Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya

26 May 2021

Sebagai umat Islam, kamu pasti sudah tahu bahwa sholat adalah salah satu rukun Islam. Ini berarti sholat wajib dilakukan dan sebaik-baiknya dilaksanakan tepat waktu. Menyegerakan sholat atau sholat tepat waktu ternyata masih sering disepelekan. Padahal kalau kamu tahu, sholat tepat waktu itu punya banyak keutamaan loh.

Kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang mengapa seorang muslim harus sholat tepat waktu. Mungkin dengan membaca pengetahuan ini yang juga berupa hadits dan dalil, kamu tak akan lagi molor atau telat melaksanakan sholat. Apa saja keutamaan sholat tepat waktu?

Termasuk perbuatan yang disukai Allah SWT

“ Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah sholat pada waktunya, berbakti kepada orang tua dan jihad di jalan Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadits tersebut disebutkan bahwa Allah menyukai hambaNya yang melakukan sholat tepat waktu. Bahkan keutamaan perbuatan ini setara dengan berbakti kepada orang tua dan melakukan jihad di jalan Allah. Siapa sih yang nggak mau dicintai Allah SWT?

Terampuni segala dosanya

“ Sesungguhnya seorang hamba yang muslim, jika menunaikan sholat dengan ikhlas karena Allah, maka dosa-dosanya akan berguguran seperti gugurnya daun-daun ini dari pohonnya” (HR. Ahmad).

Setiap manusia, disadari atau tidak pasti melakukan dosa baik sengaja maupun tidak. Sebab itu, jika setiap muslim berlomba berbuat kebaikan demi menggugurkan dosa yang telah diperbuat. Salah satu amalan utama yang bisa dilakukan demi menggugurkan dosa layaknya daun-daun yang berjatuhan adalah dengan sholat. Sholat tepat waktu, khususnya, juga pasti akan membuat dosa-dosamu terampuni.

Unduh Aplikasi MAQMUR Di Play Store

Diberikan sembilan kemuliaan

“ Barang siapa selalu mengerjakan sholat lima waktu tepat pada waktu utamanya, maka Allah akan memuliakannya dengan sembilan macam kemuliaan, yaitu dicintai Allah, badannya selalu sehat, keberadaannya selalu dijaga malaikat, rumahnya diberkahi, wajahnya menampakkan jati diri orang shalih, hatinya dilunakkan oleh Allah, dipermudah saat akan menyeberang Shirath (jembatan di atas neraka) seperti kilat, dia akan diselamatkan Allah dari api neraka dan Allah Akan menempatkannya di surga kelak bertetangga dengan orang-orang yang tidak ada rasa takut bagi mereka dan tidak pula bersedih hati.”

Dari sembilan kemuliaan yang disebut di hadits tersebut, mana sih yang tidak ingin kamu raih? Rasanya, sebagai umat Islam semua hal itu ingin kamu dapatkan ya? Caraya ternyata mudah, cukup dengan sholat pada waktunya.

Balasan surga bagi yang sholat tepat waktu

 “Sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu shalat lima waktu, dan Aku berjanji bahwa barangsiapa yang menjaga waktu-waktunya pasti Aku akan memasukkannya ke dalam surga, dan barangsiapa yang tidak menjaganya maka dia tidak mendapatkan apa yang aku janjikan.”

Firman Allah SWT kepada Rasulullah SAW di atas cukup menggambarkan betapa pentingnya melaksanakan sholat tepat waktu. Tak main-main, ganjaran berupa surga dijanjikan oleh Allah SWT bagi mereka yang menjaga waktu sholat dengan sebaik-baiknya.

Pahala sholat tepat waktu yang luar biasa besar

“ Seandainya orang-orang mengetahui pahala adzan dan barisan sholat (shaf) pertama, lalu mereka tidak akan memperolehnya kecuali dengan ikut undian, niscaya mereka akan berundi. Dan seandainya mereka mengetahui pahala menyegerakan sholat pada awal waktu, niscaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya. Dan seandainya mereka mengetahui pahala sholat Isya dan Subuh, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan jalan merangkak.” (HR. Bukhari)

Bukan tanpa alasan mengapa sholat menjadi salah satu rukun islam sebab begitu besar pahala yang akan Allah berikan bagi mereka yang menunaikannya. Apalagi jika tepat waktu, pahalanya luar biasa besar.

Diberikan ketenangan hati

Wahai Bilal, berdirilah. Nyamankanlah kami dengan mendirikan shalat.” (HR. Abu Dawud no. 4985, shahih)

Tidakkah kamu setuju dengan sabda Rasulullah SAW di atas? Bahwa sholat akan membuat diri menjadi nyaman? Memang, ketika hati sedang gelisah, sangat dianjurkan untuk melakukan sholat dan berdzikir. Sebab mengingat diri adalah makhlukNya akan memberimu pemahaman bahwa tidak akan kamu diberi hal tak menyenangkan kecuali diberi jalan keluar olehNya.

Mencegah dari perbuatan buruk

“ Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.” (QS. Al-‘Ankabuut [29]: 45)

Tidak dipungkiri, sebagai manusia sering kali tak dapat menahan emosi dan keinginan untuk berbuat buruk. Karena itu, menurut firman Allah di atas sebaiknya tunaikan sholat. Sebab sholat adalah salah satu cara untuk terhindar dari perbuatan keji dan mungkar.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Lewat Depan Orang Shalat, Apa Hukumnya? 24 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Mengapa Harus Hafal Asmaul Husna? 22 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Tahan Emosi Saat Internet Lemot, Ini Balasan Bagi Orang Sabar 21 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Shalat Sunnah Ba’diyah, Ini Keutamaannya 18 September 2021