Keistimewaan Bulan Ramadhan Dibandingkan dengan Bulan Lainnya

7 April 2021

Sebagai umat Islam, tentu kamu tahu kalau bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa. Ramadhan merupakan momen sekali setahun yang kehadirannya dinanti dan dirindukan. Saat bulan suci ini datang, umat Islam berlomba-lomba melakukan banyak kebaikan demi meraih keistimewaan bulan Ramadhan. Meski begitu, tidak jarang ada saja ujian dalam berbuat kebaikan baik disengaja maupun khilaf. 

Bagi mereka yang khilaf, mudah untuk kembali mendekatkan diri padaNya. Lalu, bagaimana dengan mereka yang sengaja tidak memanfaatkan momentum Ramadhan? Sungguh mereka termasuk dalam golongan yang merugi. Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh keistimewaan, bahkan lebih dari bulan-bulan lainnya. Di bawah ini, sudah kami rangkumkan apa saja keistimewaan bulan Ramadhan. Semoga nantinya akan menginspirasimu agar lebih khidmat menjalankan ibadah di bulan suci yang kian mendekat. 

Turunnya Al-quran terjadi di bulan Ramadhan

Menurut surat Al-Baqarah ayat 185,  “Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan bagi petunjuk, dan furqan (pembeda).” Lalu, bagaimana bulan Ramadhan tidak disebut istimewa? Di waktu inilah kitab suci Al-quran diturunkan. Sebab itulah, renungkan dan mari melatih diri untuk rutin membaca Al-quran saat Ramadhan tiba nanti. 

Adanya malam Lailatul Qadar

Yang menjadikan bulan Ramadhan sangat istimewa adalah karena adanya malam Lailatul Qadar di dalamnya. Ini adalah malam diturunkannya ayat-ayat pertama Al-quran kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Kala itu, dikisahkan Nabi Muhammad sedang dalam perenungan di pengasingan. Di salah satu malam yaitu malam Lailatul Qadar, malaikat Jibril menampakkan diri dan menyerukan ‘Iqra!’ yang berarti ‘Bacalah!’

“Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al Quran) pada malam lailatul qadar. Tahukah kamu, apakah malam qadar itu? Malam qadar adalah lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu, turunlah malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Tuhan mereka, (membawa segala urusan), (seluruh malam itu) sejahtera sampai terbit fajar.” Surat Al-Qadr 97, 1-5. 

Pahala dan kebaikan akan dilipat gandakan 

Setiap perbuatan baik pasti mendapat ganjaran pahala dariNya. Terlebih di bulan Ramadhan, akan dilipatgandakan pahalaNya untukmu untuk setiap amal baik yang kamu lakukan. Sangat istimewa bukan? Karena itu, jangan lewatkan untuk berbuat baik sebanyak mungkin ketika bulan suci tiba. Banyak yang bisa kamu lakukan baik amalan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Contohnya, rutin beribadah baik wajib maupun sunnah, membagikan hidangan buka puasa bagi yang membutuhkan dan memberikan sedekah. 

Doa-doa yang dikabulkan

Allah mengabulkan doa-doa hambaNya karena Allah bersifat Maha Mendengar. Terlebih di bulan Ramadhan ketika umatNya tak henti memohon ampunan, memanjatkan doa di bulan suci adalah saat yang tepat. Ada banyak waktu yang mustajab untuk berdoa di bulan Ramadhan. Tentu doa yang kamu panjatkan mesti merupakan doa yang ikhlas dan baik. 

Waktu-waktu yang paling tepat untuk berdoa di bulan Ramadhan adalah ketika sahur, berbuka puasa, sepertiga malam, setelah ibadah sholat dan ketika menjalani itikaf. Meski begitu, kapanpun kamu berdoa di bulan Ramadhan insya Allah akan dikabulkan karena sepanjang waktu berpuasa adalah waktu yang penuh dengan kebaikan. 

Saat segala dosa diampunkan

Manusia merupakan tempatnya salah dan khilaf. Pastilah pernah melakukan dosa secara sengaja atau tidak sengaja. Dengan begitu, mengapa tak memohon ampunanNya? Banyak cara untuk memohon ampunan dosa, misalnya dengan melakukan amalan baik. Tahukah kamu jika di bulan Ramadhan amalan baik yang kamu lakukan bisa menjadi pelebur dosa? Hal ini sesuai dengan hadis berikut ini : 

Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni”. (HR. Bukhari No. 38 dan Muslim no. 760)

Merugilah mereka yang tidak memanfaatkan bulan suci Ramadhan untuk mendapatkan banyak pahala dan keberkahan. Tahun ini mungkin kita bisa bertemu dengan bulan penuh rahmat, tapi bagaimana dengan tahun depan? Tidak ada yang tahu. 

Setelah mengetahui betapa istimewa yang dimiliki oleh bulan Ramadhan, apakah kamu masih ingin terlena dan tak mengejar pahalaNya? Semoga tulisan ini menginspirasi kamu untuk melakukan ibadah bulan Ramadhan dengan makin khidmat. 


Aplikasi MAQMUR hadir menemani hari-hari kita dalam mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan dengan fitur Islami berupa pengingat shalat, al quran digital, alat qiblat, dan jurnal ibadah. Selain itu, aplikasi MAQMUR juga mengatur transaksi keuangan sesuai prinsip syariah untuk membayar zakat dan bersedekah. Jangan lupa install aplikasi MAQMUR dan menjadi bagian dari kami untuk Hijrah bersama Aplikasi Muslim MAQMUR.


Baca Juga:

Ide Kultum Ramadhan untuk Kalangan Millenial

Camilan yang Biasa Disantap Saat Berbuka Puasa

Deretan Artis yang Punya Kisah Inspiratif Hijrah dari Riba

Hal yang Membatalkan Puasa, Ramadan Ini Bisa Yuk Puasa Penuh

Hikmah Puasa Ramadhan, Dari Pahala Hingga Kesehatan

Keutamaan Bulan Ramadhan, Dari Turunnya Al-Qur’an Hingga Malam Lailatul Qadar

Menjelang Puasa 2021, Ketahui Hukum Bayar Hutang Puasa

Ucapan Menyambut Ramadhan, Pas Untuk Diberikan Ke Keluarga dan Teman

5 Langkah untuk Memulai Hijrah secara Finansial

Apa Bedanya Bank Syariah dengan Bank Konvensional?

Apa Saja Produk Investasi Syariah dan Keuntungannya?

Baca Juga Artikel Terbaru Kami