Lebaran Saat Pandemi, Begini Tips Amannya

14 May 2021

Taqabbalallahu minna wa minkum! Selamat idul fitri 1442 H. Alhamdulilah ya kali ini kita dipertemukan kembali dengan hari raya idul fitri. Meski sedang di tengah pandemi dan tak bisa merayakan lebaran seperti sedia kala, bukan berarti hari raya kali ini tak akan meninggalkan kesan. Kamu tetap bisa lebaran saat pandemi jika melakukan tips-tips berikut ini.

Bersilaturahmi secara daring

Silaturahmi merupakan sebuah amalan yang dilakukan dengan tujuan menyambung serta menjaga tali persaudaraan. Silaturahmi sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, tak perlu selalu menunggu momen idul fitri terlebih dahulu. Meski begitu, silaturahmi kerap kali memang diidentikkan dengan momen lebaran. Sebab dalam momen ini keluarga dan sanak saudara berkumpul dalam satu waktu dan saling meminta maaf.

Di tengah pandemi seperti ini, momen silaturahmi dengan berkumpul mungkin tidak bisa dilakukan. Terlebih adanya peniadaan mudik yang membuat sebagian besar orang tidak bisa pulang kampung dan berkumpul dengan keluarganya. Namun silaturahmi tetap bisa dilakukan dengan cara daring. Berkumpul di rumah nenek kini digantikan dengan berkumpul di panggilan video atau meeting online. Tak apa, kita patut bersyukur masih bisa bertemu dan melihat wajah satu sama lain serta bermaaf-maafan meski tak bisa berjabat tangan dan berpelukan.

Saling berkirim hidangan lebaran atau hampers

Yang tak kalah dirindukan ketika lebaran tiba adalah menyantap hidangan lebaran buatan nenek atau ibu. Mulai dari ketupat, opor ayam, rendang, sampai kue kering buatan rumahan semuanya kamu rindukan. Tahun ini, mungkin juga kita tidak bisa bersama-sama satu meja menyantapnya. Melainkan di rumah masing-masing dengan makanan yang dibuat sendiri.

Akan tetapi, meski harus lebaran saat pandemi kamu bisa kok tetap menyantap masakan buatan ibu. Kini kan ada jasa pengiriman makanan antar atau dalam kota. Jadi, kamu bisa nih minta ibu atau nenek untuk membuatkan makanan kesukaanmu dan mengirimkannya ke kotamu. Sebagai gantinya, kamu bisa juga mengirimkan hampers berisi bingkisan lebaran, kue kering, peralatan sholat atau hadiah lainnya untuk orang tua dan saudara-saudara yang jauh dari kotamu.

Berbagi salam tempel atau THR pakai dompet elektronik

Meski bikin keuangan jadi cekak, berbagi salam tempel atau THR ke keponakan yang masih kecil-kecil itu bikin kangen juga ya ternyata. Melihat senyum dan tawa mereka saat menerima amplop itu rasanya jadi ikut senang juga sebagai pemberi. Itu mungkin tak lagi kamu lihat karena tahun ini kembali tak bisa bertemu.

Meski begitu, kamu tetap masih bisa berbagi salam tempel atau THR dengan menggunakan dompet elektronik. Walau tak berupa amplop, tapi keponakan-keponakan kamu pasti tetap senang menerimanya. Dan kamu masih bisa juga sih mengirimi mereka hadiah lebaran juga sebagai gantinya pelukan.

INSTALL Maqmur Aplikasi Muslim Kiblat, Azan, Quran & Zakat

Belanja kebutuhan secara online

Namanya juga lebaran, pasti ada saja kebutuhan yang harus dibeli baik sebelum atau sesudahnya. Kalau dulu sebelum ada COVID-19, momen belanja lebaran sangatlah menyenangkan dan seru karena kamu akan bebarengan dengan banyak orang di tempat perbelanjaan. Antri dan mungkin berebut stok barang akan jadi fenomena yang biasa.

Tapi saat pandemi seperti ini, berdesak-desakan demi sebuah barang incaran rasanya tidak sepadan dengan resikonya. Ya, kerumunan kan sangat tidak disarankan karena bisa jadi peluang penularan virus. Karena itu, daripada dapat resiko tersebut lebih baik kalau kamu belanja kebutuhan via online saja. Sekarang ini mulai dari sayur sampai hampers lebaran bisa dibeli di berbagai platform media sosial dan juga e-commerce kok.

Wisata virtual atau wisata ketat protokol kesehatan

Saat libur lebaran, terutama bagi yang memiliki anak-anak biasanya dijadikan kesempatan untuk liburan atau berwisata. Sayangnya aktivitas ini kurang disarankan ketika pandemi menyerang. Meski begitu, ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan sebagai gantinya. Salah satunya adalah wisata virtual atau virtual tour. Banyak nih guide resmi yang mengadakan wisata virtual ke tempat-tempat seru di Indonesia dan luar negeri. Kamu bisa menjadikan ini alternatif liburan.

Atau jika anak sudah ngebet sekali ingin liburan, kamu bisa melakukannya dengan berbagai pertimbangan. Pertama, pilih tempat wisata yang bagus sirkulasi udaranya. Kedua, pastikan tempat wisata tersebut sudah menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Dan yang tak kalah penting, sebisa mungkin pilih tempat wisata luar ruangan saja.

Lebaran saat pendemi seperti tahun ini memang masih belum bisa seperti perayaan lebaran layaknya sedia kala. Mudik masih dilarang, aktivitas masih terbatas. Sedih tentu, namun mari kita mencoba ikhlas dan tetap menghayati nilai lebaran sebagai hari kemenangan dengan tips-tips di atas.

BACA JUGA : Hukum Membaca Alquran Digital

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021