Keutamaan Senyum Menurut Islam, Lengkap Dengan Hadits

28 August 2021

Senyum adalah tanda bahagia. Dalam islam, senyum dimaknai sebagai pembaca beragam kebaikan. Bahkan ini juga dinilai sebagai ibadah sedekah. Ternyata tak hanya itu saja, ada banyak keutamaan senyum menurut islam yang akan membuatmu tak ragu untuk selalu membagikan lengkungan berpahala ini. Ingin tahu apa saja manfaat senyummu? Berikut penjelasan serta hadits sebagai pelengkapnya.

Keutamaan senyum menurut islam dan hadits

  • Mengandung kebajikan

“Janganlah engkau meremehkan kebaikan sedikitpun, meskipun hanya dengan bertemu dengan saudaramu dengan wajah yang berseri.” (HR Muslim no 2626)

Setiap muslim dianjurkan untuk selalu melakukan kebaikan. Nah tahukah kamu bahkan perbuatan kecil seperti tersenyum kepada sesama juga dikatakan sebagai kebaikan? Hal ini dijelaskan pada hadits di atas.

  • Merupakan bentuk sedekah yang paling mudah

Sedekah nyatanya tak melulu tentang materi, memberi senyum juga termasuk di dalamnya. Hal ini seiring dengan hadits berikut ini. Senyum dimaknai sebagai sedekah teringan namun sangat diperhitungkan oleh Allah untuk memberikan pahalaNya pada kita.

“Senyummu di depan saudaramu, adalah sedekah bagimu.” (Sahih, HR Tirmidzi no 1956)

Temukan fitur islami terlengkap di aplikasi MAQMUR. Download sekarang juga.

  • Merupakan alat untuk berbuat baik

“Kamu tidak akan mampu berbuat baik kepada semua manusia denga hartamu, maka hendaknya kebaikanmu sampai kepada mereka dengan keceriaan (pada) wajahmu.” (HR al-Hakim)

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk berbuat baik, mulai dari menolong, memberi bantuan, mendoakan dan lain-lain. Nah tersenyum ternyata juga termasuk di dalamnya. Senyum dikatakan sebagai alat untuk berbuat baik sebab di dalamnya juga terkandung kebaikan. Ini seperti yang disebutkan dalam sabda Rasulullah di atas.

BACA JUGA: Ayat Al-quran Yang Bisa Dibaca Sebagai Pengingat Diri

  • Menjauhkan diri dari bahaya

Tak hanya dapat membuatmu menuai pahala, senyum juga disebutkan bisa digunaakn untuk menahan diri dari bahaya. Hal ini seperti yang disebutkan dalam hadits berikut ini.

Tentang akhlak baik, Abdullah bin Al-Mubarak menjelaskan, “Itu adalah wajah yang tersenyum, melakukan yang terbaik dalam kebaikan, dan menahan diri dari bahaya” (Jami` at-Tirmidzi).

  • Merupakan bagian dari amal

Selama ini kita tahu bahwa amal biasanya dikaitkan dengan materi atau bantuan lainnya untuk mereka yang membutuhkan. Ternyata, tersenyum juga dikatakan sebagai amal lho. Ini adalah sabda Rasulullah yang berbunyi,

Rasulullah bersabda, “Tersenyum di wajah saudaramu adalah tindakan amal” (At-Tirmidzi; Dinyatakan Otentik oleh Al-Albani).

Mengetahui kaitan senyum dan Rasulullah

Tahukah kamu bahwa Rasulullah disebut selalu tersenyum dan memasang wajah ceria dan cerah? Ternyata ini banyak disebutkan dalam hadits, karenanya bisa dibilang bahwa tersenyum merupakan sunnah yang dilakukan oleh Rasul dan patut ditiru oleh umatNya.

Beberapa hadits yang menyebutkan senyum dan kaitannya dengan Rasulullah adalah :

  • Abdullah ibn Al-Harits ibn Hazm berkata, “Saya belum pernah melihat orang yang lebih banyak tersenyum daripada Nabi.” (At-Tirmidzi)
  •  Jarir bin Abdullah yang berkata: “Rasulullah (damai dan berkah besertanya) tidak pernah menolak saya untuk melihatnya sejak saya memeluk Islam dan tidak pernah melihat saya kecuali dengan senyuman” (Sahih Muslim).

Selain itu, Rasulullah juga pernah memberikan sabda-sabda yang mengenai tersenyum seperti:

  • “Kamu tidak dapat memuaskan orang dengan kekayaanmu, tetapi bisa memuaskan mereka dengan wajah ceria dan akhlak yang baik” (Abu Ya`la dan Al-Hakim; hadits shahih).
  • “Jangan meremehkan perbuatan baik, (sekecil apapun kelihatannya) bahkan jika itu adalah pertemuanmu dengan saudaramu dengan wajah ceria” (Sahih Muslim).

Mengingat begitu banyak kebaikan yang didapatkan dari tersenyum, pun ini merupakan perilaku yang dilakukan oleh Rasulullah, maka ada baiknya sebagai umat Islam kita juga turut melakukannya. Sebab tak hanya mendatangkan pahala, senyuman juga bisa menjadi sedekah dan mencegah kita dari bahaya.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021