Jadwal Puasa Ayyamul Bidh di Bulan Muharram

23 August 2021

Tahukah kamu bahwa sunnah hukumnya untuk melakukan puasa di tanggal 13 hingga 15 pada setiap bulan di kalender hijriah? Termasuk juga di bulan pertama seperti sekarang ini, ibadah sunnah puasa ayyamul bidh di bulan muharram juga bisa dilakukan. Terlebih, bulan Muharram termasuk dalam salah satu bulan haram dimana sangat dianjurkan untuk memperbanyak amal dan ibadah.

Mengenai ayyamul bidh memiliki arti hari yang putih. Sebab di hari-hari tersebut, pada malam harinya akan dihiasi dengan sinar bulan purnama yang terang dan berwarna putih. Tentang puasa ini juga sering disebutkan dalam hadits, di antaranya:

  • Dari Abu Hurairah RA,  ia berkata: “Kekasihku (yaitu Rasulullah SAW) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: 1) berpuasa tiga hari setiap bulannya, 2) mengerjakan sholat Dhuha, 3) mengerjakan sholat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari no. 1178)
  • Dari Abu Dzar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda padanya: “Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” (HR. Tirmidzi no. 761 dan An Nasai no. 2425.)

Keutamaan puasa ayyamul bidh

Dengan menunaikan puasa di tiga hari pada ayyamul bidh, kamu bisa mendapatkan berbagai keutamaan seperti yang dijelaskan di bawah ini:

  • Pahala setara dengan puasa satu tahun penuh

Salah satu yang menjadikan puasa ini istimewa adalah janji pahala yang diberikan dimana nilainya setara dengan puasa satu tahun penuh. Ini disebutkan dalam sebuah hadits berbunyi:

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah SAW bersabda: “Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.” (HR. Bukhari no. 1979)

  • Menunaikan anjuran Rasulullah

Sebagai umat Islam tentu ingin melaksanakan apa yang menjadi anjuran Rasulullah. Salah satu yang dianjurkan olehnya adalah puasa sunnah ini. Sebagaimana pernah dikisahkan dan tertuang dalam sebuah hadits:

“Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” – HR. At-Tirmidzi.

  • Dijanjikan surga ar-rayyan oleh Allah

Mereka yang melakukan puasa semasa hidupnya akan dijanjikan sebuah surga khusus bernama ar-rayyan. Diriwayatkan dalam sebuah hadits bahwa pintu surga ini hanya bisa dilewati oleh mereka yang melaksanakan puasa. Pada hari akhir kelak, umat akan diseru “Mana orang yang berpuasa?” Lantas, mereka yang berpuasa akan berdiri dan dibukakan pintu surga ar-rayyan. Setelah semua umat yang berpuasa masuk ke dalam surga tersebut, pintu akan tertutup.

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh di Bulan Muharram

Seperti yang disebutkan sebelumnya, puasa ini dilakukan di setiap tanggal 13 hingga 15 setiap bulannya. Oleh karena itu, puasa ayyamul bidh di bulan muharram pada tahun 1443 H kali ini akan berlangsung pada 22 hingga 24 Agustus 2021.

Sempurnakan ibadah dengan fitur islami di aplikasi Maqmur. Download sekarang juga!

Tata cara puasa ayyamul bidh

Puasa ayyamul bidh dilakukan seperti puasa sunnah pada umumnya. Sunnah hukumnya untuk sahur pada puasa ini. Selain itu, sebelum melakukan puasa ini kamu bisa membaca niat terlebih dahulu.

“Nawaitu shouma ghadin ayyamal bidhi sunnatan lillahi ta’ala”

Artinya: “Saya niat berpuasa besok pada ayyamul bidh sunah karena Allah Ta’ala.”

WAJIB BACA: Amalan Sunnah Bulan Muharram Untuk Maknai Tahun Baru

Memperbanyak amalan di bulan Muharram bisa dilakukan salah satunya dengan melakukan puasa ayyamul bidh. Selain mendapatkan berbagai keutamaan, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lain seperti badan jadi lebih sehat dan dapat lebih mengontrol diri dan emosi.

Oleh karena itu, jangan lewatkan tanggal-tanggal ini dan pasang alarm ya!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021