Kumpulan Ceramah Ramadhan Singkat Namun Bermakna, Lengkap Dengan Dalil

26 April 2021

Sebagai umat Islam, bulan Ramadhan pasti disambut dengan sukacita. Tarawih pertama, sahur pertama hingga buka puasa pertama jadi momen yang sangat dinantikan. Di waktu setelah sahur, setelah sholat Tarawih atau sebelum berbuka puasa, biasanya di masjid kamu bisa temukan kultum atau ceramah Ramadhan. Sayangnya, di era pandemi seperti sekarang ini sholat berjamaah di masjid saja belum tentu bisa dilakukan. Lantas bagaimana kamu bisa menikmati kultum Ramadhan yang hanya datang sebulan dalam setahun?

Tak perlu risau, kamu masih bisa mendapatkan ceramah Ramadhan di televisi atau dengan membaca artikel ini. Berikut ini beberapa materi ceramah Ramadhan beserta dalil yang menyertainya. Cocok juga jika kamu sedang mencari ide untuk kultum onlinemu nanti. 

Dua kebahagiaan orang yang berpuasa

Rasulullah SAW bersabda, “Untuk orang yang berpuasa dua kebahagiaan : kebahagiaan ketika berbuka puasa. dan kebahagiaan ketika menemui Tuhannya.” (Muttafaq ‘Alaihi)

Dalil di atas ini bisa kamu jadikan dasar materi ceramah Ramadhan. Apa saja yang bisa kamu bahas? Kamu bisa memulainya dengan menanyakan arti bahagia bagi seseorang. Setelah muncul beragam jawaban, lantas tanyakan apa sih yang bisa membuat seseorang yang sedang berpuasa itu merasa bahagia? Pasti salah satu jawaban paling banyak adalah ketika berbuka puasa, sebagaimana yang juga disabdakan oleh Rasulullah SAW. 

Manusiawi saja, setelah seharian menahan lapar, dahaga dan hawa nafsu, adzan maghrib tanda berbuka adalah yang paling dirindukan dan membuat bahagia. Ingatkan juga, seseorang harus selalu merasa bersyukur karena dipertemukan dengan waktu berbuka puasa serta masih mendapatkan rejeki untuk menikmati hidangan buka puasa. Setelahnya, sebutkan satu alasan kebahagiaan lainnya yaitu ketika bertemu dengan Tuhannya, Allah. Tak hanya di akhirat, bertemu dengan Allah juga bisa dilakukan dengan berkomunikasi denganNya melalui sholat dan berdoa. 

Bagi mereka yang malas sahur

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya sahur adalah berkah yang diberikan Allah kepada kalian. Maka janganlah kalian meninggalkannya.” (HR An Nasa’i: 2.161 dan Ahmad : 2/367)

Masih banyak loh orang yang lebih memilih tidur hingga waktu shubuh tiba dan melewatkan sahur hanya karena malas. Ini bisa menjadi materi ceramah Ramadhan yang pas karena hampir semua orang pasti pernah merasakannya. Nah, kamu bisa menegur mereka yang malas sahur dengan dalil di atas. Kalau Rasulullah saja tak melewatkan sahur di setiap puasanya, bukankah amalan baik untuk meniru perilaku nabi? 

Materi ini bisa juga semakin ditekankan dengan membacakan hadis-hadis pendukung seperti Dari Al-‘Irbadh bin Sariyah Ra, dia berkata, Rasulullah SAW mengundangku untuk makan sahur pada bulan Ramadhan.  Beliau berkada; “Kemarilah untuk menyantap makanan yang diberkahi!” (HR Abu Dawud:2344, An Nasa’i: 2.162 dan Ahmad: 4/126) dan Dari Amr bin Al-‘Ash Ra, dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya perbedaan antara puasa kita dan puasa ahli kitab adalah makan sahur.” (HR Muslim: 1.096, Abu Dawud: 2.343, An-Nasa’i: 2.165).

Cara agar tetap sabar dalam menghadapi hidup

Rasulullah SAW bersabda “ada empat sabar yakni sabar dalam menjalankan fardhu, sabar dalam sabar dalam menghadapi musibah, sabar menghadapi gangguan manusia dan sabar dalam kefakiran. Sabar menjalankan fardhu adalah taufik, ketika menghadapi musibah akan mendapatkan pahala, dalam menghadapi gangguan manusia adalah cinta dan sabar dalam kefakiran adalah ridlo Allah ta’ala”.

Di masa pandemi begini, makin banyak kesulitan yang dihadapi oleh seseorang. Ada yang kehilangan pekerjaan, ada juga yang kehilangan keluarga atau sahabat. Sedih, kecewa dan marah mungkin menemani mereka yang sedang kesulitan ini. Sebab itu, sebagai sesama umat Islam ada baiknya jika mengingatkan untuk tetap sabar dalam menghadapi hidup. 

Menjadi pribadi yang sabar memang bukan perkara yang mudah tapi bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Belajar sabar sama dengan belajar seumur hidup sebab hingga waktu kita kembali kepadaNya pastilah akan dihadapkan dengan berbagai ujian. 

Itu dia beberapa materi ceramah Ramadhan yang singkat beserta dalil yang bisa kamu masukkan ke dalamnya. Semoga menginspirasimu untuk saling mengingatkan kepada sesama umat Islam. Selamat menyambut Ramadhan. 

MAQMUR Kini Hadir Di Play Store!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021