Ini 5 Keutamaan Bersedekah Diam-Diam

29 August 2021

Sedekah adalah salah satu perbuatan baik yang dianjurkan untuk dilakukan. Sedekah biasanya diberikan untuk mereka yang membutuhkan, bentuknya bisa menyerupai apa saja. Berbeda dengan zakat yang ditentukan waktunya, sedekah bisa dilakukan kapan saja. Nah tahukah kamu bahwa bersedekah dianjurkan dilakukan secara diam-diam? Ini dia keutamaan bersedekah diam-diam.

Keutamaan Bersedekah Diam-Diam

  • Bernilai lebih baik dari sedekah yang terlihat

إِن تُبْدُوا۟ ٱلصَّدَقَٰتِ فَنِعِمَّا هِىَ ۖ وَإِن تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا ٱلْفُقَرَآءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنكُم مِّن سَيِّـَٔاتِكُمْ ۗ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Ini adalah firman Allah SWT surat Al-Baqarah ayat 271 yang memiliki arti bahwa sedekah yang terlihat nilainya adalah baik, sedang yang diam-diam lebih baik dari yang baik tersebut:

“Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

  • Meredam murkanya Allah SWT

Doa atau perbuatan tidak baik yang dilakukan oleh manusia bisa saja membuat Allah menjadi murka. Untuk meredamnya, kamu bisa melakukan sedekah, utamanya yang dilakukan secara diam-diam. Ini seperti yang tertuang dalam sabda Rasulullah, yaitu:

Dari Mu’awiyah bin Haidah Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya sedekah secara rahasia bisa meredam murka Rabb (Allah) Tabaroka wa ta’ala.” (HR. Ath-Thabrani dalam Al-Kabir, lihat Shahih At-Targhib 1/532)

  • Membuat diri jadi lebih ikhlas

Sering kali karena mengingat bahwa sudah melakukan amalan baik, kita jadi pamrih atau cenderung ingin pamer. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk menutup-nutupi sedekah atau kebaikan lainnya sebagaimana kamu melakukannya pada kejelekan atau aibmu. Ini tertuang pula dalam hadits berikut:

Sufyan bin Uyainah berkata, “Abu Hazim rahimahullah berkata, ‘Sembunyikanlah kebaikan-kebaikanmu lebih daripada kesungguhanmu dalam menyembunyikan kejelekan-kejelekanmu’.” (Ta’thirul Anfas halaman 231)

Temukan fitur islami terlengkap hanya di aplikasi MAQMUR. Download di ponselmu segera!

  • Jadi penunjuk ke jalan yang benar

Sebab sedekah adalah hal yang disukai oleh Allah, dengan melakukannya tentu kamu akan makin mendekatkan diri padaNya. Yang pula berarti dengan bersedekah atau amalan baik lainnya, kamu telah berhasil terhindar dari hasutan setan dan menuju ke jalan yang benar. Sebagaimana dalam surat Al-Baqarah ayat 268 disebutkan:

ٱلشَّيْطَٰنُ يَعِدُكُمُ ٱلْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُم بِٱلْفَحْشَآءِ ۖ وَٱللَّهُ يَعِدُكُم مَّغْفِرَةً مِّنْهُ وَفَضْلًا ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya:

Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengatahui.

  • Disuburkan rezekinya karena sedekah

Tahukah kamu bahwa Allah akan suburkan rezeki mereka yang senang melakukan sedekah? Ini terdapat dalam firman Allah surat Al-Baqarah ayat 267 yang berbbunyi:

يَمْحَقُ ٱللَّهُ ٱلرِّبَوٰا۟ وَيُرْبِى ٱلصَّدَقَٰتِ ۗ وَٱللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ أَثِيمٍ

Artinya: Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa.

BACA JUGA: Alasan Tak Mau Bersedekah, Semoga Tak Kamu Lakukan

Itu dia sedikit penjelasan mengenai pentingnya melakukan sedekah serta bagaimana keutamaannya di hadapan Allah. Semoga dengan pengetahuan ini kamu jadi terinspirasi untuk melakukan sedekah lebih sering, baik secara diam-diam maupun terbuka. Pun, semoga kamu juga memahami makna sedekah yang tidak sekadar tentang materi saja. Bahkan sebuah senyuman pun juga sudah terhitung sebagai sedekah.

Jadi, maukah kamu bersedekah secara rutin setelah ini?

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021