Lewat Depan Orang Shalat, Apa Hukumnya?

24 September 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Pernah tidak kamu melihat pemandangan orang yang lewat depan orang shalat ketika sedang shalat berjamaah? Ini ternyata kerap dijumpai baik di masjid atau mushala. Hal seperti ini biasanya terjadi ketika shaf tidak rapat atau juga saat keadaan tidak berjamaah namun berada di posisi yang memungkinkan untuk dilewati. Sebenarnya bagaimana sih hukumnya jika berada di posisi seperti itu?

Untuk mengetahui, sudah kami rangkumkan apa hukum lewat depan orang shalat serta alasan mengapa hal ini boleh atau tidak boleh dilakukan. Penjelasan lengkapnya ada dalam tulisan berikut ini.

Hukum Lewat Depan Orang Shalat

Pada sebuah hadits dari Abu Juhaim Al Anshari, Nabi SAW bersabda:

Andaikan seseorang yang lewat di depan orang yang shalat itu mengetahui dosanya perbuatan itu, niscaya diam berdiri selama 40 tahun itu lebih baik baginya dari pada lewat.

HR. Al Bukhari 510, Muslim 507

Secara sederhana, dari hadits tersebut disimpulkan bahwa hukum lewat depan orang shalat adalah dilarang. Bahkan diandaikan jika seseorang ini lebih baik menunggu selama 40 tahun terlebih dahulu sebelum melakukannya. Dalam hadits lain juga disebutkan dengan maksud senada. Dari Abu Said Al Khudri ra, Nabi SAW bersabda:

Jika salah seorang dari kalian salat menghadap sesuatu yang ia jadikan sutrah terhadap orang lain, kemudian ada seseorang yang mencoba lewat di antara ia dengan sutrah, maka cegahlah. Jika ia enggan dicegah maka tolaklah ia dengan keras, karena sesungguhnya ia adalah setan.

HR. Al Bukhari 509, Muslim 505

Meski begitu, ada juga pendapat ulama yang mendefinisikan ‘depan orang shalat’ seperti ada jeda tiga hasta dari kaki orang yang sedang shalat, sejauh lemparan batu dengan kekuatan biasa, satu langkah satu tempat shalat, antara kaki dan tempat sujud orang tersebut. Ada juga pendapat tentang wilayah shalat yakni antara kaki dan tempat sujud. Di luar jarak tersebut, orang yang sedang shalat tidak dikategorikan menghalangi.

BACA JUGA: Shalat Duduk Dalam Islam, Hukum dan Tata Caranya

Alasan Mengapa Tidak Diperbolehkan

Beberapa hal disebutkan sebagai alasan mengapa sebaiknya tidak boleh lewat depan orang shalat. Di antaranya:

  • Sebab mereka yang shalat itu sedang berhadapan dengan Allah SWT. Tak elok jika menghalanginya.
  • Berjalan di hadapan mereka yang sedang shalat akan mengurangi nilai shalatnya. Namun jika tidak ada cara untuk mencegahnya, shalat yang dilakukan tetap sempurna.
  • Menurut Sayyid Sabiq, perbuatan ini adalah dosa besar.

Perlu diketahui, larangan ini memang tidak berlaku bagi anak-anak. Meski begitu, sebaiknya orang tua berkewajiban untuk mendidik dan memberitahu agar tidak lewat depan orang shalat ketika sedang di masjid atau mushala.

Temukan fitur islami di aplikasi MAQMUR. Download sekarang juga!

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika tidak ingin ada yang saling lewat saat shalat berjamaah. Seperti dengan memasang garis pemisah atau tirai. Di Indonesia, sajadah sering dipakai sebagai batas tempat sujud. Namun jika tidak tersedia, para ulama mengatakan ketika shalat dan ingin mencegah orang lewat di depannya, kamu bisa menjulurkan salah satu tangan ke depan. Dengan begitu, orang tidak akan lewat atau maju melewati batas ujung jari. Cara lain yang disebutkan adalah dengan mendorong lehernya.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Selain Samawa, Ucapkan Ini Doa Untuk Pengantin Baru 22 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Marak Kabar Perceraian, Ini Doa Rumah Tangga Langgeng 21 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Rasulullah Sunnahkan 7 Hal Ini Saat Bangun Tidur 20 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Bulan Baik Untuk Menikah, Salah Satunya Bulan Ini 19 October 2021