Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

23 April 2021

Ketika bulan ramadhan tiba, ini adalah kesempatan yang bagus untuk melakukan amalan baik sebanyak-banyaknya demi mendapatkan pahala. Amalan baik tak hanya tentang beribadah dan juga berdoa, tapi juga bisa dilakukan dengan sedekah. Tahukah kamu kalau sedekah di bulan ramadhan itu sangat istimewa? 

Sedekah dapat diartikan sebagai memberikan sesuatu kepada orang lain yang membutuhkan tanpa mengharapkan imbalan atau harapan untuk diganti bantuannya di kemudian hari. Sedekah punya nilai sendiri di mata Allah. Bahkan di bulan ramadhan, sedekah merupakan amalan yang sebaiknya kamu perbanyak. Mengapa? Beberapa keutamaan sedekah di bulan ramadhan ini adalah jawabannya. 

Terbebas dari siksa neraka

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Dalam hadits riwayat di atas sudah jelas disebutkan bahwa salah satu hal yang bisa dilakukan umat Islam untuk menghindari panasnya api neraka adalah dengan sedekah. Jadi tahu ya begitu istimewa sedekah bagi Allah? Pahalanya sungguh besar hingga bisa menghindarkanmu dari dosa yang menjerumuskan ke neraka.

Menghindarkan dari siksa kubur

“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani)

Jangan sampai salah satu dari kita menjadi orang-orang yang menginjak dan merasakan perihnya siksa kubur. Agar ini tak terjadi, amalan baik tentu tak boleh ditinggalkan. Salah satunya adalah dengan bersedekah. Sebagaimana yang diriwayatkan dalam HR Thabrani, sedekah bisa menghindarkan kita dari siksa kubur. 

Memberikan kelapangan dalam hidup

“Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya melekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari).

Dalam hadits diatas Rasulullah SAW mengibaratkan bahwa mereka yang bersedekah tak akan merasakan kesulitan atau keberatan bahkan ketika mengenakan baju besi sekalipun. Ini tentu menjelaskan bahwa sedekah mampu memberikan kelapangan dalam hidup bagi yang melaksanakannya. 

Melipatgandakan pahala

“Sesungguhnya orang-orang yang menafkahkan sebagian harta mereka, baik laki-laki maupun perempuan, dengan sukarela tanpa disertai dengan mengungkit-ungkit pemberiannya dan tidak menyakiti perasaan orang yang menerima, maka pahala amal perbuatan mereka dilipat gandakan; kebaikan dengan sepuluh kali lipatnya hingga tujuh ratus kali lipat, hingga berlipat-lipat, dan di samping itu mereka mendapatkan pahala yang baik di sisi Allah, yaitu Surga.” (QS. al-Hadid ayat 18)

Begitu istimewa bersedekah di mata Allah SWT. Buktinya, dalam surat Al-Hadid ayat 18 di atas, Allah firmankan bahwa mereka yang bersedekah akan mendapatkan pahala berlipat ganda hingga dapat meraih surgaNya. 

Menghapus dosa-dosa

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).

Tentu tak ada umat Islam yang ingin mendapatkan azab dari Allah SWT. Sebab itu, selama diberi kesempatan untuk bisa bernafas manfaatkan untuk berbuat hal baik. Dalam hal ini, sedekah bisa membuat seorang muslim aman dari api neraka sebab akan dihapuskan dosa-dosa mereka saat bersedekah. 

Ada beberapa hadits lain yang menyebutkan tentang betapa sedekah ini begitu disukai oleh Allah. Salah satunya adalah yang diriwayatkan dalam HR Al Baihaqi yaitu “Sesungguhnya Allah SWT itu Maha memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” Jika Allah saja mencintai kedermawanan atau sedekah, tidakkah kamu ingin dicintai Allah dengan berbuat hal yang sama? 

Ada pula sebuah hadits yang menyebutkan tentang sedekah di bulan Ramadhan. Yaitu yang diriwayatkan dalam HR At-Turmudzi dari Anas, “Sedekah paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhan.” Sedekah memang bisa dilakukan kapan saja, namun di bulan Ramadhan pastinya memiliki nilai lebih tersendiri di mata Allah. 

Mumpung masih diberi kesempatan untuk bisa bertemu dengan bulan Ramadhan, mengapa tak mulai bersedekah? Sedekah tak harus bernominal besar, asal diniatkan dengan tulus dan ikhlas maka ia tak kalah bernilai. 

Aplikasi MAQMUR hadir menemani hari-hari kita di bulan suci Ramadhan dengan fitur Islami berupa pengingat shalat, al quran digital, alat qiblat, dan jurnal ibadah. Selain itu, aplikasi MAQMUR juga mengatur transaksi keuangan sesuai prinsip syariah untuk membayar zakat dan bersedekah. Jangan lupa install aplikasi MAQMUR dan menjadi bagian dari kami untuk Hijrah bersama Aplikasi Muslim MAQMUR.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021