Idul Adha

30 April 2021

Penjelasan singkat mengenai Idul Adha

Idul Adha merupakan hari raya umat Muslim yang diperingati setiap tanggal 10 Dzjulhijjah. Kebanyakan juga menyebut Idul Adha sebagai Hari Raya Haji. Karena pada masa ini, umat Muslim yang berhaji melakukan wukuf di Arafah. Pada hari raya ini, umat Muslim yang belum bisa berangkat haji biasanya berqurban hewan kambing, sapi, atau domba sebagai bentuk ketakwaan kepada Allah SWT.

Idul Adha dan kisah Nabi Ibrahim AS

Berbicara tentang Idul Adha, tentunya tidak bisa lepas dari kisah Nabi Ibrahim AS dan putranya, Ismail AS. Dahulu, Nabi Ibrahim AS merupakan orang yang berkecukupan dengan jumlah ternak 1000 ekor domba, 300 lembu, dan 100 ekor unta.

Lalu, suatu hari ia pernah ditanya oleh seorang penduduk, “Milik siapa semua ternak ini?”

Nabi Ibrahim AS dengan mantap menjawab, “Milik Allah SWT, yang kini dititipkan padaku. Nanti, jika Allah SWT menghendaki, aku akan menyerahkan semuanya. Tidak hanya ternak, bila Allah SWT meminta anak kesayanganku pun, pastilah akan kuserahkan juga.”

Allah SWT kemudian menjadikan itu ujian bagi Nabi Ibrahim AS. Dalam mimpinya, Ibrahim AS mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk menyembelih Ismail AS. Ia memutuskan untuk membicarakannya dengan Ismail AS.

Hai anakkku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu? Ismail menjawab: Wahai Bapak, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu. InsyaAllah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.

QS Ash-Shafaat: 102

Dengan rasa sabar dan ikhlas yang ada di dalam hatinya, Ibrahim AS hendak menyembelih anak tercinta yang ia tunggu selama bertahun-tahun lamanya. Namun, Maha Besar Allah, ketika hendak menyembelih, Allah SWT menukarkan Ismail AS dengan seekor domba.

Dari situlah kemudian setiap tahunnya umat Muslim melakukan qurban. Hukum berqurban adalah sunah muakkad atau sunah yang sangat kuat dan diistimewakan.

Jenis hewan yang bisa diqurbankan

Hewan yang diqurbankan harus merupakan hewan ternak. Baik itu jantan maupun betina. Hewan harus dalam keadaan sehat dan telah cukup umur ditandai dengan adanya sepasang gigi tetap. Berikut beberapa hewan yang bisa dijadikan hewan qurban:

Kambing atau domba

Domba yang dapat diqurbankan haruslah berusia 1 tahun. Sedangkan kambing minimal berusia 1 tahun dan telah masuk tahun ke-2. Satu ekor kambing atau domba hanya dapat diqurbankan untuk satu orang saja. 

Sapi

Untuk yang ingin berqurban sapi, usia sapi minimal 2 tahun atau telah masuk ke tahun 3. Tidak seperti kambing atau domba, karena ukurannya besar, qurban sapi bisa dilakukan secara berkelompok. Satu sapi untuk tujuh orang.

Unta

Qurban unta biasanya dilakukan di Arab dengan minimal usia unta 5 tahun dan telah masuk tahun ke-6. Sama seperti sapi, karena ukuran unta besar, qurban dapat dilakukan secara berkelompok. Biasanya satu unta untuk tujuh hingga sepuluh orang. 

Sunnah bagi yang berqurban

Menurut mazhab Maliki dan Syafi’i, bagi mereka yang berqurban, disunahkan untuk tidak memotong rambut maupun kuku. Sejak tanggal 1-10 Dzjulhijjah. Hal ini dilandaskan pada hadist berikut:

Barang siapa yang telah memiliki hewan yang hendak diqurbankan, apabila telah memasuki tanggal 1 Dzjulhijjah, maka janganlah dia memotong sedikit pun bagian dari rambut dan kukunya hingga dia selesai menyembelih (HR Muslim)

Tradisi unik Idul Adha di berbagai negara

Di Turki, sebelum disembelih biasanya hewan qurban didandani terlebih dahulu. Kemudian barulah mereka menyembelih hewan qurban tersebut. Perayaan Idul Adha di Turki tidak berbeda jauh dengan Indonesia, masyarakat biasanya melakukan shalat Ied, menyembelih hewan qurban dan menyantapnya bersama keluarga.

Lain halnya dengan Arab. Selain shalat Ied dan pemotongan hewan qurban, di sini, perayaan Idul Adha juga diadakan besar-besaran selama 4 hari. Di berbagai tempat bisa ditemukan festival dan pesta kembang api. Bukan hanya penduduk Muslim saja, yang Non-Muslim juga ikut merayakan dengan membagikan permen kepada anak-anak. 

Di Maroko, masyarakat biasanya datang ke pasar untuk membeli pakaian tradisional. Rasanya tidak lengkap menjalankan Idul Adha tanpa menggunakan pakaian baru. Perayaan di Maroko juga diadakan selama 4 hari di mana penduduk menyajikan makanan dengan bahan utama daging.

Aplikasi MAQMUR hadir menemani hari-hari kita dalam mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan dengan fitur Islami berupa Pengingat Shalat, Alquran Digital, Penunjuk Arah Qiblat, dan Jurnal Ibadah. Selain itu, aplikasi MAQMUR juga mengatur transaksi keuangan sesuai prinsip syariah untuk membayar zakat dan bersedekah. Jangan lupa install aplikasi MAQMUR dan menjadi bagian dari kami untuk Hijrah bersama Aplikasi Muslim MAQMUR. Download sekarang di Google Play.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021