Keutamaan Bulan Ramadhan, Dari Turunnya Al-Qur’an Hingga Malam Lailatul Qadar

6 April 2021

Keberuntungan bagi seseorang yang memperbaiki dirinya sebelum datangnya Ramadhan.

Lathaiful Ma’arif, hlm. 138

Assalamualaikum Brother and Sister Maqmur

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang amat ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Berkah dan kemuliaan ditumpahkan oleh Allah SWT hingga berlimpah ruah. Ini juga merupakan waktu yang paling tepat untuk berbuat kebaikan demi mendapatkan ganjaran pahala yang berlipat-lipat. Meski sedang dilanda pandemi yang entah kapan akan usai, nikmatnya bulan Ramadhan tak berkurang. Semoga. 

Menjelang bulan suci Ramadhan, ada baiknya kamu mulai mempersiapkan diri. Tak hanya bersiap mental dan juga kesehatan, namun juga tentang pengetahuan. Tahukah kamu apa saja keutamaan bulan Ramadhan? Ingat kembali perihal ini mungkin bisa makin membuatmu bersemangat menyambut bulan suci Ramadhan.

Berikut penjelasannya tersedia untukmu.

Bulan Ramadhan, Bulan Diturunkannya Al-qur’an

Salah satu keutamaan bulan Ramadhan adalah syahrul Qur’an atau bulan Al-qur’an. Bulan suci ini merupakan waktu dimana diturunkannya Al-qur’an. Sebagaimana yang disebutkan dalam Al-qur’an surat Al-Baqarah ayat 185, “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)”. Terbukti nyata betapa mulia dan utamanya bulan Ramadhan ini. 

Bulan Ramadhan, Bulan Penuh Berkah

Sering kamu dengar bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah. Ini sejalan dengan sebutan bulan suci ini sebagai bulan syahrun mubarak atau bulan keberkahan. Dalam HR. Agmad, An-NasaI dan Al-Baihaqi, Nabi Rasulullah SAW bersabda “Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian” Juga disebutkan bahwa di bulan ini akan dilipatgandakan pahala bagi yang melakukan kebaikan.

Baca: Menjelang Puasa 2021, Ketahui Hukum Bayar Hutang Puasa

Bulan Ramadhan, Bulan Penuh Pengampunan

Dalam HR Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Sholat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadhan ke Ramadhan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi.” Diampunkan dosa-dosa bagi mereka yang melaksanakan puasa di bulan Ramadhan. Sebab itu, bulan Ramadhan harus dijadikan ajang memohon ampunan kepada Allah SWT. Serta menimbun pahala sebanyak-banyaknya. 

Bulan Ramadhan, Bulan Dibukanya Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka

Maha Baik Allah SWT menjadikan bulan Ramadhan tak hanya penuh dengan berkah dan pengampunan namun juga kesempatan bagi hambaNya. Bulan Ramadhan menjadi waktu dimana pintu surga dibuka selebar-lebarnya dan pintu neraka ditutup. Ada baiknya jika kesempatan ini kita gunakan untuk memupuk kebaikan demi ganjaran pahala yang sebanyak-banyaknya. Semoga Allah balas dengan surgaNya.

Baca: 5 Rekomendasi Resolusi Tahun Baru Islam untuk Kamu

Bulan Ramadhan, Dilipatgandakan Pahala Dari-Nya

Dalam sebuah riwayat Ibnu Rajab rahimahullah berkata, Abu Bakr bin Abi Maryam mengatakan jika banyak guru-gurunya berkata, “Apabila telah tiba bulan Ramadhan, maka perbanyaklah berinfaq, karena infaq di bulan Ramadhan dilipatgandakan bagaikan infaq di jalan Allah, dan tasbih di bulan Ramadhan lebih utama daripada tasbih di bulan yang lain.” Betapa besar keutamaan bulan Ramadhan. Bahkan disebutkan juga Rasulullah pernah bersabda, “Pahala umrah pada bulan Ramadhan menyamai pahala ibadah haji.” (HR. Bukhari dan Muslim). 

Bulan Ramadhan, Bulan Dimana Malam Lailatul Qadar terjadi

Di salah satu malam di hari-hari terakhir bulan Ramadhan, terjadilah malam Lailatul Qadar. Ini adalah malam yang disebut sebagai malam yang lebih baik dari seribu malam. Di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan inilah Alquran diturunkan. Biasanya, di waktu-waktu ini akan ramai dan penuh masjid ditinggali muslim yang ingin itikaf atau makin khusyu mendekatkan diri kepadaNya. Tak salah, ini adalah waktu tepat untuk mendapatkan berlipat-lipat pahala dariNya.

Baca: Hikmah Puasa Ramadhan, Dari Pahala Hingga Kesehatan

Bulan Ramadhan, Bulan Ketika Doa-doamu Dikabulkan

Dari banyaknya waktu yang ada di dunia ini, bulan Ramadhan menjadi bulan dimana doa-doa yang kamu panjatkan lebih mustajabah atau akan dikabulkan oleh Allah SWT. Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda “Tiga orang yang doanya tidak ditolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang terdzolimi.” (HR. at Tirmidzi). Tak boleh lepas kesempatan ini. Ketika datang, perbanyaklah memanjatkan doa-doa baik agar dikabulkan olehNya nanti. 

Melihat begitu banyak keutamaan bulan Ramadhan, tak heran jika setiap tahunnya bulan ini selalu dinanti oleh umat Islam di dunia. Semoga tahun ini kita dipertemukan dengan bulan suci yang penuh dengan berkah dan pengampunan ini. 


Aplikasi MAQMUR hadir menemani hari-hari kita dalam mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan dengan fitur Islami berupa pengingat shalat, al quran digital, alat qiblat, dan jurnal ibadah. Selain itu, aplikasi MAQMUR juga mengatur transaksi keuangan sesuai prinsip syariah untuk membayar zakat dan bersedekah. Jangan lupa install aplikasi MAQMUR dan menjadi bagian dari kami untuk Hijrah bersama Aplikasi Muslim MAQMUR.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami