Keutamaan Surat Al-Baqarah, Istimewa Dibaca di Malam Jumat

21 August 2021

Tahukah kamu bahwa surat al-Baqarah adalah surat dengan jumlah ayat terbanyak? Surat ini terdiri dari 286 ayat dengan 6221 kata dan juga 25.500 huruf. Tak hanya fakta itu, terdapat juga banyak keutamaan surat al-baqarah juga yang patut kamu ketahui. Apa saja keistimewaannya? Mari simak bersama-sama penjelasan di bawah ini.

  • Istimewa dibaca di malam jumat

Dalam kitab Washiy al-Musthafa oleh Syekh Abdul Wahab bin Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Musa Asy Syarani Al Anshari Asy Syafiii Asy Syadzili Al Mishri atau dikenal sebagai Imam Asy Syaran, Rasulullah mewasiatkan apda Ali bin Abi Thalib :

“Wahai Ali barangsiapa yang membaca surat Al Baqarah tiap malam jumat maka akan tampak cahaya bagi orang tersebut mulai dari langit tujuh sampai bumi.”

Sempurnakan ibadah dengan fitur islami yang ada di aplikasi Maqmur. Download sekarang juga!

  • Dipakaikan mahkota surga bagi yang membacanya

“Siapa saja yang membaca Surah Al-Baqarah, maka dia akan dikenakan mahkota darinya di surga.” (HR. Ad-Darimi).

Dapat menginjakkan kaki di surga adalah keinginan setiap muslim yang beriman. Karena itu sebanyak mungkin amalan dilakukan selama berada di dunia. Untuk mencapainya juga bisa ditempuh dengan membaca al-quran terutama surat al-baqarah. Sebab menurut hadits di atas, mahkota surga akan diberikan bagi mereka yang membaca surat ini.

  • Hidup akan penuh dengan berkah

Rasulullah saw bersabda, “Bacalah ‘dua tangkai bunga indah’, yakni Surah Al-Baqarah dan Ali Imran. Sebab, keduanya akan datang pada hari kiamat laksana penaung, atau seperti awan pelindung, atau seperti kelompok burung yang membeberkan sayap-sayapnya dan membela pembaca keduanya. Maka bacalah Surah Al-Baqarah, sebab di dalamnya terdapat keberkahan, sedangkan meninggalkannya adalah kerugian. Bahkan, para pelaku kebatilan (para ahli sihir) pun tak mampu menembusnya.” (HR. Ahmad).

Hadits ini menjelaskan bahwa surat al-baqarah bisa membuat mereka yang membacanya hidup dalam keberkahan. Serta bagi mereka yang tidak akan termasuk dalam golongan yang merugi. Mengapa? Sebab surat ini melindungi mereka yang membacanya dari kebatilan.

  • Dapat mengusir setan dari rumah

Rasulullah saw bersabda, “Ingatlah, sekosong-kosongnya rumah dari kebaikan adalah rumah yang kosong dari kitabullah. Demi Zat yang menggenggam jiwa Muhammad, sesungguhnya setan akan keluar dari rumah yang dibacakan Surah Al-Baqarah di dalamnya.” (HR. Ibnu Mubarak).

Godaan setan bisa terjadi di mana saja termasuk di dalam rumah. Untuk menghindari hal tersebut biasanya disarankan untuk selalu membaca al-quran. Nah ternyata dengan membaca surat al-baqarah termasuk yang dianjurkan oleh Rasulullah, loh. Buktinya ada dalam beberapa hadits yang salah satunya disebutkan di atas.

BACA JUGA: Manfaat Berdzikir Setelah Sholat, Ayo Rutin Lakukan

Membaca surat Al-Baqarah ternyata membaca begitu banyak kebaikan dalam hidup. Dengan sudah mengetahui hal ini, semoga kamu jadi terinspirasi untuk selalu membaca surat tersebut ya.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021