Lesty dan Rizky Billar Menuju Sah, Ketahui 5 Doa Pernikahan

16 August 2021

Baru saja Lesty dan Rizky Billar menggelar acara pengajian menjelang hari bahagia mereka. Dalam acara tersebut, keduanya tak hanya memanjatkan doa demi kelancaran hari pernikahannya namun juga meminta doa restu kedua orang tua. Keduanya diketahui akan melangsungkan pernikahan dalam waktu dekat. Sebagaimana pasangan muslim pada umumnya, dalam melangsungkan hari terikatnya dua insan sebaiknya Lesty dan Rizky Billar mengetahui bacaan doa pernikahan berikut ini.

  • Doa saat akad

Doa ini sangat disarankan untuk dibaca oleh setiap orang yang hadir dalam acara pernikahan. Tidak hanya orang tua dan keluarga besar namun juga tamu undangan. Doa ini juga dibacakan oleh Nabi Muhammad SAW, seperti yang tercantum dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah:

Barakallahu laka wa baarakaa ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khoir

Artinya: “Semoga Allah Swt. memberikan berkah kepadamu, memberi keberkahan atasmu, dan semoga Dia mengumpulkan kalian berdua pada kebaikan.”

  • Doa setelah akad

Setelah melalui prosesi akad, pria dan wanita telah sah menjadi suami dan istri. Kemudian, dianjurkan untuk membaca doa ini. Menurut ajaran Islam, suami hendaknya memegang ubun-ubun istri dan membaca:

Allahumma inni as’aluka min khorihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih, wa a’udhu bika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltahaa ‘alaih

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadamu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tetapkan atas dirinya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan yang Engkau tetapkan atas dirinya.”

  • Doa yang diucapkan agar pernikahan selalu harmonis

Setiap pasangan tentu ingin mendapatkan keharmonisan dalam berumah tangga serta kebahagiaan dunia akhirat. Selain dengan berusaha, bisa ditambah juga dengan membaca surat Al-kahfi ayat 10 yang bunyinya:

Iż awal-fityatu ilal-kahfi fa qālụ rabbanā ātinā mil ladungka raḥmataw wa hayyi` lanā min amrinā rasyadā

Artinya: (Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)”

  • Doa berhubungan intim

Dalam ajaran Islam juga diatur secara detail tentang hubungan intim yang baik. Bahkan ada tiga doa yang patut dibaca dan berhubungan dengan hubungan intim. Di antaranya:

Doa sebelum berhubungan intim: Allahumma jannibna syaithana wa jannibi syaithana maa razaqna 

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Swt, ya Allah jauhkanlah kami dari gangguan setan dan jauhkanlah dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.”

Doa setelah air mani keluar: Allahummaj ‘alnuthfatna dzurriyyatan thayyibah

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah nutfah kami ini menjadi keturunan yang saleh.”

Doa setelah hubungan intim selesai: Alhamdulillahilladzi khalaqa minal maa i basyaraa

Artinya: “Segala puji bagi Allah Swt. yang telah menjadikan air mani ini menjadi keturunan.”

Temukan fitur islami di aplikasi Maqmur untuk sempurnakan ibadahmu. Download di Playstore sekarang juga!

  • Doa agar diberi keturunan

Mendapatkan keturunan merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh pasangan suami istri. Karena itu, pada Allah SWT mereka harus membaca doa agar keinginannya tercapai. Adapun doanya yang merupakan penggalan ayat dari surat As-Saffat ayat 100 berbunyi:

Robbi hablii minash sholihin

Artinya: “Ya Allah, anugerahkanlah kepadaku seorang anak yang termasuk orang-orang yang saleh.

BACA JUGA : Ketahui Tata Cara Berdoa Agar Dikabulkan Allah SWT

Itud dia beberapa doa yang diajarkan dalam agama Islam bagi mereka yang melangsungkan pernikahan seperti Lesty dan Rizky Billar. Tak hanya demi mendapatkan kebahagiaan hingga akhir hayat namun juga ada yang diucapkan dalam usaha untuk mendapatkan keturunan. Semoga tulisan ini juga bermanfaat untuk kamu yang tengah mempersiapkan pernikahan juga ya.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Lewat Depan Orang Shalat, Apa Hukumnya? 24 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Mengapa Harus Hafal Asmaul Husna? 22 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Tahan Emosi Saat Internet Lemot, Ini Balasan Bagi Orang Sabar 21 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Shalat Sunnah Ba’diyah, Ini Keutamaannya 18 September 2021