Istimewanya Kucing Dalam Islam, Kesayangan Rasulullah

11 June 2021

Dari sekian banyaknya hewan yang bisa dijadikan peliharaan, kucing merupakan salah satu yang jadi favorit. Tingkahnya lucu, sifatnya setia dan rupanya yang menggemaskan sering kali menjadi alasan kucing menjadi hewan peliharaan di rumah. Dalam Islam, kucing ternyata termasuk hewan yang istimewa. Bagaimana tidak, Nabi Muhammad SAW saja memiliki kucing yang dinamai Muezza dan sangat menyayanginya.

Ingin tahu bagaimana kucing adalah hewan yang istimewa dalam Islam? Mari kita baca hadits-hadits yang membicarakan tentang kucing di bawah ini.

Kucing dalam Islam tidaklah najis

Tahukah kamu bahwa kucing dikagumi karena kebersihannya? Karena itu, kucing selalu diizinkan untuk dibawa masuk ke dalam rumah bahkan masjid. Tentang kebersihan kucing ini ternyata juga tertuang dalam hadits. Salah satunya adalah hadits riwayat Tirmidzi yang berbunyi, “Kucing itu tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita.”

Selain itu, ada juga hadits-hadits lain yang berseru serupa. Seperti hadits riwayat Muslim, “Kucing termasuk perhiasan rumah tangga, ia tidak dikotori sesuatu”.  serta hadits riwayat Malik, “Kucing adalah binatang yang badan, keringat, bekas sisa makanan, serta air lirnya adalah suci. Air liurnya bahkan bersifat membersihkan. Hidupnya lebih bersih dari manusia. “

Tentang perlakuan baik terhadap kucing dalam Islam

Sebenarnya, kita sebagai manusia patut berbuat baik pada makhluk Tuhan lainnya, termasuk pada hewan apa saja. Sebab, Nabi berkata “Dalam setiap makhluk hidup ada pahala.” (HR Al-Bukhari). Termasuk juga pada kucing, ada sebuah hadits yang menceritakan tentang wanita yang menyiksa kucing.

Dari ibnu Umar RA Nabi Muhammad SAW bersabda “Seorang wanita dimasukkan ke dalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang binatang kecil yang ada di lantai’. (HR Bukhari). Dengan bekal hadits ini, maukah kamu memperlakukan kucing dengan baik?

BACA : Arab Saudi Rilis Foto Hajar Aswad, Batu yang Sunnah Disentuh Umat Islam

Air bekas minum kucing tetap suci

Disebutkan dalam sebuah hadits bahwa air bekas minum kucing tetap suci dan bisa digunakan untuk berwudhu. Hadits itu berbunyi, “Ketika Nabi Muhammad akan berwudhu dihampiri oleh seekor kucing dan kucing tersebut minum di bejana tempat beliau wudhu. Nabi berhenti hingga kucing tersebut selesai minum lalu berwudhu”. (HR Muslim).

Namun tentu ada pengecualian untuk hal ini. Jika pada kucing tersebut didapati darah, air kencing atau kotoran dan hal yang menyebabkan najis lainnya, maka air tersebut bisa menjadi najis juga. Ini dijelaskan oleh Imam Nawawi yang menyebutkan, “Jika kucing ini pergi kemudian datang dan meminum air, maka kita yakin bahwa air tersebut adalah suci dan kita meragukan najisnya mulut kucing, maka sisa air yang dijilat oleh kucing tersebut tidak najis. (Kecuali) bila kucing yang mulutnya masih ada darahnya tadi tidak pergi dan menjilat air maka dihukumi najis secara pasti.”

Kisah Muezza, kucing kesayangan Nabi Muhammad SAW

Muezza adalah kucing jenis Anggora yang dipelihara serta disayangi oleh Nabi Muhammad SAW. Ingin tahu bagaimana istimewanya kucing ini bahkan bagi Rasulullah? Dikisahkan suatu hari Nabi akan berangkat sholat dan bersiap-soap/ Beliau kemudian menemukan Muezza sedang tidur di atas jubahnya. Bukannya membangunkan atau memindah Muezza, Nabi memilih untuk memotong jubah tersebut tanpa membangunkan Muezza.

Setelah selesai sholat, Muezza yang telah terbangun menghampiri Nabi dan bersujud kepadanya. Nabi pun mengelus tiga kali pada Muezza. Selain kisah ini, Muezza juga dikisahkan selalu berada dalam pangkuan Nabi bahkan ketika sedang berceraham di rumah. Begitu istimewa Muezza, kucing kesayangan Nabi Muhammad SAW.

Setelah membaca penjelasan tentang kucing dalam Islam, sebagai umat Nabi sudah sepatutnya kita mencontoh sikapnya dalam memperlakukan kucing atau hewan lainnya. Jika tak bisa memeliharanya, paling tidak sesekali mungkin kita bisa memberinya makan. Atau minimal tidak mengusir, menyiram atau berlaku kasar meski mungkin kamu merasa terganggu. Setuju, ya?

INSTALL Maqmur Aplikasi Muslim Kiblat, Azan, Quran & Zakat

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Selain Samawa, Ucapkan Ini Doa Untuk Pengantin Baru 22 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Marak Kabar Perceraian, Ini Doa Rumah Tangga Langgeng 21 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Rasulullah Sunnahkan 7 Hal Ini Saat Bangun Tidur 20 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Bulan Baik Untuk Menikah, Salah Satunya Bulan Ini 19 October 2021