Ketahui Tata Cara Berdoa Agar Dikabulkan Allah SWT

29 July 2021

Demi mendapatkan keinginan atau dikabulkan permintaannya, seorang muslim dianjurkan untuk melakukan tiga hal. Yaitu usaha atau ikhtiar, doa dan juga tawakal. Ketika usaha telah dilakukan, doa kemudian dipanjatkan. Doa bisa diucapkan kapan saja, namun sering kali dipanjatkan setelah selesai sholat. Sebenarnya, ada yang namanya tata cara berdoa.

Tata cara berdoa ini bisa kamu praktekkan agar doa yang kamu panjatkan dikabulkan oleh Allah SWT. Begini penjelasan selengkapnya.

Ayat alquran tentang berdoa kepada Allah SWT

Ahli fiqih, ahli hadits dan ulama menyebutkan bahwa berdoa hukumnya adalah sunnah. Meski begitu, berdoa juga merupakan hal yang diperintahkan oleh Allah SWT. Ini terlihat dalam firman Allah yaitu surat Ghafir ayat 60 :

Wa qāla rabbukumud’ụnī astajib lakum, innallażīna yastakbirụna ‘an ‘ibādatī sayadkhulụna jahannama dākhirīn

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.”

Tata cara berdoa

Dalam NU Online juga dijelaskan bahwa ada setidaknya 15 adab dan tata cara berdoa yang bisa dilakukan agar permohonan yang dipanjatkan bisa dikabulkan oleh Allah SWT. Berikut ini adalah ringkasannya :

  1. Memakan yang halal.
  2. Meyakini ijabah doanya.
  3. Menjaga hati agar tidak lalai saat berdoa.
  4. Tidak meminta sesuatu yang mengandung dosa.
  5. Tidak meminta sesuatu yang dapat memutuskan silaturahmi.
  6. Tidak meminta sesuatu yang dapat menyia-nyiakan hak umat Islam.
  7. Tidak meminta sesuatu yang mustahil secara umum.
  8. Memanfaatkan waktu-waktu yang afdhal dalam berdoa, yaitu waktu sujud dan waktu jeda antara azan dan iqamah.
  9. Wudhu dan shalat terlebih dahulu sebelum berdoa.
  10. Menghadap kiblat dan mengangkat tangan saat berdoa.
  11. Tobat dan mengakui dosa terlebih dahulu sebelum berdoa.
  12. Ikhlas dalam berdoa.
  13. Membuka doa dengan tahmid dan shalawat nabi.
  14. Mengakhirinya dengan shalawat nabi.
  15. Membaca shalawat nabi di tengah doa.

BACA : Ikhtiar, Doa Dan Tawakal Adalah Kunci Sukses Dunia Akhirat

Selain itu, ada juga hal-hal pendukung seperti waktu doa itu dipanjatkan. Ternyata hal tersebut bisa makin membuat sebuah doa terkabulkan. Dikutip dari NU Online, Imam Ghazalai dalam Ihya Ulumuddin menyebutkan :

Hendaklah mengamati atau memilih waktu-waktu yang baik untuk berdoa. Di antara waktu yang baik berdo’a adalah hari Arafah, puasa Ramadhan, hari Jum’at, dan waktu menjelang Subuh.

Imam Ghazali kemudian menambahkan :

Hendaklah mempergunakan kesempatan berdoa pada keadaaan-keadaan yang mulia. Berdasarkan hadis riwayat Abu Hurairah, “Sesungguhnya pintu-pintu langit dibuka ketika perang fi sabilillah berkecamuk, turunnya hujan, ketika sholat wajib, maka perbanyaklah berdoa pada waktu itu.”  Laiknya ibadah pada umumnya, doa juga memiliki waktu dan momen tertentu yang dianggap lebih utama dibanding waktu yang lain. Perlu digarisbawahi, hal ini bukan bermaksud untuk membatasi substansi doa itu sendiri. Sebab bagaimanapun, doa bisa dilakukan kapan dan di mana saja.

Kurang lebih penjelasan di atas adalah waktu-waktu yang baik untuk memanjatkan doa. Meski sebenarnya doa bisa dilakukan dimana saja.

Cara Allah SWT kabulkan doa umat-Nya

Dikutip dari situs NU Online, Imam Al-Baijuri dalam kitab Tuhfatul Murid ‘ala Jauharatit Tauhid menyebutkan bahwa ada setidaknya tiga cara Allah dalam mengabulkan doa umat-Nya. Cara-cara tersebut adalah :

  • Allah kabulkan sesuai dengan permintaan dan disampaikan dalam waktu secepatnya.
  • Allah kabulkan sesuai dengan permintaan namun ditunda pemberian atau pengabulannya.
  • Allah kabulkan doanya namun dalam bentuk lain, yang mungkin tidak sesuai dengan apa yang diminta.

Apapun dan bagaimanapun cara Allah mengabulkan doanya, hanya Allah yang tahu mana yang terbaik untuk umat-Nya. Pun jika tidak dikabulkan sesuai dengan yang diinginkan, Allah pasti memiliki alasan dan memberikan hikmah yang menurut-Nya adalah terbaik. Oleh karenanya, setelah berdoa dengan sungguh-sungguh sebaiknya kita bertawakal atau berserah diri kepada Allah. Dengan begitu, apapun jawaban Allah tidak akan menimbulkan kecewa atau sakit hati.

Sempurnakan ibadah dengan fitur islami di aplikasi Maqmur. Download sekarang juga!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021