Home » Blog » Kumpulan Hadits Tentang Sedekah Lengkap Dengan Artinya

Kumpulan Hadits Tentang Sedekah Lengkap Dengan Artinya

Tahukah kamu bahwa setiap umat islam yang memiliki kelebihan rezeki maka diperintahkan oleh Allah untuk membaginya atau melakukan sedekah? Sebagaimana perintah tentang sholat, mengenai sedekah juga tertuang dalam Al-quran surat At-Talaq ayat 7 yang berbunyi :

liyunfiq żụ sa’atim min sa’atih, wa mang qudira ‘alaihi rizquhụ falyunfiq mimmā ātāhullāh, lā yukallifullāhu nafsan illā mā ātāhā, sayaj’alullāhu ba’da ‘usriy yusrā

Artinya: “Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan.”

Ayat tersebut menjadi dasar atau landasan jelas bahwa Allah SWT memerintahkan untuk bersedekah bila mampu. Bahkan amalan ini akan dibalas oleh Allah SWT. Sebab itu, ada baiknya jika sebagai umat islam tidak melewatkan kesempatan untuk bersedekah.

Mengenai sedekah juga tertuang dalam hadits dan ayat-ayat al-quran. Beberapa di antaranya mungkin akan membuatmu makin bersemangat untuk bersedekah. Mari kita baca dan hayati hadits-hadits tentang sedekah di bawah ini.

Surat Ali Imron ayat 92 tentang ganjaran bersedekah

“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan (sebagian harta) yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.

Surat Al-Hadid ayat 18, tetang sedekah

“Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah peinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.

Surat Al-Baqarah ayat 276, tentang sedekah dan infaq

“Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukasi setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa.”

Surat Al-Munafiqun ayat 10, tentang sedekah tak perlu menunggu ketika kaya dan sukses

“Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata, “Ya Tuhanku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh.”

Hadits riwayat Muslim, tentang sedekah yang paling utama

“Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Tangan di atas adalah yang memberi dan tangan di bawah adalah yang meminta.”

Hadits riwayat Ibnu Khuzaimah dan Al Hakim tentang sedekah

“Aku (sedekah) adalah amal kalian yang paling utama. Ini sebagian perkataan Umar bin Khatab, “Sesungguhnya, amal-amal itu saling membanggakan diri, maka sedekah pun berkata, ‘Aku adalah amal kalian yang paling utama.”

Hadits riwayat Bukhari tentang orang yang lalai bersedekah

Telah menceritakan kepada kami Abu Hurairah radliallahu anhu berkata,: “Seorang laki-laki datang kepada Nabi Shallallahualaihiwasallam dan berkata,: “Wahai Rasulullah, shadaqah apakah yang paling besar pahalanya?”. Beliau menjawab: “Kamu bershadaqah ketika kamu dalam keadaan sehat dan kikir, takut menjadi faqir dan berangan-angan jadi orang kaya. Maka janganlah kamu menunda-nundanya hingga tiba ketika nyawamu berada di tenggorakanmu. Lalu kamu berkata, si fulan begini (punya ini) dan si fulan begini. Padahal harta itu milik si fulan”.

Hadits riwayat Ahmad bin Hambal tentang bentuk sedekah

“Hendaknya setiap muslim bersedekah. “Para sahabat bertanya, “Wahai Rasul, bagaimana orang-orang yang tidak memiliki sesuatu bisa bersedekah?” Rasulullah Saw menjawab, “Hendaklah ia berusaha dengan tenaganya hingga ia memperoleh keuntungan bagi dirinya, lalu ia bersedekah (dengannya).” Mereka bertanya lagi, “Jika ia tidak memperoleh sesuatu? “Jawab Rasulullah Saw, “Hendaklah ia menolong orang yang terdesak oleh kebutuhan dan yang mengharapkan bantuannya.” Mereka bertanya lagi, “Dan jika hal itu tidak juga dapat dilaksanakan?” Rasulullah Saw bersabda, “Hendaklah ia melakukan kebaikan dan menahan diri dari kejahatan, karena hal itu merupakan sedekahnya.” 

Hadits riwayat muslim tentang sedekah tidak mengurangi harta

Dari Abu Hurairah dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *