Lakukan Ini Agar Rajin Shalat Subuh

3 September 2021

Assalamualaikum Brother and Sister Maqmur,

Angkat tangan jika kamu termasuk yang susah bangun untuk melaksanakan shalat subuh. Bangun di waktu fajar memang terbilang berat untuk sebagian orang.

Seringnya, orang memilih untuk tidur hingga fajar menyapa ketimbang bangun untuk shalat ketika matahari belum tampak. Padahal ibadah ini punya banyak sekali keutamaan loh, mulai dari didoakan oleh Rasulullah hingga dijanjikan surga oleh Allah.

Agar kamu mendapatkan kesempatan untuk meraih keutamaan-keutamaan tersebut, kamu bisa melakukan tips berikut ini:

Memanfaatkan Fitur Jadwal Shalat Di MAQMUR

Sekarang ini sudah ada aplikasi MAQMUR yang menyediakan berbagai fitur islami untuk membantu kebutuhan ibadahmu. Salah satunya adalah fitur jadwal dan pengingat shalat yang akan senantiasa memberitahumu ketika sudah masuk waktu shalat. Pengingat shalat dan adzan di aplikasi MAQMUR memiliki waktu akurat sesuai dengan lokasi seluruh Indonesia.

Membiasakan Tubuh Mendapatkan Tidur Yang Cukup

Salah satu alasan mengapa seseorang melewatkan waktu subuh adalah karena ingin mendapatkan tidur yang lebih lama hingga pagi. Biasanya ini terjadi karena tubuh merasa sangat lelah hingga enggan bangun dari tidur. Untuk menghindari ini terjadi lagi dan membuatmu tidak melakukan shalat subuh, kamu bisa memulai kebiasaan tidur cukup. Dengan begitu, kamu bisa bangun di waktu fajar dengan lebih mudah.

Memasang Alarm

Alarm merupakan cara mudah yang sering dipakai untuk membangunkan diri di waktu-waktu yang diinginkan, termasuk saat subuh. Kamu bisa memasang alarm beberapa menit sebelum waktu subuh untuk menyegarkan diri terlebih dahulu, berwudhu dan ke masjid jika memungkinkan. Selain itu, kamu bisa memilih nada dering alarm yang cukup keras agar kamu bisa mendengarnya.

BACA JUGA: Penting! Ini Waktu Ijabah Berdoa Yang Wajib Diketahui 

Membaca Ayat-ayat Terakhir Surat Al-Kahfi

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلً

Pada ayat-ayat terakhir surat Al-Kahfi disebutkan bahwa:

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal.

Dengan membaca ayat-ayat ini, kamu akan mendapatkan motivasi untuk melakukan ibadah sebanyak mungkin demi meraih surga di hari akhir.

Mengingat Hadits Mengenai Keutamaan Subuh

Telah disebutkan sebelumnya bahwa subuh memiliki begitu banyak keutamaan. Salah satunya adalah diberikan cahaya yang sempurna di hari akhir. Hal ini disebutkan dalam hadits yang perlu kamu ingat agar selalu shalat subuh yaitu

Berilah kabar gembira kepada mereka yang berjalan dalam kegelapan menuju masjid-masjid, sebab mereka akan mendapat cahaya yang sempurna kelak di Hari Kiamat kelak. (HR Abu Dawud).

Gunakan fitur di aplikasi MAQMUR untuk ibadah yang makin sempurna. 

Itu dia berbagai cara yang bisa kamu tempuh agar bisa bangun dengan segar sehingga bisa melaksanakan shalat subuh. Semoga salah satu cara di atas, terutama yang paling mudah yakni dengan menggunakan aplikasi MAQMUR, bisa membuat ibadahmu makin sempurna. Dengan begitu, kamu bisa meraih berbagai keutamaan yang ada di baliknya.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021