Keutamaan Istighfar, Perlu Dilakukan Setiap Waktu

30 August 2021

Tahukah kamu bahwa istighfar adalah kalimat yang istimewa? Kalimat ini memiliki arti “Saya mohon ampunan kepada Allah SWT.” yang dianjurkan dilakukan setiap saat. Kono ketika beristighfar maka seseorang tersebut sedang mengakui keberadaannya sebagai manusia yang tak berdaya di hadapan Allah. Apakah kamu sering melakukannya? Sudah tahu apa saja keutamaan istighfar untuk kehidupan? Berikut ini akan diulas lebih lanjut mengenai istighfar.

Hadits Mengenai Istighfar

Ada hadits yang disebutkan berisi tentang keutamaan istighfar. Hadits tersebut berbunyi:

طوبى لمن وجد في صحيفته استغفارا كث

Artinya: “Berbahagialah bagi orang yang mendapati dalam catatan amalnya penuh dengan istighfar” (HR. Al Baihaqi, Imam Ahmad dalm Az Zuhd dan Dishahihkan Syaikh Al Albany. Shahih Al Jami’ no. hadits 3930).

Keutamaan Istighfar, Ketahui dan Jadikan Inspirasi Untuk Amalkan

Sebagai umat Islam kamu perlu tahu bahwa istighfar tidak hanya sekadar memohon ampunan namun juga pengakuan tentang manusia tentang keberadaan dirinya yang lemah serta keagungan Allah SWT. Istighfar juga memiliki banyak keutamaan, di antaranya sebagai berikut :

  • Sebagai penghapus dosa

Dalam sebuah firman Allah disebutkan bahwa dengan beristighfar, seorang hamba dapat terhindar dari azab karena kalimat ini dapat menghapus dosa. Ini dijelaskan dalam surat Al Anfal ayat 33 dimana berbunyi “Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun.” Kemudian ditegaskan kembali dari Ibnu taimiyah ra yang juga berkata:

“Allah Ta’ala mengabarkan, bahwa Allah Ta’ala tidak akan mengazab orang yang beristighfar (memohon ampun dari dosa). Karena istighfar itu akan menghapus dosa yang dosa itu sendiri merupakan penyebab datangnya adzab, sehingga adzab itupun sirna dengan cepat.”

  • Diberikan kenikmatan yang baik

Jika diucapkan dengan tulis dan ikhlas, istighfar bisa membuatmu mendapatkan balasan berupa nikmat yang baik. Hal ini sebagaimana tertuang dalam surat Hud ayat 3 yang bunyinya:

“Dan minta ampunlah kepada Robb kalian, dan bertaubatlah. Niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik kepadamu sampai kepada waktu yang sudah ditentukan, dan Dia akan memberikan kepada hambanya yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat.”

  • Diturunkan hujan sebagai berkah

Banyak sekali bentuk keberkahan yang diberikah oleh Allah SWT. Salah satunya adalah berupa turunnya hujan. Disebutkan dalam surat Hud ayat 52, jika senantiasa beristighfar maka seorang muslim akan diberkahi dengan hujan. Selengkapnya:

“Dan (dia berkata): ‘Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu. Lalu bertaubat lah kepada-Nya, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang deras untukmu. Dia akan menambahkan kekuatan di atas kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling menjadi orang yang berdosa”

Fitur islami terlengkap ada di aplikasi MAQMUR. Download di ponselmu, sekarang!

  • Akan dikabulkan doa yang diinginkan

Ada banyak amalan yang bisa dilakukan oleh seorang muslim agar doanya dikabulkan. Istighfar adalah salah satunya. Disebutkan dalam firman Allah sebagai berikut:

“Shaleh berkata : ‘Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia telah menciptakan kamu dari tanah dan menjadikan kamu pemakmurnya. Karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertaubatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku amat dekat rahmat-Nya, dan maha mengabulkan doa-doa hamba-Nya.” (Hud: 61)

  • Diberi rezeki yang melimpah

Sering kali kita memanjatkan doa agar diberi rezeki yang melimpah. Oleh karenanya jangan sampai kalimat istighfar terlupakan dalam doa yang kamu sebutkan. Sebab kalimat ini adalah salah satu jalan agar kamu diberi rezeki yang melimpah dan sekaligus berkah. Sebagaimana disebutkan dalam surat Nuh ayat 10-12:

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu. Sesungguhnya Dia adalah Maha pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat dan memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.”

  • Dimudahkan urusan

Dalam hidup sering kali kita menemui urusan yang sulit dan menyusahkan. Kalimat istighfar bisa kamu ucapkan demi mendapatkan kemudahan dalam mengatasi perihal tersebut. Seperti sabda Rasulullah berikut ini:

“Barangsiapa yang memperbanyak istighfar, Allah akan melapangkan kesusahannya, mengeluarkannya dari kesempitan dan memberinya rizki dari jalan yang tidak disangka-sangka.” (HR Muslim).

BACA JUGA: Ini 5 Keutamaan Bersedekah Diam-Diam

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Lewat Depan Orang Shalat, Apa Hukumnya? 24 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Mengapa Harus Hafal Asmaul Husna? 22 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Tahan Emosi Saat Internet Lemot, Ini Balasan Bagi Orang Sabar 21 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Shalat Sunnah Ba’diyah, Ini Keutamaannya 18 September 2021