Kumpulan Hadits Tentang Ramadhan

21 April 2021

Hadirnya bulan suci Ramadhan selalu dinanti umat Islam dari seluruh dunia. Tentu saja karena bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa karena bulan ini menjadi kesempatan bagi seorang muslim untuk mendapatkan ampunan serta ganjaran pahala yang berlimpah. Istimewanya bulan Ramadhan ini juga tercantum pada beberapa hadits tentang Ramadhan. 

Kali ini mari kita cari tahu, baca dan pahami apa saja hadits tentang Ramadhan. Tujuannya agar kamu makin semangat dan khidmat dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Pun juga mendapatkan pahala karena niat ingin mendekatkan diri dan bertakwa kepadaNya. Berikut ini hadits-hadits tentang Ramadhan yang perlu kamu ketahui. 

Tentang kegembiraan orang yang sedang berpuasa 

“Dan bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, ketika berbuka mereka bergembira dengan bukanya dan ketika bertemu Allah mereka bergembira karena puasanya.”

Ini bisa kamu temukan dalam hadits riwayah Bukhari dan Muslim. Dituliskan bahwa gembiranya orang yang sedang berpuasa adalah ketika datang waktu berbuka dan saat bertemu dengan Allah, baik dalam ibadah maupun ketika hari akhir tiba nanti. 

Tentang berkah yang terdapat dalam sahur

“Makan sahur lah kalian, karena sesungguhnya dalam makan sahur itu ada berkahnya”

Hadits ini ada pada hadits Anas Ibnu Malik RA. Tertulis bahwa sebaiknya jangan meninggalkan sahur ketika akan berpuasa. Sebab dalam sahur itu sendiri terdapat berkah dari Allah SWT. 

Tentang puasa yang diibaratkan perisai

Puasa adalah perisai, jadi ketika salah satu dari kalian sedang berpuasa, ia tidak boleh memanjakan mulutnya dengan perkataan kasar atau meninggikan suaranya ketika marah. Jika seseorang menghinanya, biarkan dia berkata: aku sedang berpuasa,”

Ketika berpuasa, kita diwajibkan menahan hawa nafsu termasuk di dalamnya menjaga amarah dan perkataan buruk. Jika sedang berpuasa, cobalah untuk selalu bersabar. Dan jika ada yang berlaku buruk padamu, bersabarlah dan sadari bahwa dirimu sedang berpuasa. 

Tentang ampunan yang diberikan selama Ramadhan

Salat lima waktu dan dari satu salat Jumat ke Jumat berikutnya, dan dari Ramadan ke Ramadan berikutnya adalah pengampunan dosa yang telah lalu dan menjauhkan dari dosa yang lebih besar,” 

Manusia adalah tempat berbuat salah dan dosa. Saat ada kesempatan untuk menghapus dan mendapatkan ampunan, mengapa tak memanfaatkannya? Bulan Ramadhan, menurut sabda Rasulullah SAW dan diriwayatkan Abu Hurairah ra adalah waktu yang tepat untuk memohon ampunan. 

Tentang manfaat sholat Tarawih

“Siapapun yang salat malam (salat tarawih) pada Ramadan karena iman dan harapan mendapat pahala, maka dosa-dosa yang telah lampau akan diampuni,”

Tarawih hanya ada di bulan Ramadhan, siapa yang bisa tahu tahun mendatang kita bisa berjumpa dengannya lagi. Selain bertemu dengan bulan Ramadhan, jangan lewatkan satu malampun dari sholat Tarawih. Sebab sesungguhnya sholat Tarawih juga berlaku sebagai penghapus doa sebagaimana diriwayatkan pada HR Bukhari Muslim. 

Tentang janji Allah menjauhkan api neraka bagi yang berpuasa

Siapapun yang berpuasa selama satu hari demi Allah, maka Allah akan menjauhkan wajahnya dari api neraka dengan jarak tempuh selama tujuh puluh tahun,”

Rasanya tak ada umat Islam yang ingin menginjakkan kaki di neraka. Karena itu perbanyak amalan baik, patuhi perintahNya dan jauhi laranganNya. Diriwayatkan pada HR Bukhari Muslim, satu hari puasa sama dengan tujuh puluh tahun jauh dari neraka. 

Tentang istimewanya hari-hari terakhir Ramadhan

Nabi Muhammad SAW berusaha lebih banyak beribadah selama bulan Ramadan dibanding waktu yang lain. Dan dia mengabdikan dirinya kepada Allah lebih banyak ketika sepuluh malam terakhir pada bulan Ramadan dibandingkan pada saat awal bulan,”

Meniru apa yang dilakukan Nabi Muhammad SAW hukumnya sunnah. Salah satu perilaku Rasulullah yang bisa kamu lakukan adalah itikaf di bulan Ramadhan. Pada hari-hari terakhir Ramadhan, seperti yang kamu tahu juga, ada malam lailatul qadar. Malam yang penuh dengan keistimewaan dan pengampunan. Apa masih kamu mau melewatkannya? 

Itu dia beberapa hadits tentang Ramadhan yang perlu kamu ketahui. Semoga dengan membaca dan memahami hadits-hadits di atas kamu semakin semangat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ya. 

Aplikasi MAQMUR hadir menemani hari-hari kita di bulan Ramadhan dengan fitur Islami berupa pengingat shalat, al quran digital, alat qiblat, dan jurnal ibadah. Selain itu, aplikasi MAQMUR juga mengatur transaksi keuangan sesuai prinsip syariah untuk membayar zakat dan bersedekah. Jangan lupa install aplikasi MAQMUR dan menjadi bagian dari kami untuk Hijrah bersama Aplikasi Muslim MAQMUR.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Lewat Depan Orang Shalat, Apa Hukumnya? 24 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Mengapa Harus Hafal Asmaul Husna? 22 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Tahan Emosi Saat Internet Lemot, Ini Balasan Bagi Orang Sabar 21 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Shalat Sunnah Ba’diyah, Ini Keutamaannya 18 September 2021