Ini Yang Harus Kamu Tahu Tentang Puasa Syawal

17 May 2021

Puasa Syawal adalah puasa yang dilakukan setelah lewat tanggal 1 Syawal. Artinya, puasa ini dikerjakan setelah bulan suci Ramadhan telah usai. Ibadah ini bersifat sunnah dan biasanya dilaksanakan selama enam hari. Karena bersifat sunnah, maka tentu akan mendapat pahala jika seorang muslim mengerjakannya.

Ada beberapa pendapat mengenai puasa syawal ini. Salah satunya dari NU Online yang menyebutkan bahwa puasa ini dikerjakan oleh seorang muslim yang tidak memiliki tanggungan puasa wajib. Oleh karena itu, jika kamu memiliki hutang puasa Ramadhan sebelumnya maka kamu tidak bisa melaksanakan puasa ini. Hal ini juga berlaku untuk kamu yang memiliki tanggungan puasa nazar. Kamu wajib membayar tanggungan tersebut terlebih dahulu.

Selain itu, untuk mereka yang sudah uzur namun masih memiliki hutang puasa, hukum melakukan puasa ini menjadi makruh. Artinya puasa syawal sebaiknya tidak dilakukan oleh mereka dan justru akan mendapatkan pahala jika tidak dikerjakan.

Mengenai puasa syawal, ternyata banyak sekali keutamaan dari ibadah ini. Di antaranya akan disebutkan di bawah ini:

Pahalanya setara dengan puasa satu tahun

Barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim)

Meski bersifat sunnah, ternyata ganjaran pahala puasa ini begitu luar biasa. Sebagaimana yang tertuliskan pada hadits riwayat di atas, ini bisa membuatmu mendapatkan pahala yang setara dengan puasa satu tahun penuh. Karena itu, sangat sayang jika kamu melewatkan puasa sunnah ini. Terlebih jika kamu tidak memiliki tanggungan puasa wajib.

Ada sebuah pendapat yang mengatakan bahwa puasa sunnah ini bisa diqadha. Menurut beberapa ulama tersebut, jika seseorang mengalami halangan ketika ingin melakukan puasa ini, seorang tersebut bisa mengqadha sebanyak enam hari itu di enam hari di bulan lain.

Instal Aplikasi MAQMUR Untuk Hijrah Finansial

Bacaan niat puasa syawal

Untuk bisa melakukan ibadah syawal, sebagaimana ibadah lainnya harus diawali dengan niat terlebih dahulu. Kamu bisa membaca niat puasa ini di malam hari sebelum hari kamu akan melakukannya. Bacaannya adalah sebagai berikut :

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnatis Syawwali lillahi ta‘ala.

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Syawal esok hari karena Allah SWT.”

Bagaimana jika kelupaan atau terlewat membaca niat di malam sebelum puasa? Kamu bisa membaca niatnya di pagi atau siang hari, yaitu :

Nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an ada’i sunnatis Syawwali lillâhi ta‘ala.

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Syawal hari ini karena Allah SWT.”

Hal ini sebagaimana yang pernah diriwayatkan pada hadits Aisyah ra berikut ini :

Rasulullah SAW bertanya kepadaku pada suatu hari: ‘Wahai Aisyah, apakah engkau memiliki sesuatu (untuk dimakan pagi ini?)’. Aku menjawab: ‘Wahai Rasulullah, kita tidak memiliki sesuatu pun (untuk dimakan)’. Beliau lalu bersabda: ‘Kalau begitu aku akan puasa’. – HR Muslim no. 1154.

Bagaimana jika melakukan puasa wajib di bulan syawal?

Salah satu alasan mengapa seorang muslim tidak bisa melakukan puasa syawal adalah karena memiliki tanggungan wajib yang harus dibayarkan terlebih dahulu. Lantas, apakah pahala puasa wajib yang dilakukan di bulan ini sama dengan puasa sunnah syawal itu sendiri?

Ternyata, jika seseorang melakukan ibadah wajib di bulan syawal itu tidak masalah. Hanya saja, pahala yang diterima tidak sebanyak ketika melakukan ibadah syawal. Jadi, tak mengapa jika kamu ingin melakukan ibadah wajib di bulan syawal ya. Setelahnya, kamu bisa mengqadha di bulan lainnya.

Kapan waktu terbaik melakukan puasa sunnah ini?

Seperti yang telah sering disebutkan bahwa puasa syawal dilakukan selama enam hari di bulan tersebut. Waktu terbaiknya adalah setelah tanggal 2 syawal. Puasa ini bisa langsung dilakukan selama enam hari berturut-turut yaitu mulai dari tanggal 2 hingga 7. Atau bisa juga dibagi, misalnya dengan cara puasa senin kamis atau di luar tanggal 2 hingga 7 tersebut. Selama masih di bulan syawal, maka puasa ini masih bisa dilakukan.

Itu dia sekelumit hal yang harus kamu ketahui jika kamu ingin mendapatkan tambahan pahala di bulan syawal. Semoga menginspirasimu ya,

`

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021