Keutamaan Bulan Rabiul Akhir Yang Akan Segera Datang

5 November 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Setelah habis bulan rabiul awal yang merupakan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, kini tiba saatnya bulan rabiul akhir datang. Ini adalah bulan keempat dalam hitungan penanggalan hijriyah umat islam. Seperti bulan-bulan lain, rabiul juga memiliki keutamaan yang tak boleh dilewatkan oleh umat islam. Apa saja ya keutamaan bulan rabiul akhir?

Nah sebelumnya kamu perlu tahu nih bahwa nama rabiul akhir itu memiliki makna. Ini merupakan waktu dimana musim bunga sedang bermekaran dan tumbuhan sedang tumbuh subur. Nah apakah ada kaitannya dengan keutamaan yang dimiliki? Daripada penasaran, mending langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Keutamaan Bulan Rabiul Akhir

Pada bulan Rabiul Akhir ternyata banyak terjadi perang, di antaranya antara Rasulullah dengan Bani Nadhir dari kaum Yahudi. Dari peristiwa tersebut, hikmahnya adalah agar kita makin cinta kepada sesama. Oleh karenanya, ada beberapa keutamaan untuk bulan rabiul akhir seperti:

Giat Menjalankan PerintahNya

Sudah sepatutnya sebagai umat Islam untuk senantiasa menjalankan perintah Allah, terutama yang sifatnya wajib. Dalam hadits juga disebutkan bahwa shalat menjauhkan seorang muslim dari kufur. Ada juga firman Allah yang sebutkan bahwa tidak akan seorang kaum berubah jika tidak dirinya sendiri yang mengubah.

Bersedekah

Hikmah dari banyaknya perang yang pernah terjadi di bulan rabiul akhir adalah agar kita membangun rasa cinta kepada sesama. Salah satu caranya adalah dengan bersedekah. Sedekah biasanya diberikan pada fakir miskin, anak yatim atau mereka yang tengah membutuhkan. Selain sedekah, kamu juga bisa menyumbang untuk jariyah seperti untuk masjid, sekolah, tempat pengajian atau tempat ibadah lainnya.

Rutin Shalat Jamaah

Tidak hanya menambah pahala 27 derajat, shalat berjamaah juga penting untuk kebutuhan sosial. Dengan rutin shalat jamaah, solidaritas terhadap sesama jadi makin terjaga. Tahukah kamu jika kehancuran Islam adalah saat muslim yang berjamaah subuh kian sedikit?

Membaca Doa Tolak Bala

Adapun doa yang bisa dibaca yaitu:

Allahumma Ya Kaafiyal Bala’, Ikfinal Bala’, Qobla nuzulihi minas sama’ Yaaa Allah.

atau

Allahumma idfa’ anna Al gholaa’a, wal balaa’a, wal wabaa’a, wal fakhsyaa’a, wal munkara, was suyufal mukhtalifata, wasy sydaaida wal mikhana ma dhoharo minha wama bathona min baladina haadza khoshotan wa min baldani muslimiina Amatan innaka Ala kulli syai’in Qodiir.

Makin Mendekatkan Diri Kepada Allah

Yang tak kalah penting dilakukan di bulan rabiul akhir adalah makin mendekatkan diri kepada Allah. Kamu bisa melakukannya dengan melaksanakan perintah dan menjauhi larangan. Selain itu, banyak juga amalan yang bisa dilakukan untuk selalu mengingat Allah dan sifat-sifatNya.

Peristiwa penting di bulan Rabiul Akhir

Waktu Diturunkannya Surat Al-Hasyr

Al-Hasyr memiliki arti ‘pengusiran’ adalah surat ke-59 dalam Al-quran. Dalam surat ini dijelaskan bagaimana kisah Bani Nadhir yaitu kabilah dan perkampungan kaum Yahudi. Kasus ini terjadi di tahun keempat hijriyah, tepatnya setelah perang Uhud dan sebelum perang Ahzab. Kisahnya, Bani Nadhir diusir oleh Rasul dari Madinah. Hal ini disebabkan karena mereka berusaha melakukan tipu muslihat dalam urusan ekonomi.

Rasulullah Pernah Hampir Dibunuh

Tak sekadar tipu muslihat, Bani Nadhir juga berencana melakukan pembunuhan terhadap Rasulullah. Saat itu dikisahkan Rasulullah mendatangi Bani Nadhir dengan 10 orang sahabat. Di antara sahabatnya tersebut ada Abu Bakar, Umar dan Ali. Beliau hendak meminta Bani Nadhir untuk membayar diyah dua orang yang terbunuh sesuai kesepakatan. Namun ternyata beberapa orang Bani Nadhir justru merencanakan untuk membunuh Rasulullah dan para sahabat. Beruntung Rasulullah mendapat ilham tentang hal tersebut sehingga beliau pun memberikan perintah agar para sahabat melakukan perang.

Terjadi Beberapa Perang

Pada bulan rabiul akhir pernah terjadi beberapa perang di antaranya adalah perang al-Ghabah yang terjadi di tahun ke-6 Hijriyah. Perang ini terjadi karena adanya penyerangan oleh Unaynah bin Hizn Al Farizi yang merampas unta-unta Rasulullah. Ada juga perang al-Ghamar dimana Bani Asad menyerang Rasulullah. Selain itu, ada juga perang Damsyik yang terjadi pada tahun ke-14 Hijriyah. Perang ini terjadi selama 70 hari dimana pasukan Islam diperintahkan mengancurkan kota Damsyik. Ada juga perang Jamal yang terjadi karena Aisyah dan pasukannya ingin membalas pembunuhan Utsman bin Affan.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021