Kumpulan Hadits Zakat Fitrah, Penting Untuk Diketahui

9 May 2021

Menjelang hari raya, ada satu amalan yang wajib dilakukan oleh umat Islam, yaitu zakat fitrah. Ini dimaknai sebagai zakat yang dilakukan di bulan Ramadhan hingga menjelang hari raya lebaran dan wajib hukumnya dilakukan baik untuk perempuan atau laki-laki.

Zakat fitrah dilansir dari NU Online bisa dibayarkan dengan menggunakan makanan pokok yang digunakan di daerah tersebut. Jika di Indonesia, maka yang paling umum zakat fitrah dibayarkan dengan menggunakan beras. Meski ada juga daerah lain yang makanan pokoknya bukan beras maka bisa disesuaikan. Untuk besarannya sendiri, kadar ukurannya adalah 1 sha atau 2,5 sampai 3 kilogram.

Selain itu, zakat fitrah tak begitu saja menjadi sebuah kewajiban. Ada hadits-hadits mengenai ini yang sangat menjelaskan dan memberi pemahaman utuh tentang zakat fitrah. Di antaranya adalah :

  • HR. Abu Daud, Ibnu Majah, dan Daru Quthni

Dari Ibnu Abbas RA, ia berkata, Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah untuk membersihkan orang yang berpuasa dari perkataan sia-sia dan perkataan kotor, dan sebagai makanan bagi orang-orang miskin. Barang siapa yang menunaikannya sebelum shalat (Idul Fitri), berarti ini merupakan zakat yang diterima, dan barang siapa yang menunaikannya setelah shalat (idul fitri) berati hal itu merupakan sedekah biasa”. 

  • HR. Bukhari dan Muslim

Dari Ibnu Umar RA, Rasulullah berkata “Rasulullah SAW mewajibkan zakat fithri dengan satu sho’ kurma atau satu sho’ gandum bagi hamba dan yang merdeka, bagi laki-laki dan perempuan, bagi anak-anak dan orang dewasa dari kaum muslimin. Beliau memerintahkan agar zakat tersebut ditunaikan sebelum manusia berangkat menuju shalat ‘ied”

  • Surat an-Nahl ayat 71

“Dan Allah melebihkan sebagian kamu atas sebagian yang lain dalam hal rezeki, tetapi orang-orang yang dilebihkan (rezekinya itu) tidak mau memberikan rezeki kepada budak-budak yang mereka miliki, agar mereka sama (merasakan) rezeki itu. Maka mengapa mereka mengingkari nikmat Allah?”

  • Surat az-Zariyat – ayat 19

“Dan pada harta benda mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta, dan orang miskin yang tidak mendapat bagian.”

  • Riwayat Abu Dawud dalam mursal al-Hasan

Rasulullah Saw bersabda, “Bentengilah harta kalian dengan zakat, obatilah orang-orang yang sakit dari kalian dengan sedekah, siapkanlah doa untuk bala bencana.”

  • HR. Pemilik Kutubus Sittah 

Nabi Muhammad Saw juga bersabda, “Barangsiapa diberi harta oleh Allah, lalu tidak membayarkan zakatnya, maka hartanya itu akan diwujudkan dengan ular botak yang mempunyai dua titik hitam. Ular itu akan melilitnya pada hari kiamat, mengambil dengan kedua lehernya, kemudian berkata ‘Aku hartamu, aku simpananmu’, lalu membaca ‘Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka bahwa kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya pad ahari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan yang ada di langit dan di bumi dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” 

  • Surat at-Taubah ayat 18

“Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari Kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, Maka merekalah orang-orang yang diharapkan Termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.”

  • Surat al-Ma’iddah ayat 12

“Dan Sesungguhnya Allah telah mengambil Perjanjian (dari) Bani Israil dan telah Kami angkat diantara mereka orang pemimpin dan Allah berfirman:
“Sesungguhnya aku beserta kamu, Sesungguhnya jika kamu mendirikan shalat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik Sesungguhnya aku akan menutupi dosa-dosamu. dan Sesungguhnya kamu akan Kumasukkan ke dalam surga yang mengalir air didalamnya sungai-sungai. Maka Barangsiapa yang kafir di antaramu sesudah itu, Sesungguhnya ia telah tersesat dari jalan yang lurus.””

  • HR Tirmidzi no 609

“Sedekah dapat memadamkan kesalahan sebagaimana air dapat memadamkan api.”

  • Surat an-Nisa ayat 162

“Tetapi orang-orang yang mendalam ilmunya di antara mereka dan orang orang mukmin, mereka beriman kepada apa yang telah diturunkan kepadamu (Al Quran), dan apa yang telah diturunkan sebelummu dan orang-orang yang mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan yang beriman kepada Allah dan hari kemudian. Orang-orang Itulah yang akan Kami berikan kepada mereka pahala yang besar.”

Itu dia hadits mengenai zakat fitrah yang patut seorang muslim pahami. DIharapkan dengan memahaminya, maka akan dilaksanakan dengan baik dan juga tepat.

BACA JUGA : Zakat Fitrah, Penerima dan Waktu Terbaik Untuk Melakukannya

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021