Istimewanya Hari Jumat, Ayo Lakukan 7 Amalan Ini

2 July 2021

Selamat hari jumat, brother and sister Maqmur! Ini merupakan hari yang dinanti-nanti sebagian orang karena menjadi hari terakhir bekerja dan menyambut akhir pekan. Bagi umat islam, jumat juga merupakan waktu yang istimewa. Mengenai hal ini bahkan juga disabdakan oleh Rasulullah.

“Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat” (HR Muslim).

Dilansir dari NU Online, ini dia keistimewaan yang dipunyai oleh jumat. Kamu sudah tahu?

  • Waktu termustajab untuk berdoa

Dibandingkan hari lainnya, jumat adalah yang paling mustajab untuk memanjatkan doa. Karenanya, sebisa mungkin kamu memperbanyak sholawat di hari ini. Terlebih jika kamu memiliki doa yang sangat kamu inginkan, maka jangan lewatkan untuk berdoat.

  • Penghapus dosa

Selain menjadi hari yang paling baik untuk berdoa, hari jumat ternyata juga disebut menjadi hari terhapusnya dosa-dosa. Ini seperti riwayat Salman Al Farisi yaitu “Siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhotbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat” (HR Bukhari).

  • Waktu terbaik untuk bersedekah

Sedekah sendiri sudah merupakan amalan yang dapat memberimu pahala. Dan jika dilakukan di hari paling baik yaitu jumat, tak terbayang betapa melimpahnya pahala yang kamu dapatkan. Disarankan selama hari tersebut untuk melakukan sedekah seperti membantu membangun masjid melalui amal jariyah atau memberi makan minum pada kaum dhuafa.

  • Dihindarkan dari siksa kubur

“Barangsiapa yang meninggal dunia di malam Jumat atau hari Jumat terjaga dari fitnah siksa kubur” (HR Imam At Tirmidzi) Dari hadits ini terlihat jelas betapa istimewa jumat bahkan jika seorang muslim meninggal di waktu tersebut. Akan dihindarkan dirinya dari siksa kubur.

  • Melakukan sholat jumat berpahala setahun puasa dan sholat

Dalam hadits riwayat Ahmad dan Ashabus Sunan oleh Ibnu Huzaimah seibutkan sebaiknya umat islam pergi sholat jumat di masjid dan mengambil shaf terdepan. Anjuran ini memiliki manfaat bagi yang melakukannya akan mendapatkan pahala setara dengan yang didapat ketika berpuasa dan sholat selama setahun.

Amalan Penting Di Hari Jumat

Setelah mengetahui begitu istimewa jumat bagi umat Islam, maka sebaiknya kamu juga tahu apa saja amalan yang dianjurkan untuk dilakukan di hari tersebut. Berikut ini 7 amalan utamanya :

  • Mandi jumat

Barangsiapa yang mendatangi shalat Jumat baik laki-laki maupun wanita maka hendaklah mandi.” (HR Ibnu Hibban)

Barang siapa membasuh pakaian dan kepalanya, mandi, bergegas Jumatan, menemui awal khutbah, berjalan dan tidak menaiki kendaraan, dekat dengan Imam, mendengarkan khutbah dan tidak bermain-main, maka setiap langkahnya mendapat pahala berpuasa dan shalat selama satu tahun.” (HR. Al-Tirmidzi dan al-Hakim).

  • Bersedekah

Ibnu Qayyim mengatakan, “Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya”. Hadits dari Ka’ab menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya.” (Mauquf Shahih).

  • Membaca surat al-kahfi

Rasulullah bersabda: “Barang siapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jumat.” Hadits diriwayatkan dan dishahihkan oleh Imam al-Hakim.

  • Membaca sholawat

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)

Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).

  • Memperbanyak perbuatan baik

Barang siapa yang berbuat kebaikan pada hari Jumat maka akan dilipatgandakan sepuluh kali lipat dari hari yang lain, dan barang siapa berbuat kejelekan maka juga demikian (dilipatgandakan dosanya). Dan disamakan hari, yaitu malam, sebab tidak ada perbedaan sama sekali.” 

  • Memanjatkan doa sebanyak mungkin

Pada hari ini (Jumat) ada waktu yang mulia yang mana doa akan dikabulkan secara mutlak dan waktu tersebut disamarkan pada keseluruhan hari itu seperti halnya yang diungkapkan oleh Al-Imam Al-Ghazali dan selainnya.”

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021