7 Keutamaan Makan Sahur, Lebih Dari Sekadar Mengisi Perut Sebelum Puasa

29 April 2021

Menyantap sahur memang bukan salah satu dari rukun berpuasa. Namun sahur diajarkan dan dianjurkan oleh Rasulullah SAW terutama ketika bulan Ramadhan. Bahkan keutamaan makan sahur juga tertuang dalam sebuah hadits riwayat Anas bin Malik yang berbunyi, Rasulullah SAW bersabda “Makanlah sahur karena sungguh di dalamnya terdapat keberkahan.” (HR al Bukhari dan Muslim).

Dapat disimpulkan, bahwa ternyata makan sahur tidak hanya sekadar mengisi perut sebagai persiapan fisik untuk melakukan puasa. Sahur ternyata juga memiliki banyak keutamaan atau manfaat. Salah satunya adalah adanya keberkahan di dalamnya. Selain itu, ada juga keutamaan makan sahur lainnya yang patut kamu ketahui.

Membedakan umat islam dan umat agama lainnya

Puasa tidak hanya dilakukan oleh umat islam saja, tapi juga umat agama lain. Nah, sahur merupakan hal yang membedakan puasa umat islam dengan umat lain. Ini menjadi ciri khas ajaran islam. Mengenai hal ini juga pernah disebutkan dalah hadits, yakni dari Amr bin Ash ra, Rasulullah SAW bersabda, “Pembeda antara puasanya kita dengan puasanya ahlulkitab adalah makan sahur.” (HR Muslim).

Sebagai wujud ketaatan kepada Allah SWT

Dalam surat Al-Baqarah ayat 187 dijelaskan “Makanlah dan minumlah kalian sampai tampak jelas bagi kalian benang putih dari benang hitam yaitu fajar.” Dari ayat tersebut, boleh kita simpulkan bahwa Allah SWT menganjurkan sahur. Karenanya dengan makan sahur sama dengan wujud kita sebagai umat islam untuk taat kepadaNya.

Mendapat nikmat surga jika dibarengi dengan memohon ampun

Dalam surat Ali Imran ayat 17 disebutkan,”Orang yang akan mendapat nikmat surga adalah orang yang sabar, orang yang benar atau jujur, orang yang menginfakkan hartanya dan orang yang memohon ampunan pada waktu sahur.” Maka dapat kita simpulkan bahwa Allah bahkan berfiman bahwa umatNya yang bersahur dan memohon ampunan akan diberi ganjaran surga.

Dikabulkan doanya, diberi ampunanNya

Rasulullah bersabda, “Pada setiap malam, Allah turun ke langit dunia, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman “Siapa yang berdoa kepadaKu akan Ku kabulkan. Siapa yang meminta kepadaKu akan Ku beri. Dan siapa yang memohon ampunan kepadaKu akan Ku ampuni.” (HR Bukhari dan Muslim). Seperti yang kita ketahui, waktu sahur ini memang berada di akhir sepertiga malam, menjelang waktu subuh. Sebesar itu istimewa waktu tersebut bahkan akan dikabulkan doa yang umatNya panjatkan.

Mendapat keberkahan dari sholawat yang dibaca para malaikat

Diriwayatkan dari Abu Said al Khudri, Rasulullah SAW bersabda, “Sahur itu makanan yang berkah, maka dari itu janganlah kalian meninggalkannya walaupun hanya dengan meneguk seteguk air. Karena Allah dan malaikatNya bersholawat kepada orang-orang yang melaksanakan sahur.” Dari sini sudah ditekankan kembali bahwa sahur mengandung keberkahan, bahkan sebisa mungkin jangan meninggalkannya. Minimal minum seteguk air untuk sahur. Dan lagi, terdapat pahala dari sholawat yang dibaca oleh malaikat bagi mereka yang bangun dan melaksanakan sahur.

Sudah Download Aplikasi MAQMUR?

Melatih untuk terbiasa bangun di sepertiga malam

Seperti yang kita tahu, waktu sepertiga malam adalah salah satu waktu dimana doa akan dikabulkan. Dalam waktu ini biasanya sering digunakan untuk sholat malam atau sholat tahajud. Keutamaan sholat tahajud juga banyak sekali mulai dari penghapus dosa hingga menjadi jembatan menuju surga. Sahur, yang dilakukan di akhir sepertiga malam, juga akan menjadi hal yang akan melatih kamu untuk terbiasa bangun di waktu-waktu tersebut.

Menjadi kesempatan untuk beramal

Bulan Ramadhan umumnya dijadikan sebagai kesempatan untuk melakukan amalan baik sebanyak-banyaknya. Bagaimana tidak, ganjaran pahala berlipat akan didapat bagi siapa yang melakukannya. Termasuk salah satunya berhubungan dengan sahur. Kamu mungkin familiar dengan istilah sahur on the road. Biasanya kegiatan ini dilakukan sekelompok orang untuk berbagi makanan sahur. Dengan melakukan ini tentu waktu sahur juga jadi kesempatan untuk beramal dan berbagi dengan sesama. Tak hanya mendapat berkah tapi juga pahala.

Ternyata sahur memang tidak sekadar mengisi perut hingga kenyang untuk berpuasa. Sahur lebih dari itu. Sahur memiliki banyak keberkahan dan juga keutamaan yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021