Isra Mi’raj

30 April 2021

Peristiwa Isra dan Miraj

Banyak yang masih belum mengetahui, bahwa Isra dan Miraj merupakan dua kejadian yang berbeda. Isra secara Bahasa memiliki makna perjalanan di malam hari. Sedangkan Miraj artinya naik atau diangkat ke Sidratul Muntaha.

Dua kejadian tersebut terjadi dalam satu malam, di mana Rasulullah SAW dengan ditemani oleh Malaikat Jibril menggunakan Buraq melakukan perjalanan dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjidil Aqsa di Palestina. Setelah itu, barulah terjadi peristiwa Miraj, saat Nabi Muhammad SAW naik ke langit ke tujuh untuk kemudian bertemu dengan Allah SWT.

Isra Miraj dalam Al-Qur-an

Perjalanan Nabi Muhammad SAW ini diceritakan di dalam Al-Qur’an. Lebih tepatnya lagi pada Surah Al-Isra. Surah ini terdiri dari 111 ayat. Berikut adalah ayat pertama dari Surah Al-Isra yang menyebutkan kebesaran Allah melalui perjalanan Nabi Muhammad SAW pada malam itu:

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkati sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sungguh Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Isra Miraj dan perintah shalat 5 waktu

Melalui perajalanan ini, Nabi Muhammad SAW bertemu dengan Allah SWT. Di sini, Nabi Muhammad SAW menerima perintah untuk melaksanakan shalat 20 kali dalam sehari. Namun, Nabi Muhammad SAW diperingatkan oleh nabi-nabi terdahulu untuk memikirkan umatnya.

Maka dari itu Nabi Muhammad SAW akhirnya memutuskan untuk meminta keringanan. Pada akhirnya, Allah SWT mengabulkan permohonan Nabi Muhammad SAW dan mewajibkan shalat 5 waktu bagi umat muslim.

Shalat merupakan ibadah yang sangat istimewa, sebab Allah AWT memerintahkan langsung kepada Nabi Muhammad SAW tanpa perantara. Tidak seperti ibadah lainnya seperti zakat atau puasa.

Amalan yang sebaiknya dilakukan saat Isra Miraj

Pada saat Isra Miraj, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak istighfar dan memohon ampunan pada Allah SWT. Selain itu juga, umat muslim dapat melakukan puasa sunnah Rajab.

Bukan hanya itu saja, pada saat ini umat muslim sebaiknya lebih mendekatkan diri pada Allah dan mengambil hikmah dari peristiwa ini, serta memperkuat ibadah shalat 5 waktu. 

Peringatan Isra Miraj di Indonesia

Peristiwa agung ini dipercaya oleh kebanyakan ulama terjadi pada tanggal 27 Rajab, tepatnya lagi ketika tahun pertama sebelum Muhammad hijrah ke Madinah. Maka dari itulah Isra Miraj selalu diperingati pada tanggal 27 Rajab.

Di Cirebon, peringatan Isra Miraj disebut Rajaban. Biasanya masyarakat beramai-ramai berziarah ke Plangon atau makam dua penyebar ajaran agama islam. Selain itu, mereka juga menggelar pengajian dan pembagian nasi bogana (nasi, kentang, telur, ayam, tempe, tau, parutan kelapa, dan bumbu kuning) ke warga keraton, kaum masjid, abdi dalem, dan masyarakat Mager Sari.

Lain halnya dengan Yogyakarta. Warga biasanya membuat dua buah Buraq (burung yang dikendarai Nabi Muhammad SAW saat Isra Miraj) menggunakan kulit jeruk bali kemudian dipasangkan di atas tumpukan buah-buahan. Buah tersebut dibagikan kepada jamaah pengajian di Serambi Masjid Gede Kauman.

Aplikasi MAQMUR hadir menemani hari-hari kita dalam mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan dengan fitur Islami berupa Pengingat Shalat, Alquran Digital, Penunjuk Arah Qiblat, dan Jurnal Ibadah. Selain itu, aplikasi MAQMUR juga mengatur transaksi keuangan sesuai prinsip syariah untuk membayar zakat dan bersedekah. Jangan lupa install aplikasi MAQMUR dan menjadi bagian dari kami untuk Hijrah bersama Aplikasi Muslim MAQMUR. Download sekarang di Google Play.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021