi?

Sebenarnya, bacaan ketika sujud sahwi sama dengan sujud pada umumnya. Namun kamu bisa menambahkan bacaan “Subhana man laa yanaamu a waa yas-huu.” yang berarti “Maha Suci Zat yang tidak mungkin tidur dan lupa.”

Bagaimana jika lupa jumlah rakaat ketika sholat jamaah?

Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan yaitu :

  • Jika imam lupa, makmum laki-laki mengingatkan dengan membaca ‘Subhanallah’ sedang makmum perempuan menepukkan tangan.
  • Jika imam sujud sahwi sebelum salam, makmum melakukan yang sama termasuk makmum masbuk
  • Jika imam sujud sahwi setelah salam, makmum masbuk tidak diperbolehkan mengikuti. Hanya makmum dari awal saja yang wajib.
  • Jika makmum lupa bacaan sholat maka tidak wajib sujud sahwi. Sebab makmum tidak diperbolehkan sujud sahwi sendirian.
  • Jika imam lupa jumlah rakaat namun tidak sujud sahwi, makmum berhak mengingatkan.

Manusia memang tempatnya salah, lupa dan khilaf termasuk juga ketika beribadah. Bahkan Nabi Muhammad SAW pun juga pernah melakukannya. Ia bersabda, “Terkadang aku lupa supaya menjadi pelajaran bagi kalian.”

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Selain Samawa, Ucapkan Ini Doa Untuk Pengantin Baru 22 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Marak Kabar Perceraian, Ini Doa Rumah Tangga Langgeng 21 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Rasulullah Sunnahkan 7 Hal Ini Saat Bangun Tidur 20 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Bulan Baik Untuk Menikah, Salah Satunya Bulan Ini 19 October 2021