Ini Dia Surat Al-quran Yang Sunnah Dibaca Ketika Sholat Jumat

7 September 2021

Assalamualaikum Brother and Sister Maqmur,

Jumat adalah hari yang istimewa dalam ajaran Islam. Ada beberapa amalan yang bisa dilakukan seperti sholat Jumat, bersedekah hingga lainnya. Mengenai istimewanya hari Jumat dalam Islam juga disabdakan oleh Rasulullah, yang bunyinya:

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat

HR Muslim

Terkhusus umat islam laki-laki ada amalan sholat Jumat yang bisa dilaksanakan. Sholat ini datang sebagai pengganti sholat dhuhur dan hukumnya wajib untuk dilakukan. Nah, tahukah kamu bahwa ada surat Al-quran yang sunnah dibaca ketika sholat jumat? Ini dia selengkapnya mengenai surat yang sunnah dibaca saat sholat jumat.

Membaca Surat Al A’la dan Al Ghasyiyah, ini haditsnya

عَنْ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الْعِيدَيْنِ وَفِي الْجُمُعَةِ بِسَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى وَهَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْغَاشِيَةِ قَالَ وَإِذَا اجْتَمَعَ الْعِيدُ وَالْجُمُعَةُ فِي يَوْمٍ وَاحِدٍ يَقْرَأُ بِهِمَا أَيْضًا فِي الصَّلَاتَيْنِ

Dari Nu’man bin Basyir RA, dia berkata,

Rasulullah SAW biasa membaca surat Al A’la dan surat Al Ghasyiyah dalam sholat dua hari raya dan sholat Jumat. Bila sholat Id bertepatan dengan hari Jumat, beliau juga membaca kedua surat tersebut dalam kedua sholat itu.

Berdasarkan hadits di atas dapat diketahui bahwa surat Al A’la dan Al Ghasyiyah merupakan surat-surat yang sunnah dibaca ketika melaksanakan sholat jumat. Mengenai kedua surat tersebut, dijelaskan pula seperti di bawah ini:

Surat Al A’la

Surat Al A’la adalah surat ke-87 dalam Al-quran. Surat ini terdiri dari 19 ayat dan memiliki makna Yang Maha Tinggi. Surat Al A’la tergolong surat Makkiyah karena diturunkan di Mekkah. Selain saat sholat jumat, surat ini juga sering dibaca pada sholat Idul Fitri terutama saat rakaat pertama. Surat Al A’la diawali dengan bacaan “Sabbihisma rabbikal a’laa.” dan diakhiri dengan ayat yang dibaca “Suhufi ibraahiima wamuusaa.” . Bacaan surat ini biasanya dibaca pada rakaat pertama, sama seperti ketika sholat idul fitri.

Surat Al Ghasyiyah 

Surat Al Ghasyiyah merupakan surat ke-88 dalam al-quran. Surat ini memiliki 26 ayat dan termasuk dalam surat Makkiyah. Bacaan surat ini mengandung makna yang dalam. Dikutip dari Detik, surat Al Ghasyiyah menjelaskan tentang hari kiamat dimana terdapat balasan dan ganjaran untuk umatNya. Dalam surat ini juga disebutkan bahwa mereka yang enggan mengambil pelajaran dari firman-firman Allah akan mendapatkan kecaman. Sama seperti surat Al A’la, surat ini juga biasanya dibaca pada sholat Idul Fitri.

BACA JUGA: Istimewanya Hari Jumat, Ayo Lakukan 7 Amalan Ini

Bacaan Surat Lain Untuk Sholat Jumat

Selain dua surat di atas, sebenarnya surat apa saja dapat dibaca sebagai bacaan sholat Jumat. Namun ada sebuah hadits yang menceritakan bahwa Rasulullah diketahui membaca surat Al Jumuah pada rakaat pertama dan surat Al Munafiqun di rakaat kedua. Hal ini terdapat dalam hadits yang berbunyi:

عَنْ ابْنِ أَبِي رَافِعٍ قَالَ اسْتَخْلَفَ مَرْوَانُ أَبَا هُرَيْرَةَ عَلَى الْمَدِينَةِ وَخَرَجَ إِلَى مَكَّةَ فَصَلَّى لَنَا أَبُو هُرَيْرَةَ الْجُمُعَةَ فَقَرَأَ بَعْدَ سُورَةِ الْجُمُعَةِ فِي الرَّكْعَةِ الْآخِرَةِ إِذَا جَاءَكَ الْمُنَافِقُونَ قَالَ فَأَدْرَكْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ حِينَ انْصَرَفَ فَقُلْتُ لَهُ إِنَّكَ قَرَأْتَ بِسُورَتَيْنِ كَانَ عَلِيُّ بْنُ أَبِي طَالِبٍ يَقْرَأُ بِهِمَا بِالْكُوفَةِ فَقَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ إِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ بِهِمَا يَوْمَ الْجُمُعَةِ

Dari Ibnu Abu Rafi’ dia berkata,

Suatu ketika (khalifah) Marwan meminta kepada Abu Hurairah untuk menggantikannya (sebagai pemimpin) di Madinah, sementara Marwan pergi ke Makkah. Maka pada suatu hari Jumat, Abu Hurairah mengimami kami sholat Jumat. 

Dia membaca surat Al Jumuah pada rakaat pertama, dan surat Al Munafiqun pada rakaat kedua. Setelah selesai sholat, kutemui Abu Hurairah dan kukatakan kepadanya,

Kedua surat yang Anda baca tadi, pernah dibaca Ali bin Abi Thalib ketika dia berada di Kufah.

Abu Hurairah berkata,

Saya telah mendengar Rasulullah SAW membaca kedua surat itu pada hari Jumat.

Sempurnakan ibadah dengan fitur islami di aplikasi Maqmur. Download sekarang juga!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021