Ide Kultum Ramadhan untuk Kalangan Millenial

7 April 2021

Bulan suci Ramadhan merupakan momen dimana kegiatan sekecil apapun bisa menjadi ibadah dan menuai pahala. Ingat kalimat populer “Tidurnya orang puasa adalah ibadah.”? Meski tak berarti kamu hanya harus tidur saat berpuasa, kalimat ini menjadi bukti bahwa bahkan Allah memberi pahala untuk aktivitas sesederhana tidur dari orang yang berpuasa. 

Momen Ramadhan hanya terjadi satu kali dalam setahun dan tak ada yang bisa menjamin apakah setiap tahunnya kita akan bertemu dengan bulan suci ini. Karena itu, ketika Ramadhan datang nanti marilah kita isi dengan kegiatan yang bermanfaat. Salah satunya adalah dengan mendengarkan kultum Ramadhan. Ada banyak sekali materi kultum Ramadhan yang bisa kamu dengarkan dan baca, namun beberapa di bawah ini mungkin cocok untuk kamu yang merupakan generasi milennial. 

Tentang Orang yang Merugi di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah waktu paling tepat untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya dengan melakukan kebaikan. Mereka yang memilih untuk tidak melakukan amalan baik di bulan Ramadhan tentu bisa melewatkan hal ini. Mereka ini bisa dibilang termasuk dalam golongan orang yang merugi. Rasulullah SAW bersabda, “Apabila datang bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setanpun dibelenggu”. (HR. Muslim). 

Jadi dapat kita simpulkan kalau bulan Ramadhan merupakan waktu yang penting, bukan? Ide kultum Ramadhan ini cocok sekali untuk generasi milennial. Sebab ketika bulan Ramadhan tiba, sering kali lengah untuk menuai pahala dan alih-alih melakukan hal yang kurang bermanfaat. 

Tentang Orang yang Tak Menjaga Sholat

Bisa dibilang, sholat adalah amalan yang paling penting untuk umat Islam. Sebab itu sebaiknya tidak meninggalkan sholat dan tetap menjaganya dengan baik dimanapun dan kapanpun. Termasuk ketika bulan Ramadhan tiba, diharapkan kamu bisa melaksanakan sholat lima waktu dan melakukan sholat sunnah bila mampu. 

Mereka yang tak menjaga sholat ketika bulan Ramadhan sama dengan melakukan ibadah puasa dengan sia-sia. Sebab pahalanya ibadah sholat adalah yang terpenting. Ide kultum Ramadhan ini juga sangat cocok untuk milennial karena tak sedikit dari generasi ini yang meninggalkan sholat dengan berbagai alasan. 

Tentang Baiknya Mengikuti Tarawih Hingga Selesai

Ngaku saja, di antara kamu pasti ada yang sering meninggalkan ibadah Tarawih padahal belum tuntas menyelesaikannya. Meski termasuk ibadah sunnah, penting loh menyelesaikan sholat Tarawih. Nabi Rasulullah bersabda, “Orang yang shalat tarawih mengikuti imam sampai selesai, ditulis baginya pahala shalat semalam suntuk.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad). Ini tentu cukup menjelaskan bahwa ibadah Tarawih sangatlah penting. Apalagi ini hanya terjadi di bulan yang terjadi satu kali dalam setahun.

Jangan biarkan dirimu menjadi golongan yang merugi karena melewatkan kesempatan ini. Tidak ada yang tahu apakah kamu akan bertemu dengan bulan Ramadhan selanjutnya. Tentang mereka yang meninggalkan Tarawih ketika belum tuntas bisa menjadi ide kultum yang diperdengarkan untuk milennial sebab bisa dibilang merekalah yang sering melakukannya. 

Tentang Melewatkan Dapat Pahala Dengan Membaca Al-Qur’an

Perintah untuk membaca Al-Qur’an tercantum dalam beberapa surat di Al-Qur’an, salah satunya adalah surat Al Baqarah ayat 212. Dalam ayat tersebut dikatakan “Orang-orang yang telah kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya, dan barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi.” Kamu tak ingin jadi golongan yang merugi, bukan?

Terlebih, membaca Al-Qur’an juga memiliki banyak manfaat. Di antaranya adalah mendapatkan pahala, menaikkan derajat seorang umat, berguna sebagai syafaat di hari kiamat, hingga membuat seseorang menjadi lebih tenang dan berperilaku mulia. Melihat begitu banyak berkah yang didapat dari membaca Al-Qur’an, tentu sangat penting untuk membuat millennial makin awas sejak dini tentang ini. Sebab itu, ini bisa dijadikan ide kultum Ramadhan yang tepat untuk mereka. 

Mendengarkan kultum Ramadhan memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah membuat seseorang mendapatkan ilmu dan meraih ketaatan yang lebih tinggi kepadaNya. Ibadah yang satu ini bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan oleh wanita yang sedang nifas atau haid. 


Aplikasi MAQMUR hadir menemani hari-hari kita dalam mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan dengan fitur Islami berupa pengingat shalat, al quran digital, alat qiblat, dan jurnal ibadah. Selain itu, aplikasi MAQMUR juga mengatur transaksi keuangan sesuai prinsip syariah untuk membayar zakat dan bersedekah. Jangan lupa install aplikasi MAQMUR dan menjadi bagian dari kami untuk Hijrah bersama Aplikasi Muslim MAQMUR.


Baca Juga:

Camilan yang Biasa Disantap Saat Berbuka Puasa

Deretan Artis yang Punya Kisah Inspiratif Hijrah dari Riba

Hal yang Membatalkan Puasa, Ramadan Ini Bisa Yuk Puasa Penuh

Hikmah Puasa Ramadhan, Dari Pahala Hingga Kesehatan

Keutamaan Bulan Ramadhan, Dari Turunnya Al-Qur’an Hingga Malam Lailatul Qadar

Menjelang Puasa 2021, Ketahui Hukum Bayar Hutang Puasa

Ucapan Menyambut Ramadhan, Pas Untuk Diberikan Ke Keluarga dan Teman

5 Langkah untuk Memulai Hijrah secara Finansial

Apa Bedanya Bank Syariah dengan Bank Konvensional?

Apa Saja Produk Investasi Syariah dan Keuntungannya?

Baca Juga Artikel Terbaru Kami