Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini

30 November 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Secara bahasa, niat adalah keinginan atau al-qashd. Niat juga diartikan sebagai maksud atau kehendak. Kehidupan seorang muslim bisa dikatakan selalu lekat dengan niat, sebab sebelum ibadah seperti shalat, salah satu rukunnya adalah membaca niat terlebih dahulu. Ini menjadi bukti kecil bahwa niat sebelum tindakan merupakan suatu hal yang penting.

Pada dasarnya, niat hadir sebagai pembeda antara apakah perbuatan yang dilakukan merupakan ibadah atau bukan. Mengenai niat sendiri, Rasulullah juga bersabda:

Dari Umar, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: “Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan; barangsiapa niat hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya adalah kepada Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa niat hijrahnya karena dunia yang ingin digapainya atau karena seorang perempuan yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya adalah kepada apa dia diniatkan.

(HR. Bukhari) [ No. 54 Fathul Bari] Shahih.

Salah satu ibadah atau kegiatan yang biasa diawali dengan niat adalah membaca Al-qur’an. Niat yang dimaksud adalah keinginan untuk mendapatkan petunjuk dari Allah, mendekatkan diri padaNya serta mencari ridhaNya. Namun ternyata dalam praktiknya, sering kali kita memiliki niat lain untuk membaca Al-qur’an. Semestinya niat-niat ini tidak kita miliki saat akan membaca Al-qur’an.

Apa sajakah itu?

Mempelajari Makna Tanpa Melihat Arti

Bahasa, gaya bahasa, sejarah sampai etika yang ada dalam Al-qur’an memang sangat menarik untuk dipelajari. Namun jangan sampai terlena dengan mempelajari itu semua sehingga ketika membaca Al-qur’an justru tak membuatmu tersentuh oleh arti dan pesan yang ada di dalamnya.

Mencari Pembenaran Untuk Argumen

Sering kali, manusia mencari penggalan-penggalan di dalam Al-qur’an dan menggunakannya untuk pembenaran atas apa yang ia anggap benar, padahal belum tentu. Misalnya kamu memiliki pandangan, doktrin atau yang serupa kemudian menjadikan Al-qur’an sebagai alibi atau dukungan pembenarannya. Jika kamu melakukan ini secara lalai, ini adalah tanda bahwa kamu menjadikan Al-qur’an bukan sebagai suara Allah melainkan dirimu sendiri. Dan tentu, ini tidak diperbolehkan.

Mendapatkan Keuntungan Yang Sifatnya Duniawi

Demi nama, harga diri, status sampai harta sering kali membuat seseorang menjadi buta. Yang terburuk jika hal tersebut dilakukan dengan menggunakan Al-qur’an. Tentu saja ini tindakan yang tidak dibenarkan sebab nantinya kamu bisa menerima kerugian atau kehancuran yang lebih besar karena telah menyalahgunakan Al-qur’an yang merupakan kitab suci.

Perlu disadari dengan sungguh-sungguh bahwa membaca Al-qur’an membaca banyak sekali pahala bagi yang melakukannya. Tapi itu bisa menjadi sia-sia jika membaca Al-qur’an diawali dengan niat yang salah bahkan bersifat melecehkan.

Sudah sepatutnya kita memahami bahwa Al-qur’an sejatinya adalah petunjuk hidup yang akan membimbing setiap muslim yang membacanya agar dapat hidup dengan selamat dunia dan akhirat. Oleh karena itu, setiap membaca Al-qur’an baiknya kita berniat hanya demi mencari ridhaNya semata.

Doa Sebelum Membaca Al-qur’an

Selain memiliki niat untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mendapatkan ridhaNya, sebelum membaca Al-qur’an sebaiknya kita membaca:

Allahummaftah ‘alayya hikmataka wansyur ‘alayya rohmataka wadzakkirnii maa nasiitu yaa dzaljalaali wal ikroom.

Artinya:

Ya Allah, bukakanlah hikmah-Mu kepadaku, bentangkanlah rahmat-Mu kepadaku, dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupakan wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan

Selain itu, ada juga adab yang bisa dilakukan ketika membaca Al-qur’an seperti:

  1. Suci dari hadas kecil atau besar.
  2. Menghadap ke arah kiblat.
  3. Berada di tempat yang bersih dan suci.
  4. Menutup aurat.
  5. Membaca ta’awudz.
  6. Membaca basmalah.
  7. Menggunakan tartil dan khusyu’.
  8. Memperhatikan tajwid dan makahrijul setiap hurufnya.
  9. Membaca ‘shadaqallahul azhiim‘ ketika telah selesai.

Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Maqmur ya sahabat, ada beberapa fitur yang bisa membantu kamu dalam beribadah seperti Pengingat ShalatPenunjuk Arah KiblatAl-qur’an DigitalJurnal Ibadah, dan Zakat. Download sekarang juga di Google Play!