Isi Khutbah Rasulullah Saat Shalat Jumat Pertama Kali

11 September 2021

Assalamualaikum Brother and Sister Maqmur,

Pernah tidak kamu penasaran, kapan ya shalat jumat pertama kali dilaksanakan? Ternyata, ada sejarahnya loh. Jadi, ibadah wajib untuk kaum laki-laki ini pertama kali dilakukan saat Rasulullah dan para sahabat dalam perjalanan ke Madinah. Saat sampai di Wadi Ranuna, Rasulullah pertama kali menjalankan shalat jumat. Di tempat ini juga Masjid Jumat didirikan.

Setelah melaksanakan shalat Jumat, Rasulullah juga memberikan khutbah. Di dalam khutbahnya disampaikan beberapa wasiat penting yang sebaiknya sebagai umat Islam kita ketahui dan amalkan selama hidup. Apa saja isi khutbah saat shalat jumat pertama ini?

BACA JUGA: Sejarah Shalat Jumat Dan Alasan Mengapa Hanya Untuk Laki-Laki

Isi Khutbah Shalat Jumat Pertama

Dikutip dari Detik, dalam buku ‘Himpunan Wasiat Agung Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar, Umar, Usman dan Ali‘ dari Miftahul Asror Malik menceritakan tentang isi khutbah yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW saat shalat jumat pertama. Ada beberapa poin yang perlu diketahui yaitu:

Aku berpesan kepada kalian untuk bertakwa kepada Allah SWT. Itulah wasiat terbaik bagi seorang Muslim. Dan, seorang Muslim hendaknya selalu ingat akhirat dan menyeru kepada ketakwaan kepada Allah SWT.

Berhati-hatilah terhadap yang diperingatkan Allah SWT. Sebab, itulah peringatan yang tiada tandingannya. Sesungguhnya ketakwaan kepada Allah yang dilaksanakan karena takut kepada-Nya, ia akan memperoleh pertolongan Allah atas segala urusan akhirat.

Barang siapa di antara kalian yang selalu memperbaiki hubungan dirinya dengan Allah, baik di secara rahasia maupun di tengah keramaian, dan ia melakukan itu dengan niat tidak lain kecuali hanya mengharapkan rida Allah, maka baginya kesuksesan di dunia dan tabungan pahala setelah mati.

Sesungguhnya bertakwa kepada Allah dapat melindungi kalian dari kemarahan, hukuman, dan murka-Nya. Takwa kepada Allah bisa membuat wajah menjadi cerah, membuat Allah rida, dan meninggikan derajat kalian.

Ambillah bagian kalian dan jangan melalaikan hak Allah. Allah SWT telah mengajarkan kepada kalian dalam kitab-Nya dan menunjukkan jalan-Nya, agar Dia orang-orang yang mempercayai-Nya dan mendustakan-Nya.

Berbuat baiklah sebagaimana Allah berbuat baik kepada kalian. Dan musuhilah para musuh Allah. Berjihadlah di jalan Allah dengan sebenar-benarnya jihad. Dia telah memilih kalian dan menamakan kalian sebagai orang-orang Islam.

Perbanyaklah dzikir kepada Allah dan beramallah untuk kehidupan akhiratmu. Sesungguhnya barang siapa yang menjaga hubungan baik dengan Allah, maka Allah pun akan menjaga hubungan orang itu dengan manusia lainnya.

Setelah melaksanakan shalat jumat dan menyampaikan khutbah, Rasulullah serta para sahabat kembali melanjutkan perjalanan ke Madinah. Rombongan tersebut sampai pada hari Senin 16 Rabiul Awal atau 20 September pada tahun 622 Masehi.

Itu dia isi khutbah Rasulullah setelah melaksanakan shalat jumat pertama. Semoga dengan mengetahui wasiat atau pesan penting Rasul, kamu terinspirasi untuk mengimani dan mengamalkannya ya.

Maksimalkan ibadah dengan fitur islami di aplikasi MAQMUR. Download sekarang juga!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021