Ingin Punya Ruang Shalat Di Rumah? Perhatikan Tips Ini

31 August 2021

Shalat merupakan ibadah wajib yang mesti dijalankan oleh umat Islam. Ibadah ini dapat dilaksanakan secara berjamaah atau sendirian, di masjid atau di rumah selama memenuhi syarat sahnya. Di masa pandemi begini, shalat di masjid sempat tidak diperbolehkan karena ditakutkan menjadi sarana penyebaran virus Covid-19. Sebab tidak dipungkiri banyak umat islam yang antusias untuk datang ibadah di masjid. Lantas bagaimana jika ingin punya ruang shalat di rumah namun tetap serasa di masjid?

Kamu bisa melakukannya dengan cara membuat area atau ruangan khusus untuk shalat. Dengan begitu, kamu bisa lebih khusyu dan juga lebih mudah menjaga kebersihannya. Nah, jika kamu sedang berkeinginan untuk membuat ruangan shalat di rumah, perhatikan tips-tips berikut ini:

  • Sesuaikan arah kiblat

Sebagai syarat sahnya shalat, tentu kamu wajib menyesuaikan arah kiblat pada ruangan yang nantinya dipakai untuk beribadah ini. Kamu bisa menggunakan banyak cara untuk menentukan arah kiblat, salah satunya dengan memakai aplikasi MAQMUR. Biasanya, yang dijadikan arah kiblat tidak menghadap ke ruangan lainnya seperti dapur atau toilet. Pilih sisi tembok kosong untuk dijadikan kiblat.

  • Tentukan ukuran ruangan

Tentunya ketika membuat sebuah ruangan kamu memerlukan ukuran yang jelas sebab ini akan berpengaruh terhadap hal-hal lainnya. Dalam membangun ruangan shalat, ada beberapa ukuran yang bisa dijadikan patokan. Dilansir dari ProDesign, untuk ukuran minimum satu orang, kamu bisa memakai 70 cm x 140 cm. Sedangkan untuk tiga shaf dengan tiga orang pada tiap shafnya, ukuran ruangan yang dibutuhkan kira-kira 2,5 x 4 m.

  • Pakai karpet yang mudah perawatannya

Jika memungkinkan, kamu bisa memasang karpet pada ruang shalat. Tujuannya agar terhindar dari najis dan menjaga kebersihan. Dalam memilih karpet, pastikan ukurannya pas dan mudah dalam perawatan. Untuk motif atau pola, kamu bisa sesuaikan dengan tema rumah atau pilih yang polos saja. Meski begitu, pemakaian karpet ini tidak wajib. Kamu bisa pakai sajadah saja dengan catatan ruangan ini rutin dibersihkan dari najis.

Fitur islami terlengkap ada di aplikasi MAQMUR. Download sekarang juga!

  • Perlukah diisi dengan furniture?

Sebaiknya memang ada lemari kecil di ruang shalat untuk menaruh alat shalat serta al-quran. Dengan adanya furniture ini, alat shalat mudah dicari dan bebas dari najis. Selain itu, mengingat al-quran adalah kitab suci yang mesti dihormati, tentu ada baiknya menyediakan tempat yang bersih untuk menyimpannya.

  • Lain-lain yang bisa ditambahkan

Ada beberapa hal lain yang mungkin bisa diperhatikan seperti tata cahaya dan juga keindahan dari ruang shalat di rumah. Kamu bisa menggunakan pencahayaan yang cukup, sebab jika ruangan shalat berukuran kecil dengan lampu dengan watt tinggi maka bisa membuatmu gerah. Meski bisa disiasati juga dengan meletakkan kipas. Selain itu, kamu bisa menempatkan pengharum ruangan agar tercipta suasana yang nyaman selagi sholat atau berdoa.

BACA JUGA: Bagaimana Hukum Menggendong Anak Saat Sholat?

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu perhatikan jika ingin memiliki ruang shalat di rumah serasa di masjid. Semoga menginspirasi dan membantumu dalam membangun ruang shalat di rumah ya. Dan harapannya, dengan adanya ruangan ini akan membuatmu makin rutin beribadah.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021