Ide Kegiatan Selama Lebaran Idul Fitri 2021 Saat Tak Bisa Mudik

6 May 2021

Idul Fitri 2021 terasa berbeda dari hari raya sebelum-sebelumnya. Tahun ini, kita lagi-lagi dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas mudik. Padahal, mudik bisa jadi satu-satunya waktu untuk bertemu dengan seluruh keluarga besar, berkumpul dan saling meminta maaf. Mudik juga jadi salah satu cara untuk merayakan berakhirnya bulan suci Ramadhan dan semaraknya hari kemenangan. Tapi kali ini, mudik tidak bisa dilakukan.

Sesuai dengan Addendum Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri dan Upaya Pengendalian Covid-19 Selama Ramadhan, pemerintah dengan tegas melarang aktivitas mudik selama periode 6 hingga 17 Mei 2021. Hal ini senada dengan yang disebutkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy “Ditetapkan bahwa tahun 2021 mudik ditiadakan. Berlaku untuk seluruh ASN, TNI, Polri, BUMN, karyawan swasta maupun pekerja mandiri dan juga seluruh masyarakat,”

Meski begitu idul fitri 2021 jangan sampai kehilangan maknanya hanya karena kita tidak bisa mudik. Kita, sebagai umat Islam, tetap harus merayakan hari kemenangan serta datangnya Idul Fitri. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa menikmati Hari Raya Idul Fitri. Di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Silaturahmi virtual

Jaman sudah canggih, bertemu tak selalu harus dengan bertatap muka. Ada teknologi yang kini makin canggih dan membuatmu bisa bertemu dengan orang-orang tersayang. Misalnya, dengan melakukan panggilan video atau pertemuan daring. Kamu bisa menelepon orang-oarng terkasih atau mengumpulkan mereka dalam pertemuan daring seperti pada Zoom atau Gmeet untuk silaturahmi virtual. Yah meski tanpa berjabat tangan dan berpelukan atau sungkem, semoga permintaan maaf yang tulus tetap tersampaikan dengan baik ya.

  • Merapikan rumah

Kesibukan aktivitas seperti sekolah atau bekerja sering kali membuat kita tidak bisa merapikan rumah secara total. Mumpung ada kesempatan libur agak panjang saat lebaran, kamu bisa menghabiskan waktunya dengan membereskan rumah. Selain untuk mengisi waktu, mendekor atau mengatur ulang tatanan rumah juga bisa membawa atmosfir positif untuk penghuninya. Anggap saja kegiatan ini kamu lakukan demi menjaga kewarasan untuk beberapa waktu ke depan. Rumah yang rapi, pikiran juga bisa jadi happy.

  • Quality time dengan keluarga kecil

Sedih sih ya kalau si kecil jadi tidak bisa bertemu dengan kakek nenek, om tante dan keluarga besar lainnya. Namun demi kesehatan serta mematuhi aturan dari pemerintah sebaiknya memang kita menahan diri untuk mudik. Percaya saja bahwa ini demi kebaikan kita semua. Nah, ketimbang pusing mending bersyukur saja karena masih bisa diberi nikmat berupa kesehatan dan kesempatan bertemu dengan Idul Fitri 2021. Manfaatkan dengan menikmati waktu berkualitas bersama dengan keluarga kecilmu saja.

BACA JUGA : 15 Ucapan Idul Adha 1442 H, Ketika Berbagi Terhalang Pandemi

  • Memasak bersama

Tahu tidak kalau kegiatan memasak bersama itu bermanfaat? Memasak bersama pasangan atau anak bisa memperkuat ikatan kasih sayang. Tak sekadar menghasilkan masakan yang enak saja, masak bersama juga bisa membuatmu lebih dekat dengan yang terkasih. Mumpung libur lebaran di rumah saja, manfaatkan waktunya untuk memasak makanan-makanan kesukaan. Meski bisa sih beli, tapi memori memasak bersama ini nanti bisa diingat kembali di masa depan.

  • Menonton film

Banyak hal sepele yang ternyata jadi kita rindukan setelah pandemi COVID-19 ini menyerang. Salah satunya adalah menonton film di bioskop. Memang sih sebaiknya tetap tidak menonton film di bioskop, namun kamu bisa menggantinya dengan menonton film bareng di rumah. Anggap saja, waktu libur ini adalah saat untuk menikmati istirahat dengan menonton film-film kesukaan. Tinggal siapkan camilan yang banyak dan tempat duduk atau tiduran yang nyaman.

  • Mengirim hantaran sebagai ganti silaturahmi

Biasanya, di masa ketika kita masih bisa mudik, kita akan membeli banyak oleh-oleh khas untuk dibawa pulang kampung dan dibagikan ke saudara-saudara. Kini, mudik ditiadakan tapi bukan berarti tradisi membawa oleh-oleh ini ditinggalkan. Kamu tetap bisa memberi oleh-oleh dengan cara lain yaitu mengirimkannya melalui ekspedisi. Ya mari kita anggap saja bahwa rindu kita untuk bertemu yang tersayang juga ikut terkirim bersama hantaran tersebut.

Jangan terlalu sedih karena tidak bisa mudik lagi tahun ini. Sebagai gantinya, tetaplah bersyukur karena masih diberi kesehatan. Yakinlah juga bahwa tidak bisa mudik di Idul Fitri 2021 juga merupakan tanda sayang kita dalam menjaga kesehatan keluarga besar lainnya.

Download Aplikasi MAQMUR Di Sini

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021