Libur Maulid Nabi Digeser, Tetap Lakukan Amalan Ini Ya

13 October 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Tahun ini momen Maulid Nabi jatuh pada 19 Oktober 2021. Namun, baru-baru saja pemerintah Indonesia memberikan pengumuman terkait hari liburnya. Untuk tahun ini, libur maulid nabi akan digeser. Mengapa libur maulid nabi digeser? Kapan libur maulid nabi?

Perubahan Hari Libur Maulid Nabi

Maulid Nabi menjadi salah satu hari libur yang dirayakan di Indonesia. Setiap tahunnya, hari kelahiran nabi tersebut dirayakan pada tanggal 12 Rabiul Awal. Nah, tahun ini tanggal tersebut jatuh pada 19 Oktober 2021 menurut penanggalan Masehi. Namun ada yang berbeda, tahun ini hari liburnya tak jatuh di tanggal yang sama.

Beberapa hari yang lalu, Menko PMK Muhadjir Effendy memberikan pengumuman tentang adanya perubahan hari libur. “Sebagai antisipasi munculnya kasus baru Covid-19, hari libur Maulid Nabi digeser 20 Oktober 2021. Maulid Nabi Muhammad Saw tetap 12 Rabiul Awal.” ujarnya pada Detik.com.

Ternyata, berubahnya hari libur untuk maulid nabi digeser karena untuk menghindari munculnya kasus baru virus yang membuat pandemi tak usai ini. Ini bukan kali pertama pemerintah merevisi hari libur nasional. Sebelumnya, hari libur tahun baru islam 1443 H juga diubah. Yang awalnya jatuh pada 10 Agustus 2021 menjadi 11 Agustus 2021.

Amalan Saat Maulid Nabi

Dalam rangka menghormati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau maulid nabi, tentu ada amalan yang bisa kamu lakukan. Amalan-amalan ini sunnah hukumnya namun dianjurkan untuk dilakukan ketika maulid nabi tiba. Apa sajakah itu?

  • Membaca Al-quran

Amalan ini sebenarnya bisa dilakukan kapan saja. Namun pada bulan Rabiul Awal atau saat Maulid Nabi adalah momen yang tepat. Salah satu alasan utamanya adalah karena al-quran merupakan kitab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, membaca al-quran di bulan Rabiul Awal bisa menjadi cara untuk menghiasi bulan kelahiran Rasulullah.

  • Shalawat

Di bulan kelahiran Nabi Muhammad ini kamu bisa meniatkan satu bulan penuh untuk bershalawat. Ini adalah bentuk penghormatan yang mulia untuk memperingati hari dimana Nabi Muhammad lahir. Shalawat ini bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Kamu bisa memulainya dengan membaca sebanyak 10 kali setelah setiap kali selesai shalat.

  • Mempelajari Sejarah Nabi Muhammad SAW

Apakah kamu sudah tahu atau hafal tentang sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW? Jika belum, kamu bisa menjadikan momen maulid nabi sebagai waktu untuk napak tilas sejarah beliau. Kamu bisa membaca literatur yang menceritakan tentang sejarah kelahiran, perjuangan hingga sifat mulianya yang bisa dijadikan teladan.

BACA JUGA: Amalan Rabiul Awal, Penghormatan Umat Islam di Bulan Kelahiran Rasul
  • Berpuasa Sunnah

Tahukah kamu bahwa Nabi Muhammad SAW lahir pada hari senin? Di hari tersebut sangat dianjurkan untuk melakukan puasa sunnah loh. Oleh karena itu, mengapa tidak meniatkan untuk berpuasa senin kami di bulan rabiul awal? Ini merupakan penghormatan serta kado terbaik untuk Nabi Muhammad SAW.

  • Menghadiri Acara Peringatan Maulid Nabi

Di Indonesia, maulid nabi biasa dirayakan dengan perayaan. Ada beberapa tradisi yang biasanya dilakukan, tapi sebagian besar berisi pembacaan doa, berkumpul dan makan bersama. Doa-doa yang dipanjatkan selain untuk mendoakan Nabi Muhammad, juga demi berkah dan kebaikan umat islam.

  • Bersedekah

Sebagai umat islam kamu tentu tahu bahwa bersedekah adalah hal yang paling disukai oleh Nabi Muhammad SAW. Sedekah merupakan perbuatan yang mulia sebab kamu membantu mengurangi beban sesama, terutama mereka yang sedang dalam keadaan sulit dan tidak beruntung.

Tentu saja, selain amalan-amalan di atas masih banyak perbuatan lain yang bisa kamu lakukan untuk merayakan hari kelahiran Nabi. Segala perbuatan bisa kamu niatkan untuk makin mendekatkan diri padaNya serta menghormati hari kelahiran Nabi.

Ingin amalan sunnahmu terlaksana dengan baik? Kamu bisa menggunakan aplikasi Maqmur yang dilengkapi dengan berbagai fitur islami untuk menunjang ibadahmu.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021