Kriteria Orang Yang Boleh Shalat Sambil Duduk

30 October 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Shalat adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh umat islam. Akan tetapi ada beberapa kondisi dimana seseorang tidak dapat melakukan shalat dengan cara yang umum seperti berdiri. Tapi Islam adalah agama yang mempermudah umatnya, oleh karena itu ada kalanya seseorang melakukan shalat dengan duduk.

Nah, apakah semua muslim dapat melakukan shalat dengan duduk? Adakah kondisi khusus yang memperbolehkannya? Berikut ini hal-hal yang mesti kamu ketahui tentang aturan shalat dengan duduk.

Hukum Shalat Duduk Dalam Islam

Sebelum mengetahui siapa saja yang boleh melakukan shalat dalam posisi duduk, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu bagaimana hukum melakukannya. Dirangkum dari berbagai sumber, sholat ini boleh dilakukan bagi mereka yang memiliki keadaan tidak memungkinkan untuk berdiri tegak. Shalat yang dilakukan pun juga dianggap sah sebagaimana shalat pada umumnya.

Dalam surat al-Baqarah ayat 238 disebutkan bahwa mereka yang mampu melakukannya (tata cara shalat), wajib untuk melakukan sesuai dengan syariat. Bagi yang tidak mampu terutama karena sakit dan usia tua, sunnah untuk melakukannya dengan duduk di tanah atau di atas kursi.

Selain itu, ada juga riwayat oleh Imran bin Husain ra yang mengisahkan:

Saya menderita wasir, maka saya bertanya kepada Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) tentang shalat. Dia berkata: Berdoalah sambil berdiri; jika tidak bisa, maka shalatlah dengan duduk; dan jika tidak mampu, maka shalatlah (berbaring) di sisimu.

Diriwayatkan oleh al-Bukhari, 1066.

Ditambah lagi Rasulullah juga berkata bahwa ada keutamaan pahala untuk mereka yang sedang sakit dan tidak mungkin berdiri namun tetap mengusahakan untuk shalat. Jika dilakukan dengan berdiri, pahalanya menjadi dua kali lipat dari orang sehat yang shalat dengan berdiri. Namun perlu digarisbawahi bahwa shalat dengan posisi duduk hanya boleh dilakukan untuk shalat fardhu atau wajib saja.

Kriteria Orang Yang Boleh Shalat Sambil Duduk

Agar tidak menjadi kebingungan tentang siapa saja yang boleh shalat sambil duduk, berikut ini adalah kriteria mereka yang disebut sakit dan boleh melakukan shalat sambil duduk:

Mengalami Kelumpuhan

Orang yang lumpuh dan tidak mampu berdiri adalah kriteria yang pertama. Biasanya ini terjadi pada lansia atau menderita sakit tertentu. Biasanya penyakit yang dimiliki sudah termasuk parah atau bisa disembuhkan dalam waktu yang lama. Kriteria ini didukung oleh sebuah hadits:

Orang yang sakit jika (shalat) dengan berdiri akan menjadikan penyakitnya tambah parah maka shalat dengan duduk.

Kondisinya Sulit Dan Tidak Memungkinkan

Ada kalanya seseorang tidak sanggup melakukan shalat dengan berdiri karena kondisi yang sulit dan tidak memungkinkan. Dengan keadaan tersebut, orang tersebut boleh melakukan shalat sambil duduk. Dalam sebuah riwayat oleh Anas ra dikisahkan:

Rasulullah pernah terjatuh dari kuda sampai lecet kulitnya atau terluka sisi kanan tubuhnya, maka kami menjenguknya, pada saat tiba waktu shalat beliau mendirikannya dengan duduk, maka kami juga shalat dengan duduk di belakang beliau.

Muttaqun ‘Alaihi

Itu dia beberapa kondisi yang memperbolehkan seseorang untuk shalat sambil duduk. Semoga kamu tetap diberikan kesehatan agar dapat melakukan shalat dengan berdiri tegak. Pun jika sedang sakit, berusahalah untuk tidak meninggalkan shalat sebab ada kemudahan dan keringanan untuk melakukannya dengan posisi duduk.

Shalatlah dengan berdiri, jika kamu tidak bisa maka duduklah, dan jika tidak bisa maka shalat dengan berbaring”.

HR. Bukhori, Abu Daud dan Nasa’i
Jangan lupa untuk menggunakan Maqmur dan dapatkan fitur menarik kami seperti Pengingat Shalat, Al-Quran Digital, sampai Penunjuk Kiblat. Download sekarang juga di sini!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021