Idul Fitri

30 April 2021

Idul Fitri merupakan momen di mana para umat Muslim merayakan kemenangan setelah berpuasa selama bulan Ramadhan. Kata Idul Fitri berasal dari bahasa Arab عيد الفطر. Kata id sendiri diambil dari kata aada yang artinya Kembali. Sedangkan fitri diambil dari kata futhur yang berarti makan pagi. 

Secara garis besar, Idul Fitri dimaknai sebagai masa kembali makan pagi, yang mana tidak dilakukan umat muslim pada bulan Ramadhan. Maka itulah, pada hari ini haram untuk berpuasa.

Penentuan Hari Idul Fitri

Idul Fitri dirayakan pada tanggal 1 Syawal setiap tahunnya. Penentuan hari Idul Fitri dilakukan dengan melihat hilal. Cara yang ditempuh untuk melihat hilal ada dua, yaitu hisab dan rukyat. Hisab adalah cara menentukan Idul Firi menggunakan perhitungan secara matematis astronomi. Sedangkan rukyat dilakukan dengan mengamati hilal. Rukyat bisa dilakukan dengan mata telanjang atau menggunakan alat bantu.

Untuk melakukan rukyat, harus terlebih dahulu menunggu matahari terbenam, karena hilal hanya bisa dilihat pada waktu tersebut. Kalau hilal sudah tampak, artinya telah memasuki bulan baru Hijriyah. Namun, jika tidak terlihat, maka awal bulan dimulai pada sore atau maghrib di hari berikutnya. Perbedaan cara inilah yang membuat jadwal puasa atau idul Fitri berbeda-beda setiap tahunnya.

Penentuan Syawal pernah mengalami perbedaan. Misalnya saja pada 1993 dan 1994. Hal yang sama juga terjadi pada tahun 2011. Pada kalender resmi Indonesia, 1 Syawal telah ditetapkan pada 30 Agustus 2011, tapi melalui sidang itsbat, Idul Fitri mundur menjadi tanggal 31 Agustus 2011.

Sejarah Idul Fitri

Umat muslim merayakan Idul Fitri pertama pada tahun ke-2 Hijriah, bertepatan dengan kemenangan mereka pada perang Badar. Kemenangan tersebut membawa banyak perubahan positif pada umat muslim, seperti mendapatkan kembali kepercayaan diri dan kehormatan dari berbagai kalangan.

Idul Fitri menggantikan dua hari raya yang sebelumnya telah ada pada masa Jahiliyah, yaitu Nairuz dan Mahrajan. Pada masa ini, kemudian turun perintah untuk menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Diriwayatkan Abu Dawud dan An-nasa’i, Rasulullah bersabda,

Sesungguhnya Allah mengganti kedua hari raya itu dengan hari raya yang lebih baik, yakni Idul Fitri dan Idul Adha.

Idul Fitri dimaknai sebagai hari kemenangan umat muslim dalam perang Badar, sekaligus kemenangan menahan rasa lapar, haus, dan hawa nafsu. Dari sinilah kemudian muncul ucapan Allahummaj’alna minal ‘aidzin walfaizin yang berarti “Ya Allah, jadikanlah kami termasuk orang-orang yang kembali (dari Perang Badar) dan mendapatkan kemenangan”.

Perayaan Idul Fitri

Di Indonesia sendiri, Idul Fitri merupakan hari libur nasional yang diperingati oleh sebagian besar masyarakat yang memang merupakan mayoritas muslim. Karena itulah, Idul Fitri erat kaitannya dengan mudik. Di mana masyarakat yang pergi merantau, kembali ke kampung halaman.

Sebelum Idul Fitri, umat muslim diwajibkan membayar zakat fitrah. Zakat ini ditujukan kepada fakir miskin. Cara menghitung zakat fitrah adalah dengan menghitung 2,5 kilogram bahan pangan pokok. Zakat fitrah dinilai bertujuan untuk menyucikan diri dan memberi kebahagiaan pada kaum fakir miskin.

Kemudian, pada tanggal 1 Syawal, umat muslim biasanya akan melakukan shalat Ied secara berjamaah di tanah lapang atau pun masjid. Lalu dilanjutkan dengan saling bermaaf-maafan dan mengunjungi keluarga, serta kerabat atau yang biasa dikenal dengan silaturrahim. Keutamaan silaturrahim ini sesuai dengan hadist berikut:

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Barang siapa ingin dilapangkan rezekinya dan ditambah umurnya, maka hendaklah menjalin silaturrahim.

HR Bukhari

Hidangan Idul Fitri Khas Indonesia

Salah satu hidangan khas yang ditemukan hampir di setiap rumah pada masa Idul Fitri adalah ketupat. Dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam sebuah anyaman daun kelapa muda yang kemudian direbus hingga matang. Biasanya disajikan dengan opor ayam atau daging.

Ketupat berasal dari bahasa Jawa ngaku lepat yang berarti mengakui kesalahan. Bagi masyarakat Indonesia, ketupat melambangkan kiblat papat lima pancer, atau empat arah mata angin dan satu pusat. Hal ini menggambarkan jalan hidup manusia, seolah-olah “ke mana pun arah yang ingin ditempuh manusia, tidak bisa lepas dari Allah SWT.”

Sekain ketupat, opor ayam menjadi hidangan wajib lainnya. Hidangan ini dibuat menggunakan santan dengan rasa gurih yang nikmat. Dalam bahasa Jawa, santen disebut juga pangapunten yang berarti maaf.

Kedua hidangan khas ini dijadikan masyarakat Indonesia sebagai lambang permintaan maaf yang tulus dan sebagai pengingat untuk terus memperbaiki kesalahan. Itulah mengapa rasanya belum lengkap merayakan Idul Fitri di Indonesia tanpa hidangan ketupat dan opor ayam.

Aplikasi MAQMUR hadir menemani hari-hari kita dalam mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan dengan fitur Islami berupa Pengingat Shalat, Alquran Digital, Penunjuk Arah Qiblat, dan Jurnal Ibadah. Selain itu, aplikasi MAQMUR juga mengatur transaksi keuangan sesuai prinsip syariah untuk membayar zakat dan bersedekah. Jangan lupa install aplikasi MAQMUR dan menjadi bagian dari kami untuk Hijrah bersama Aplikasi Muslim MAQMUR. Download sekarang di Google Play.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021